SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gaji Aktivitas Individu Seorang Member Grup K-Pop Harus Dibagi Rata dengan Member Lainnya?

Jumat, 02 Agustus 2013 09:00 by citra09 | 18897 hits
Gaji Aktivitas Individu Seorang Member Grup K-Pop Harus Dibagi Rata dengan Member Lainnya?
fanpop.com

DREAMERSRADIO.COM - Baru-baru ini, dalam program SBS ‘Healing Camp’, salah satu member miss A, Suzy mengungkapkan bahwa penghasilan yang ia dapatkan dari hasil kerja kerasnya di industri hiburan Korea harus dibagi rata dengan member miss A lainnya. Hal ini pun dilakukannya berdasarkan kontrak yang ia tandatangani bersama agensinya, JYP Entertainment.

Namun kenyataannya tak hanya Suzy saja. Sistem ini pun sepertinya diterapkan hampir pada semua grup idola k-pop. Contoh lainnya adalah boyband asuhan Cube Entertainment, B2ST. Dalam sebuah kesempatan wawancara, para member B2ST sempat mengungkapkan bahwa Kikwang sebagai member dengan kegiatan individu terbanyak harus membagi rata penghasilannya kepada member B2ST lainnya.  

Hal ini pun sempat menimbulkan perdebatan di kalangan fans yang menganggap bahwa tidak adil rasanya jika member yang telah bekerja keras sendirian harus berbagi rata dengan member lainnya. “ketika Suzy berpromosi sebagai seorang aktris, ia berpromosi sebagai Bae Suzy, bukan Suzy miss A. Dia harusnya tidak membagi penghasilannya” dan “Suzy berpromosi sebagai aktris, bintang iklan, dan film sendirian dan member miss A lainnya dapat gaji Suzy?” Tutur para fans yang tak setuju dengan sistem tersebut.

Namun beberapa fans lainnya mulai memahami sistem tersebut dan mengeluarkan komentar, “Ini adalah ketetapan sistem kontrak pihak agensi. Mereka telah setuju dan menandatangani nya” dan “Dari sudut pandang Suzy memang tidak adil. Tapi menurutku ini adalah masalah agensi karena mereka membiarkan satu atau dua member saja, sementara member lainnya mungkin stress menantikan pekerjaan.”

Baca juga: Jung Hae In Bocorkan Sifat Asli Lee Jong Suk dan Suzy di Kehidupan Nyata

Dilansir Kpopstarz, seorang sumber dari asosiasi industri hiburan Korea mengungkapkan, “Rata-rata kontrak seorang idola adalah 7 tahun. Namun baru-baru ini berubah menjadi 5 tahun saja. Dalam tahap pertama, mereka akan membagi secara rata gaji mereka paling tidak setengah dari durasi kontrak mereka. Di babak pertama kontrak, mereka akan berbagi penghasilan tak peduli sebanyak apapun aktivitas individu mereka. Di babak kedua, mereka biasanya bisa menyimpan sedikit lebih banyak penghasilan untuk dibawa pulang.”

Sementara itu, sumber lain mengungkapkan, “Merupakan sebuah kebohongan jika mengatakan bahwa tidak ada perselisihan di antara member grup idola mengenai hal ini. Kontraknya telah dikoordinasikan dengan cara seperti ini demi menghindari pemikiran bahwa ada member yang lebih diprioritaskan dibandingkan member lainnya. Jika kita membiarkan member yang lebih populer menyimpan sendiri apa yang telah ia dapatkan dari aktivitas individunya dari awal, maka besar kemungkinan akan terjadi perpecahan. Jadi penghasilan harus dibagi rata untuk menjaga kebersamaan satu grup.” Gimana menurut kalian mengenai sistem ini? (ctr)

 

Komentar
  • HOT !
    Kejadian insiden dalam aksi sulap berbahaya ‘Death Drop’ Demian Aditya memang masih membekas di ingatan masyarakat. Meski merupakan kedua kalinya aksi ini dilakukan, Demian justru harus merelakan stuntman nya, Edison Wardhana terluka dan harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Namun siapa sangka, Edison yang merupakan korban dari aksi ini berniat bermain Death Drop lagi....
  • HOT !
    Usai kurang lebih setahun hiatus dari kegiatan grup, pada Oktober lalu, girl group Oh My Girl resmi ditinggal oleh satu membernya, JinE karena masalah kesehatan. Kontrak eksklusifnya pun dibatalkan sehingga kini girl group tersebut hanya memiliki 7 member....
  • HOT !
    Sebagai seorang aktor, keberadaan Dwayne Johnson alias The Rock memang patut diperhitungkan. Pria berbadan kekar ini baru saja menerima ‘Hollywood Walk of Fame’ di Hollywood Boulevard, Los Angeles. Apresiasi tersebut diketahui hanya diberikan pada bintang bintang dengan pencapaian tinggi di ranah hiburan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)