home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asal Usul Ketupat Lebaran dan Maknanya, Sudah Tau?

Selasa, 11 Mei 2021 07:00 by Rie127 | 594 hits
Asal Usul Ketupat Lebaran dan Maknanya, Sudah Tau?
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Ketupat selalu menjadi hidangan yang ada disaat Hari Raya Idul Fitri, tentunya ditemani oleh opor ayam, rending, dan menu-menu khas Lebaran lainnya yang selalu dirindukan. Namun, darimanakah asal muasal ketupat?

Dilansir dari Kompas, Fadly Rahman selaku sejarawan kuliner mengatakan menurut cerita rakyat, ketupat itu berasal dari masa hidup Sunan Kalijaga, tepatnya di masa syiar Islamnya pada abad ke-15 hingga 16. Sunan Kalijaga menjadikan ketupat sebagai budaya sekaligus filosofi Jawa yang berbaur dengan nilai ke-Islaman.

Masyarakat Jawa dan Sunda menyebut ketupat sebagai kupat yang berarti ngaku lepat atau mengakui kesalahan. Menurut Fadly, simbolisasi lain dari ketupat, laku papat (empat laku) yang juga melambangkan empat sisi dari ketupat.

Namun, Fadly tidak memungkiri jika ketupat bisa juga berasal dari zaman yang lebih lama, seperti zaman Hindu-Buddha di Nusantara. Bahkan di Bali hingga saat ini menggunakan ketupat (orang Bali menyebutnya tipat) dalam ritual ibadah.

“Secara tertulis dalam prasasti yang diteliti oleh para ahli, tidak disebut secara spesifikasi merujuk ke ketupat, tetapi indikasi makanan beras yang dibungkus nyiur sudah dilakukan sebelum masa pra Islam,” kata Fadly.

Pada akhirnya ketupat tidak hanya menjadi identitas di Indonesia melainkan juga di Asia Tenggara khususnya negara Melayu, yang sangat identik dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Di Islam, ketupat dicocokkan lagi dengan nilai-nilai ke-Islaman oleh Sunan Kalijaga, membaurkan pengaruh Hindu pada nilai nilai ke-Islaman, menjadi akulturasi yang padu antara keduanya,” tambah Fadly.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)