home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kakao M Hapus Ratusan Lagu K-Pop dari Spotify di Banyak Negara

Senin, 01 Maret 2021 07:20 by muthiasp | 570 hits
Kakao M Hapus Ratusan Lagu K-Pop dari Spotify di Banyak Negara
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Penggemar musik K-Pop sekaligus pengguna portal streaming Spotify dibuat kebingungan karena tidak bisa mendengarkan lagu dari banyak musisi K-Pop. Rupanya, label Kakao M tidak hanya menarik lagunya dari Spotify Korea tetapi juga Spotify Global.

Pada awal Februari, Spotify akhirnya meluncurkan platformnya di Korea Selatan, di mana menjadi pesaing layanan streaming seperti Melon dan Genie sudah mendominasi pasar selama bertahun-tahun.

Namun, sejak awal, tidak ada lagu K-Pop yang didistribusikan oleh label Kakao M di Spotify Korea. Hal itu mungkin karena Kakao M adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas Melon, salah satu situs musik terbesar di Korea Selatan.

Baca juga: Capai Kesepakatan, Ratusan Lagu K-Pop Kembali Lagi ke Spotify

Rupanya, keputusan itu saat ini berdampak langsung ke fans internasional. Mulai 1 Maret, semua lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus dari Spotify di semua wilayah di seluruh dunia.

Kakao M diketahui mendistribusikan lagu dari banyak agensi dan idola K-Pop besar, diantaranya MAMAMOO, SEVENTEEN, IU, MONSTA X, GFRIEND, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE, BTOB, A Pink, P1Harmony, DreamCatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, Cosmic Girls, dan masih banyak lagi.

Setiap dan semua lagu yang dirilis grup ini melalui Kakao M sejak tahun 2019 tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify. Meskipun penggemar di beberapa wilayah melaporkan bahwa beberapa lagu masih ada, tidak jelas apakah lagu tersebut juga akan segera dihapus.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Girl group pendatang baru atau rookie, STAYC, sukses menarik perhatian banyak penggemar K Pop. Grup besutan Black Eyed Pilseung ini menjadi girl group rookie dengan penjualan pekan pertama tertinggi di Hanteo....
  • HOT !
    Serial Netflix Original terbaru berjudul Annarasumanara akhirnya mengungkapkan jajaran pemerannya. Mereka adalah Ji Chang Wook, Hwang In Yeop, dan Choi Sung Eun, yang mana telah menjalani tahap diskusi naskah....
  • HOT !
    Baru baru ini, drama ‘Time’ kembali menjadi perbincangan publik, hal ini bermula ketika Dispatch mengunggah isi pesan antara Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji yang terkait dengan permasalahan adegan skinship di drama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)