SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Syuting Sokola Rimba, Prisia Nasution Tak Lepas dari Pil Malaria

Kamis, 29 Agustus 2013 10:18 by miko | 1540 hits
Syuting Sokola Rimba, Prisia Nasution Tak Lepas dari Pil Malaria
rumahpembaca.com

DREAMERSRADIO.COM - Karir sebagai bintang film memang dituntut profesional dalam memerankan karakter. Begitu juga dengan Prisia Nasution yang harus menjalani seluruh syuting film Sokola Rimba di pedalaman Jambi. Bahkan agar tak terserang malaria, dirinya selalu menelan pil anti malaria setiap hari.

“Minum pil (anti) malaria tiap hari selama di sana. Pastinya bawa ya, bawa sleeping bag juga,” tutur aktris yang meraih Piala Citra tersebut.

Dalam film garapan sutradara muda Riri Riza, Prisia memerankan karakter tokoh Butet Manurung yang menulis jurnal ketika mengajar di pedalaman hutan untuk anak-anak. Wanita berusia 41 tahun tersebut merupakan perintis dan pelaku pendidikan alternatif bagi masyarakat terasing dan terpencil di Indonesia.

Sementara itu, sekolah rintisan pertama kali ia terapkan bagi masyarakat Orang Rimba yang mendiami hutan Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Metode yang digunakan pun bersifat setengah antropologis.

Baca juga: Deretan Seleb Pria yang Pakai Seragam Tentara, Gagah Mirip Prajurit Asli!

Film ini menceritakan bagaimana mereka mengajar membaca, menulis, dan berhitung dilakukan sambil tinggal bersama masyarakat didiknya selama beberapa bulan. Sistem ini dikombinasi dengan mempertimbangkan pola kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Setelah tersusun secara sistematis, ia mengembangkan sistem Sokola Rimba (diambil dari bahasa yang digunakan orang Rimba, salah satu dialek bahasa Melayu). Sistem Sokola Rimba kemudian diterapkan pula di berbagai tempat terpencil lainnya di Indonesia, seperti di Halmahera dan Flores.

Film Sokola Rimba diproduksi Miles Picture yang juga melahirkan Laskar Pelangi. Proses syuting telah dimulai sejak 20 Juni lalu pada sejumlah kawasan di Jambi seperti Muara Tebo, Kota Bangko, hingga ke Hutan Bukit 12. Rencananya film ini akan tayang dibioskop pada November mendatang.

Komentar
  • HOT !
    Disamping kesibukkannya menjalani pekerjaan sebagai idola K Pop, namun mereka tidak lupa menyisihkan waktu untuk melakukan kebaikan lewat gerakan sosial. Seperti para member grup dan solois ini yang menggalakkan kampanye adopsi....
  • HOT !
    Boy group BTS dikabarkan telah pindah ke hunian baru pada awal bulan Desember ini. Dalam sebuah laporan, grup beranggotakan tujuh member tersebut saat ini tinggal di Hannam The Hill, komplek apartemen mewah di Yongsan gu, Seoul, Korea Selatan....
  • HOT !
    Seungri baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 27 tahun internasional, dan 28 tahun umur Korea Selatan, pada Selasa (12/12). Sebelum itu, ia sudah lebih dahulu menggelar pesta meriah di sebuah pulau dan dilanjutkan dengan aksi sosial....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)