home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sunmi Buka-bukaan Soal Gangguan Kepribadian yang Pernah Diidapnya

Kamis, 17 Desember 2020 11:00 by fzhchyn | 380 hits
Sunmi Buka-bukaan Soal Gangguan Kepribadian yang Pernah Diidapnya
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dalam episode terbaru Mnet ‘Running Girls’ yang tayang 16 Desember, para pemainnya buka-bukaan mengenai kehidupan, karir, dan kekhawatiran mereka. Sunmi secara khusus berbicara tentang dirinya yang sempat didiagnosis mengalami borderline personality disorder.

FYI, Borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah gangguan mental dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mengatur atau menangani emosi, citra diri, dan perilakunya.

“Penting untuk mengambil istirahan saat kau mengalami kesulitan,” kata Sunmi. “Aku meninggalkan Wonder Girls untuk beristirahat. Saat itu, aku berurusan dengan penyakit mental daripada penyakit fisik. Aku memulai memulai debut sebagai artis solo, aku berpromosi dengan Wonder Girls lagi, aku meninggalkan agensi, dan aku punya banyak waktu untuk memikirkan diriku sendiri. Tapi waktu itu mulai menggerogotiku.”

Sunmi mengungkapkan, “Sekitar lima tahun lalu, aku didiagnosis dengan borderline personality disorder. Itulah yang sangat menyiksaku. Sungguh melegakan. Setelah aku didiagnosis, aku mendapat perawatan dan pengobatan, dan itu membaik. Kau harus menjaga fundamental tersebut agar orang-orang di sekitarmu juga bisa nyaman.”

Baca juga: MV Review Sunmi - TAIL: Transformasi Manusia Kucing Seksi, Koreografi Selalu Juara

“Aku belajar bahwa gangguan kepribadian seperti ini sering kali berat bagi orang-orang di sekitarmu. Aku ingin orang-orang di sekitarku bahagia dan tidak terluka karenaku. Aku ingin mencintai mereka, tapi itu juga datang dari sesuatu dalam diriku yang ingin dicintai sebagai balasannya."

Ia melanjutkan, “Aku memulai debutn pada titik awal dalam hidupku. Aku memulai awal di masyarakat terlalu muda. Kita seharusnya mengembangkan 'diri' di masa remaja, tetapi aku menghabiskan sebagian besar waktu itu di dalam mobil. Aku rasa penting untuk merefleksikan diri sendiri, untuk mempelajari apa yang kau sukai dan apa yang kau kuasai, untuk mempelajari cara menangani perasaanmu. Aku sudah mengerti itu sekarang. Obat yang aku minum sudah berkurang banyak, jadi tidak perlu khawatir. Aku sangat kuat. Aku menjadi lebih kuat.”

Sunmi menulis lagu berbahasa Inggris berjudul ‘Borderline’ tentang pengalamannya dengan gangguan tersebut, yang dirilisnya pada bulan Agustus.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Drama ‘River Where the Moon Rises’ kembali membagikan foto teaser untuk episode mendatang pada Senin (01/02), dimana putri Pyeonggang (diperankan oleh Kim So Hyun) dan On Dal (diperankan oleh Ji Soo) telah mengingat masa lalu mereka yang kelam....
  • HOT !
    Merek kosmetik CLIO telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai model mereka Stray Kids. Menyusul tuduhan kekerasan di sekolah baru baru ini yang dilakukan Hyunjin, perusahaan menghapus semua foto Stray Kids, yang diumumkan sebagai wajah baru CLIO awal tahun ini, dari platform resmi mereka....
  • HOT !
    Epik High menjadi salah satu musisi yang terkena dampak langsung dari tidak terjalinnya kerja sama antara Kakao M selaku distributor dan Spotify, salah satu layanan streaming musik terbesar di dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)