home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Spotify Resmi Meluncur di Korea, Musik Sejumlah Artis Termasuk IU Tak Akan Tersedia

Selasa, 02 Februari 2021 12:30 by fzhchyn | 1011 hits
Spotify Resmi Meluncur di Korea, Musik Sejumlah Artis Termasuk IU Tak Akan Tersedia
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Layanan streaming musik Spotify akhirnya tersedia di Korea! Pada 1 Februari, aplikasi tersebut diluncurkan di Google Play Store dan Apple App Strore, berhasil membuka basis data 60.000 lagu dan 4 miliar playlist untuk pengguna di Korea.

Beberapa layanannya termasuk layanan kurasi yang dipersonalisasi dan opsi untuk menikmati musik sambil aktif di platform lain seperti Instagram dan Facebook serta di perangkat seperti LG TV, Microsoft Xbox, dan lainnya.

Tim editor musik Spotify juga mengungkapkan playlist unik untuk Korea. Tim ini terus memperbarui playlist mereka berdasarkan studi mereka tentang semua playlist yang dibuat oleh 320 juta pengguna. Seperti yang disebutkan, Spotify adalah pelopor dalam merekomendasikan musik kepada pengguna secara personal.

Beberapa playlist ini termasuk "Daily Mix", campuran harian dari musik favorit dan musik baru seseorang, "New Weekly Recommendations", playlist yang mencerminkan selera musik seseorang yang biasanya diperbarui setiap hari Senin, dan "Release Radar", playlist yang merekomendasikan baru musik yang mungkin sesuai dengan preferensi seseorang yang diperbarui setiap hari Jumat.

Baca juga: Capai Kesepakatan, Ratusan Lagu K-Pop Kembali Lagi ke Spotify

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah musik yang didistribusikan oleh KakaoM tidak akan tersedia di Spotify. Mengingat perusahaan distribusi tersebut menampung empat label dan banyak artis termasuk IU, ini merupakan kerugian besar bagi Spotify. Pangsa distribusi musik KakaoM mencapai 37,5 persen pada tahun lalu.

Seberapa baik Spotify mengamankan konten musik adalah faktor kunci daya saingnya di pasar Korea. Oleh karena itu, diharapkan banyak perhatian akan diberikan pada seberapa baik Spotify mengamankan kontrak musik. Apalagi KakaoM sudah menjalin hubungan dengan Melon sementara CJ dengan Genie Music, sehingga tidak jelas apakah Spotify akan dapat memperoleh musik dengan lancar.

Dalam kasus Apple Music, layanan tersebut memasuki pasar Korea pada tahun 2016 tetapi gagal mencapai sukses awal karena kesulitan dalam mengamankan musik domestik dan telah menunjukkan pangsa pasar yang rendah sejak saat itu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pihak produksi film ‘Pipeline’ telah merilis poster dan video trailer yang menampilkan para karakter utama. Film ini mengisahkan tentang kelompok pencuri yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk mengubah hidup dengan mencuri minyak....
  • HOT !
    Yoo Seung Ho baru baru ini berpartisipasi dalam pemotretan dan wawancara untuk Elle Korea! Dalam foto fotonya, sang aktor berpose dengan berbagai pakaian trendi sambil memperlihatkan beragam ekspresi untuk memamerkan pesona mudanya yang fresh....
  • HOT !
    Sudah menjadi seperti tradisi bahwa para aktor maupun aktris saling mengirim dukungan berupa truk kopi ke lokasi syuting masing masing. Seperti yang baru saja dilakukan oleh So Ji Sub untuk kedua juniornya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)