SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?

Jumat, 08 April 2016 14:14 by citra09 | 3961 hits
Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?
Image source: KBS

DREAMERS.ID - Meski kini tengah menjadi populer dan fenomenal, drama ‘Descendants of the Sun’ ternyata tak terlepas dari kontroversi. Kini giliran salah satu original soundtrack (OST)nya yang terkena tuduhan plagiarisme.

Belum lama ini di sebuah komunitas online, netizen menemukan kesamaan antara OST drama KBS tersebut berjudul ‘Everytime’ yang dinyanyikan Chen EXO dan Punch dengan lagu debut milik Eric Nam yang berjudul ‘Heaven’s Door’.

OST drama tersebut dirilis pada Februari 2015, sementara lagu debut Eric Nam tersebut dirilis pada Januari 2013 sehingga tuduhan plagiarisme pun tak dapat dihindari. Penulis asli dari lagu ‘Heaven’s Door’, Han Jae Ho pun angkat bicara soal kemiripan tersebut.

“Aku mendengar keributan soal kemiripan itu. Dan saat aku mendengarnya, ternyata memang terdapat kemiripan. Khususnya mengenai nada lagu dan bagian reffnya yang terdengar mirip. Flow lagunya pun juga terdengar mirip,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Mereka seakan mencoba mengubahnya untuk menghindari plagiarisme. Daripada mengambil langkah hukum, aku akan mencoba bermediasi dengan mereka lewat sebuah pertemuan.”

Baca juga: Proyek Drama Terbaru Penulis 'DOTS' dan 'Goblin' Rilis Teaser Bak Film Layar Lebar

Terkait tuduhan plagiarisme tersebut, tim produksi musik yang menciptakan lagu ‘Everytime’, yaitu Music&New pun akhirnya merilis pernyataan resmi dengan menuturkan, “Kami berkonsultasi dengan penulis asli dari lagu Davichi dan Bic berjudul ‘A Night Like This’, yaitu Jo Young Soo. Dan kami mendapat izin untuk menggunakan sampel lagu tersebut untuk menulis lagu ‘Everytime’.”

Namun pihak Music&New seperti tak menggubris pernyataan dari penulis asli ‘Heaven’s Door’ dan menuturkan bahwa tuduhan plagiarisme tidak masuk akal, mengingat lagu ‘Everytime’ justru menggunakan sampel lagu Davichi dan Bic tersebut.

Bagaimana menurutmu, Dreamers? Simak perbandingan lagu ‘Everytime’ dan ‘Heaven Door’ berikut ini:

(ctr)

  • HOT !
    Tidak terasa boy group SHINee sudah menjalani karirnya di industri musik Korea selama 10 tahun, tepat di 25 Mei 2018 ini. Grup yang debut pada tahun 2008 silam tersebut memberikan ucapan terima kasih dengan cara yang berbeda dari biasanya....
  • HOT !
    Band asal Inggris Muse sepertinya tengah mempersiapkan karya terbaru. Pasalnya untuk pengerjaan karya baru yang belum ketahuan informasinya ini, sepertinya dilakukan di Indonesia, tepatnya di Klaten! Informasi bahwa Muse sedang ada di Klaten ini juga dari anggota band Muse yang tidak sengaja membocorkan....
  • HOT !
    Sebuah kabar kurang menyenangkan datang dari salah satu program acara populer Korea ‘Superman Returns’. Dimana dilaporkan jika beberapa stafnya mengalami kecelakaan mobil saat ingin berangkat syuting....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)