home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kakao M Hapus Ratusan Lagu K-Pop dari Spotify di Banyak Negara

Senin, 01 Maret 2021 07:20 by muthiasp | 625 hits
Kakao M Hapus Ratusan Lagu K-Pop dari Spotify di Banyak Negara
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Penggemar musik K-Pop sekaligus pengguna portal streaming Spotify dibuat kebingungan karena tidak bisa mendengarkan lagu dari banyak musisi K-Pop. Rupanya, label Kakao M tidak hanya menarik lagunya dari Spotify Korea tetapi juga Spotify Global.

Pada awal Februari, Spotify akhirnya meluncurkan platformnya di Korea Selatan, di mana menjadi pesaing layanan streaming seperti Melon dan Genie sudah mendominasi pasar selama bertahun-tahun.

Namun, sejak awal, tidak ada lagu K-Pop yang didistribusikan oleh label Kakao M di Spotify Korea. Hal itu mungkin karena Kakao M adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas Melon, salah satu situs musik terbesar di Korea Selatan.

Baca juga: Rayakan World Women's Day, Spotify Ungkap Daftar Artis Wanita Korea Terpopuler

Rupanya, keputusan itu saat ini berdampak langsung ke fans internasional. Mulai 1 Maret, semua lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus dari Spotify di semua wilayah di seluruh dunia.

Kakao M diketahui mendistribusikan lagu dari banyak agensi dan idola K-Pop besar, diantaranya MAMAMOO, SEVENTEEN, IU, MONSTA X, GFRIEND, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE, BTOB, A Pink, P1Harmony, DreamCatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, Cosmic Girls, dan masih banyak lagi.

Setiap dan semua lagu yang dirilis grup ini melalui Kakao M sejak tahun 2019 tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify. Meskipun penggemar di beberapa wilayah melaporkan bahwa beberapa lagu masih ada, tidak jelas apakah lagu tersebut juga akan segera dihapus.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)