SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Shinhwa, Boyband Legendaris Pelopor Hadirnya Grup Idola K-Pop Generasi Saat Ini

Selasa, 04 Juni 2013 16:45 by citra09 | 2596 hits
Shinhwa, Boyband Legendaris Pelopor Hadirnya Grup Idola K-Pop Generasi Saat Ini
tumblr.com

DREAMERSRADIO.COM - Gelombang k-pop saat ini masih terus mendunia. Hampir semua kalangan sadar akan kehadiran gelombang k-pop di sekitar mereka, mulai dari musik hingga para grup idola yang membawa pengaruh k-pop tersebut. Di tengah banyaknya boyband dan girlband yang terus bermunculan, ada satu boyband Korea pelopor kemunculan grup idola generasi saat ini yang akhirnya dikenal di seluruh dunia. 

Yap! Shinhwa. Shinhwa merupakan satu-satunya grup idola Korea yang debut 15 tahun lalu yang masih terus bertahan hingga saat ini. Oleh karena itu, status legendaris pun kini disandang oleh boyband beranggotakan Eric, Junjin, Dongwan, Hyesung, Minwoo, dan Andy tersebut. Menyambut kedatangan Shinhwa ke Indonesia pada gelaran Mnet 'M Countdown Halo - Indonesia' pada Juli mendatang, yuk ikuti perjalanan karir Shinhwa dari awal debut hingga saat ini. 

Shinhwa adalah boyband Korea pelopor hadirnya k-pop yang debut di bawah naungan SM Entertainment pada Maret 1998, yang terdiri dari 6 member, yaitu Eric Mun, Lee Min Woo, Kim Dong Wan, Shin Hye Sung, Jun Jin, dan Andy Lee.  Saat itu, Shinhwa pada masa itu  sangat menikmati popularitasnya bersama dengan grup idola satu generasi lainnya, seperti H.O.T, S.E.S, Baby V.O.X, dan Fin K.L. Dalam bahasa Korea, Shinhwa berarti ‘legenda’.

Seiring berjalannya waktu dan usia para grup idola generasi satu tersebut, banyak dari mereka yang mulai ‘gugur’ dan lebih memilih jalan untuk bersolo karir, namun tidak untuk Shinhwa. Shinhwa menjadi satu-satunya boyband yang pada saat itu masih mampu bertahan. Hingga akhirnya di tahun 2002, Shinhwa berhasil dinobatkan sebagai boyband yang paling bertahan lama hingga bisa merilis album ke-6. Berbagai penghargaan pun berhasil didapatkan berkat kerja keras Shinhwa pada masa itu.

Di  tahun 2003, Shinhwa memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama SM Entertainment dan bergabung bersama agensi Good Entertainment. Selama di Good Entertainment, Shinhwa malah memutuskan untuk menjalani karirnya secara individu. Di tahun 2006, Shinhwa akhirnya bersatu kembali dengan merilis sebuah album terbaru sambil merayakan 8 tahun eksistensi Shinhwa di panggung musik Korea.

Sayangnya di tahun 2007, Shinhwa kembali berhiatus (vakum) setelah merayakan 9 tahun perjalanan mereka bersama-sama dan kembali menjalani aktivitas secara individu. Bahkan beberapa member membentuk agensi mereka sendiri-sendiri dan mulai mendebutkan berbagai grup idola baru. Sambil berhiatus, di tahun 2008 para member Shinhwa mulai menjalani Wajib Militer nya hingga tahun 2010. Meski vakum, Shinhwa berjanji akan kembali dalam waktu dekat.

Tahun 2011, Shinhwa pun menepati janji mereka. Shinhwa kembali hadir di industri hiburan Korea melalui agensi yang mereka bentuk sendiri, yaitu Shinhwa Company dengan Eric dan Min Woo sebagai CEO nya. Kemudian di bulan Maret tahun 2012, Shinhwa menggelar konferensi pers dalam rangka meluncurkan album ke-10 Shinhwa yang bertajuk The Return.

Bersama para idola k-pop generasi muda, Shinhwa pun tampil di berbagai panggung musik Korea untuk mempromosikan single dari album tersebut berjudul Venus. Tak hanya itu, Shinhwa pun langsung menggelar Konser comeback mereka yang bertajuk 2012 Shinhwa Grand Tour di Olympic Gymnastic Arena, Seoul, Korea Selatan sekaligus merayakan 14 tahun terbentuknya Shinhwa. Berbagai idola k-pop junior Shinhwa, seperti para member SNSD dan Super Junior pun hadir dalam konser tersebut demi memberikan dukungan kepada sang senior.

 

Hingga kini, Shinhwa masih terus betahan di tengah maraknya grup idola k-pop yang bermunculan. Bahkan di tahun 2013 ini, Shinhwa telah comeback dengan kembali meluncurkan sebuah album baru bertajuk 'The Classic' dan telah memasuki tahun ke-13 berada di industri musik di Korea. Shinhwa bahkan masih terus mampu merajai berbagai chart Korea dan menyabet peringkat 1. Wah, sukses terus untuk karir Shinhwa!^^

(ctr)

Baca juga: Ini Gambaran Peta Popularitas Boy Group K-Pop Sepanjang 2017

Komentar
  • HOT !
    Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017 hari pertama akhirnya selesai digelar pada Sabtu (16/12) dini hari di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Salah satu penampil yang paling dinantikan Marshmello memukau partygoers melalui aksi panggungnya yang apik....
  • HOT !
    Terhitung memang hampir 3 tahun boy group ZE:A telah tak aktif melakukan promosi sebagai grup. Beberapa membernya pun diketahui telah memutuskan hengkang dari agensi yang membesarkan nama mereka, Star Empire Entertainment. Tak ayal, banyak dari netizen yang menganggap jika grup yang debut pada tahun 2010 ini telah bubar....
  • HOT !
    Penggemar Fall Out Boy dan BTS dikejutkan dengan proyek kolaborasi yang baru saja dirilis pada Jumat (15/12). Secara tiba tiba, band rock asal Amerika tersebut merilis lagu ‘Champion (Remix)’ yang berkolaborasi dengan leader BTS, RM....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)