SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?

Jumat, 08 April 2016 14:14 by citra09 | 4295 hits
Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?
Image source: KBS

DREAMERS.ID - Meski kini tengah menjadi populer dan fenomenal, drama ‘Descendants of the Sun’ ternyata tak terlepas dari kontroversi. Kini giliran salah satu original soundtrack (OST)nya yang terkena tuduhan plagiarisme.

Belum lama ini di sebuah komunitas online, netizen menemukan kesamaan antara OST drama KBS tersebut berjudul ‘Everytime’ yang dinyanyikan Chen EXO dan Punch dengan lagu debut milik Eric Nam yang berjudul ‘Heaven’s Door’.

OST drama tersebut dirilis pada Februari 2015, sementara lagu debut Eric Nam tersebut dirilis pada Januari 2013 sehingga tuduhan plagiarisme pun tak dapat dihindari. Penulis asli dari lagu ‘Heaven’s Door’, Han Jae Ho pun angkat bicara soal kemiripan tersebut.

“Aku mendengar keributan soal kemiripan itu. Dan saat aku mendengarnya, ternyata memang terdapat kemiripan. Khususnya mengenai nada lagu dan bagian reffnya yang terdengar mirip. Flow lagunya pun juga terdengar mirip,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Mereka seakan mencoba mengubahnya untuk menghindari plagiarisme. Daripada mengambil langkah hukum, aku akan mencoba bermediasi dengan mereka lewat sebuah pertemuan.”

Baca juga: Aktor Kwon Sang Woo Kirim Coffee Truck Untuk Dukung Drama 'The King: The Eternal Monarch'

Terkait tuduhan plagiarisme tersebut, tim produksi musik yang menciptakan lagu ‘Everytime’, yaitu Music&New pun akhirnya merilis pernyataan resmi dengan menuturkan, “Kami berkonsultasi dengan penulis asli dari lagu Davichi dan Bic berjudul ‘A Night Like This’, yaitu Jo Young Soo. Dan kami mendapat izin untuk menggunakan sampel lagu tersebut untuk menulis lagu ‘Everytime’.”

Namun pihak Music&New seperti tak menggubris pernyataan dari penulis asli ‘Heaven’s Door’ dan menuturkan bahwa tuduhan plagiarisme tidak masuk akal, mengingat lagu ‘Everytime’ justru menggunakan sampel lagu Davichi dan Bic tersebut.

Bagaimana menurutmu, Dreamers? Simak perbandingan lagu ‘Everytime’ dan ‘Heaven Door’ berikut ini:

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Penyanyi Park Bo Ram belum lama ini membagikan tips diet ekstrem yang digunakannya untuk menurunkan berat badan. Demi mendapat tubuh yang ia inginkan, Park Bo Ram rela melakukan diet tersebut dan sukses menurunkan berat badan hingga 32 kilogram....
  • HOT !
    Saat ini ada lebih dari 11 ribu kasus poistif virus Corona di Inggris. Virus ini juga bahkan telah menyerang anggota keluarga kerajaan Inggris, Pangeran Charles....
  • HOT !
    Pada 13 Maret lalu, seri Netflix Kingdom musim kedua resmi tayang di tengah pandemi corona yang menyebar ke berbagai belahan dunia. Tak pelak, banyak penonton yang menganggap bahwa cerita drama tersebut secara tidak langsung menggambarkan situasi saat ini....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)