home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

SM dan YG Entertainment Lengser dari Agensi Teratas di Korea, Bagaimana JYP?

Kamis, 06 Mei 2021 16:00 by muthiasp | 821 hits
SM dan YG Entertainment Lengser dari Agensi Teratas di Korea, Bagaimana JYP?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pada 4 Mei, Korea Exchange mengumumkan bahwa SM Entertainment dan YG Entertainment statusnya menurun dari perusahaan blue-chip menjadi bisnis menengah biasa karena kinerja, yang dinilai buruk dan meningkatnya kerugian ekuitas.

SM Entertainment diturunkan pangkatnya 13 tahun setelah dipromosikan pada Maret 2008, dan YG Entertainment lengser setelah 8 tahun lalu dipromosikan pada April 2013. Korea Exchange pun mengungkapkan statistic penurunan yang dialami oleh kedua agensi raksasa tersebut.

Menurut kriteria pemilihan Korea Exchange, perusahaan dapat dipromosikan ke level blue-chip jika mereka memiliki modal ekuitas lebih dari ₩ 70,0 miliar KRW dan kapitalisasi pasar rata-rata harus lebih dari ₩ 100 miliar KRW selama enam bulan terakhir.

Juga tidak boleh ada penurunan nilai modal, atau ketika total modal perusahaan kurang dari nilai nominal sahamnya. Akhirnya, perusahaan harus mempertahankan pengembalian rata-rata ekuitas (ROE) sebesar 5%, laba bersih minimal ₩ 3,00 miliar KRW dan penjualan lebih dari ₩ 50,0 miliar KRW, semuanya selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Taemin SHINee Secara Pribadi Ungkap Rencana Pindah Agensi

Berdasarkan akhir tahun 2020, SM Entertainment memiliki total modal ekuitas ₩ 608 miliar KRW dan YG Entertainment ₩ 431 miliar KRW, jauh di atas persyaratan. Rata-rata penjualan tiga tahun mereka juga jauh di atas persyaratan, dengan SM Entertainment mencatatkan ₩ 617 miliar KRW dan YG Entertainment ₩ 259 miliar KRW.

Baik SM Entertainment dan YG Entertainment laba bersih dan ROE-nya menurun tajam. Selama tiga tahun terakhir, SM Entertainment rata-rata mengalami kerugian tahunan sebesar ₩ 24,4 miliar KRW, sementara YG Entertainment ₩ 1,80 miliar KRW. ROE SM Entertainment adalah -3,8% per tahun, dan ROE YG Entertainment -0,5%.

Tahun 2020 adalah salah satu tahun terburuk SM Entertainment dalam catatan, dengan kerugian bersih ₩ 80,3 miliar KRW, terutama karena efek pandemi virus corona. YG Entertainment memang mencatat laba bersih pada tahun 2020, dan mendapat untung ₩ 3,20 miliar KRW, namun kerugian mereka dari 2019 membawa rata-rata di atas ₩ 1,80 miliar KRW.

Dari agensi “Big 3”, JYP Entertainment adalah satu-satunya yang tetap menjadi perusahaan blue-chip. Meskipun JYP Entertainment memiliki rata-rata penjualan terendah (₩ 142 miliar KRW), rata-rata laba bersih tiga tahun mereka adalah ₩ 28,4 miliar KRW. Selama waktu yang sama, ROE untuk JYP Entertainment adalah 18,0%.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)