home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Keuntungan Pribadi, Ini Hal Berharga yang Didapat Suga BTS Sebagai Produser

Senin, 02 Agustus 2021 17:00 by fzhchyn | 961 hits
Bukan Keuntungan Pribadi, Ini Hal Berharga yang Didapat Suga BTS Sebagai Produser
Image source: Weverse

DREAMERS.ID - Suga telah menjalani karir tak hanya sebagai member boy group global BTS, tapi juga seorang produser. Hingga saat ini, ia sudah bekerja sama dengan sejumlah artis dalam memproduseri lagu-lagu mereka.

Dalam wawancara dengan Weverse Magazine belum lama ini, Suga buka-bukaan tentang perpektifnya sebagai seorang produser, dan ditanya apakah dirinya mencoba untuk mencampurkan selera musik pribadinya ke dalam struktur musik pop.

Suga mengatakan bahwa dulu saat dirinya pertama kali membuat musik, ia harus mengusung hip-hop tidak peduli apa pun, dan harus bangga dengan idenya sendiri tanpa kompromi.

Namun ketika tumbuh dan menjadi dewasa, Suga menyadari bahwa ia harus bernegosiasi antara apa yang ingin dilakukan dan jenis musik yang diinginkan publik tanpa mengorbankan apa pun.

Baca juga: Film Konser Suga BTS Menjadi yang Terlaris di Seluruh Dunia Tahun Ini

Saat menjadi seorang produser, Suga mengungkapkan bahwa ia harus membuat musik komersial yang sempurna, dan mengatakan, “Aku memang produser untuk lagu-lagu itu, tapi pemiliknya adalah orang lain.”

Sang rapper lebih lanjut menjelaskan, “Dalam hal ini, mereka menugaskan pekerjaan kepadaku. Tapi mereka tidak akan berpikir untuk menyerahkan semuanya. Label artis harus berpikir hati-hati tentang apakah akan menugaskanku untuk memproduksi dan mempertimbangkan situasiku juga, dan orang-orang itu pasti mengharapkan sesuatu yang komersial.”

“Itulah bagian terpenting dari bekerja dengan orang luar. Sebenarnya, pekerjaan semacam itu tidak banyak memberi keuntungan bagiku, jujur saja. Hanya reaksi ‘Oh, dia juga bisa menulis lagu seperti ini’."

"Hal yang lebih berharga yang bisa aku dapatkan dari pekerjaan ini adalah pengakuan dan catatan yang akan didapatkan sang artis atau perusahaan dengan lagu tersebut,” imbuhnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Trio 'The Fiery Priest' Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun dikonfirmasi kembali membintangi musim kedua drama tersebut. BIBI juga dipastikan bergabung sebagai salah satu pemain utama....
  • HOT !
    Leeseo IVE, Han Yujin ZEROBASEONE, dan aktor Moon Sung Hyun diumumkan sebagai trio MC baru acara musik SBS Inkigayo mulai dari episode mendatang pada tanggal 28 April....
  • HOT !
    Yoon Bomi Apink menulis surat tulisan tangan untuk para penggemarnya menyusul kabar dirinya yang telah dikonfirmasi berpacaran dengan Rado dari tim produksi Black Eyed Pilseung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)