home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karakter 'The Witches' Tuai Kritik, Warner Bros Minta Maaf

Kamis, 05 November 2020 13:20 by SidikTri | 1335 hits
Karakter 'The Witches' Tuai Kritik, Warner Bros Minta Maaf
Image Source: Impaward.com

DREAMERS.ID - Film ‘The Witches’ yang diperankan oleh Anne Hathaway menuai banyak kritik terhadap penggambaran karakter penyihir, yang dianggap menyinggung kaum disabilitas fisik. Pihak Warner Bros selaku produsen dari film tersebut menyatakan permintaan maafnya.

Pihak studio mengatakan "menyesali segala pelanggaran yang ditimbulkan oleh film". Film adaptasi dari buku popular karya Roald Dahl tersebut, memiliki karakter penyihir agung yang merupakan karakter jahat yang digambarkan mempunyai kelainan tubuh di bagian tangan dimana ia mempunyai jari tangan yang seperti terbelah.


Image Source: Variety

Melansir Variety, penggambaran karakter penjahat dengan cacat fisik dinilai dapat melanggengkan stereotip bahwa disabilitas itu tidak normal atau menakutkan. Salah satu tokoh yang menyuarakan isu ini yaitu seorang atlet paralimpiade bernama Amy Marren, yang mengatakan bahwa dia kecewa dengan Warner Bros.

"Ini mengecewakan untuk sesuatu yang membuat seseorang yang berbeda direpresentasikan sebagai sesuatu yang menakutkan," ungkap Marren. “Ya, saya sepenuhnya sadar bahwa ini adalah film, dan ini adalah Penyihir. Tapi penyihir pada dasarnya adalah monster,” lanjut marren.

“Ketakutan saya adalah anak-anak akan menonton film ini, tanpa menyadari bahwa itu hanya hyperbola film dan akhinya perbedaan anggota tubuh mulai ditakuti," tutupnya

Baca juga: Bocoran 3 Film Baru dari Warner Bros, Ada Anya Taylor Joy dan Chris Hemsworth

Kritik senada juga disampaikan oleh RespectAbility, sebuah organisasi yang mengadvokasi penyandang disabilitas. Wakil presiden RespectAbility, Lauren Appelbaum mengatakan kecenderungan Hollywood untuk menjelekkan karakter jahat, bahkan secara tidak sengaja, dapat menyebabkan orang takut pada orang yang tidak mirip mereka.

“Sayangnya, representasi dalam 'The Witches' ini mengajarkan anak-anak bahwa perbedaan anggota tubuh itu mengerikan atau sesuatu yang perlu ditakuti,” jelas Lauren.

Seorang juru bicara Warner Bros mengatakan bahwa pihak Warner Bros sangat sedih saat mengetahui bahwa penggambaran karakter fiksi dalam 'The Witches' dapat mengecewakan para kaum disabilitas.

Menurutnya, tim produksi hanya berusaha sedemikian rupa untuk menggambarkan apa yang dijelaskan di buku. Pihak studio menyatakan karakter penyihir tidak pernah dimaksutkan untuk merepresentasi seorang manusia, karena pada dasarnya itu adalah makhluk fantasi non-manusia.

Warner Bros juga menyampaikan bahwa harapan dari film itu adalah agar keluarga dan anak-anak dapat menikmati film tersebut, dan merangkul tema penuh kasih yang ada pada film.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Karakter Han Seo Jun baik dari versi webtoon maupun drama True Beauty begitu memikat banyak orang. Tak terkecuali sang pemerannya sendiri, yakni Hwang In Yeop yang mengaku belum bisa move on dari karakternya itu....
  • HOT !
    Drama ‘River Where the Moon Rises’ cukup membuat penonton terbawa emosi. Semenjak episode pertamanya, drama yang dibintangi oleh Kim So Hyun dan Ji Soo telah memperlihatkan masalah politik kerajaan hingga pengkhianatan....
  • HOT !
    Ajang Korean Music Awards (KMA) 2021 resmi digelar pada 28 Februari melalui streaming online. Boy group global BTS, band pop alternatif Leenalchi, dan penyanyi penulis lagu folk Jeongmilla menyabet banyak pernghargaan, termasuk Daesang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)