home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ajukan Banding, 'Dark Horse' Katy Perry Dinyatakan Bukan Plagiat

Kamis, 19 Maret 2020 17:20 by bellaevania | 689 hits
Ajukan Banding, 'Dark Horse' Katy Perry Dinyatakan Bukan Plagiat
Image Source: BreatheHeavy

DREAMERS.ID - Pada tahun lalu, lagu ‘Dark Horse’ yang dipopulerkan oleh Katy Perry divonis terbukti menjiplak lagu rap rohani milik rapper Flame alias Marcus Gray yang berjudul ‘Joyful Noise’.

Pada Senin (29/7/19), pengadilan Amerika Serikat menetapkan bahwa Katy Perry melanggar hak cipta karena meniru 8 not yang diyakini diambil dari lagu rap rohani Marcus Gray. Akibatnya saat itu Katy Perry dituntut untuk membayar ganti rugi sebesar USD$2,8 juta atau sekitar Rp 44 Miliar.

Namun pada Selasa (17/2/2020) kemarin, hakim membatalkan vonis pelanggaran hak cipta tersebut. Hasilnya bahwa potongan musik yang dipermasalahkan tidak cukup asli untuk menjamin perlindungan hak cipta.

Baca juga: Pernah Pacaran, Ini Pendapat John Mayer Soal Lagu Kolaborasinya dengan Katy Perry

"Dalam kasus ini tidak perlu dipersoalkan, bahwa elemen khas dari 8-not ostinato di 'Joyful Noise' ... bukan kombinasi yang unik atau autentik," ujar hakim Christina A. Snyder. Pernyataan hakim mengacu pada kesaksian saksi ahli, ahli musik Todd Decker.

Decker menyebut bahwa juri sebelumnya salah menanggapi nada yang diperdebatkan tersebut. "Kombinasi 8-nada yang relatif umum dari elemen-elemen yang tidak terlindungi yang kebetulan dimainkan dalam timbre yang umum untuk genre musik tertentu, tidak dapat menjadi orisinal untuk menjamin perlindungan hak cipta," tulisnya.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    SM Entertainment menjadi salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Proses audisi hingga untuk debut pun dikenal sangat sulit. Tak sedikit para selebriti Korea yang pernah mengikuti audisi SM Entertainment namun berujung gagal. Simak daftarnya berikut ini:...
  • HOT !
    Pihak KBS semakin menggoda penggemar drama Korea melalui foto foto teaser yang diunggah. Kali ini mereka menampikan Kim Jung Ho (Lee Seung Gi) dan Kim Yu Ri (Lee Se Young) yang saling bertemu dan menunjukkan suatu hubungan khusus di drama ‘Love According to The law’....
  • HOT !
    Pada 12 Agustus, Cube Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa Peniel mengalami cedera pergelangan kaki dua hari yang lalu dan akan menjalani operasi untuk tendon Achilles yang pecah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arista_kyu
Cast : Junho, Soeun, Kyuhyun, Nichkhun, Tiffany, Nana, Taecyeon

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)