home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kakao M Hapus Ratusan Lagu K-Pop dari Spotify di Banyak Negara

Senin, 01 Maret 2021 07:20 by muthiasp | 598 hits
Kakao M Hapus Ratusan Lagu K-Pop dari Spotify di Banyak Negara
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Penggemar musik K-Pop sekaligus pengguna portal streaming Spotify dibuat kebingungan karena tidak bisa mendengarkan lagu dari banyak musisi K-Pop. Rupanya, label Kakao M tidak hanya menarik lagunya dari Spotify Korea tetapi juga Spotify Global.

Pada awal Februari, Spotify akhirnya meluncurkan platformnya di Korea Selatan, di mana menjadi pesaing layanan streaming seperti Melon dan Genie sudah mendominasi pasar selama bertahun-tahun.

Namun, sejak awal, tidak ada lagu K-Pop yang didistribusikan oleh label Kakao M di Spotify Korea. Hal itu mungkin karena Kakao M adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas Melon, salah satu situs musik terbesar di Korea Selatan.

Baca juga: BTS Rayakan Plakat 1 Miliar Streaming Spotify untuk Makan Bibimbap

Rupanya, keputusan itu saat ini berdampak langsung ke fans internasional. Mulai 1 Maret, semua lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus dari Spotify di semua wilayah di seluruh dunia.

Kakao M diketahui mendistribusikan lagu dari banyak agensi dan idola K-Pop besar, diantaranya MAMAMOO, SEVENTEEN, IU, MONSTA X, GFRIEND, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE, BTOB, A Pink, P1Harmony, DreamCatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, Cosmic Girls, dan masih banyak lagi.

Setiap dan semua lagu yang dirilis grup ini melalui Kakao M sejak tahun 2019 tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify. Meskipun penggemar di beberapa wilayah melaporkan bahwa beberapa lagu masih ada, tidak jelas apakah lagu tersebut juga akan segera dihapus.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    KBS akan segera merilis drama terbarunya berjudul ‘Gold Mask’ yang akan tayang secara perdana pada 23 Mei. Drama ini akan dibintangi oleh Cha Ye Ryun, Na Young Hee, dan Lee Whee Hyang sebagai pemeran utama....
  • HOT !
    Jungkook menjelaskan pilihan lagunya dalam album mendatang BTS ‘Proof’ yang akan dirilis pada 10 Juni. Member termuda di grupnya ini memilih lagu solonya ‘Euphoria’ dan lagu unit ‘Dimple’ yang dinyanyikan bersama Jin, Jimin, dan V untuk dimasukkan dalam album...
  • HOT !
    Lee Min Jung kemungkinan akan segera membintangi drama baru! Pada 19 Mei, OSEN melaporkan bahwa sang aktris akan bermain dalam drama ‘The Golden Age of Villains’ (judul literal)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)