SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?

Jumat, 08 April 2016 14:14 by citra09 | 3831 hits
Lagu OST 'Descendants of the Sun' yang Dinyanyikan Chen EXO Kena Tuduhan Plagiat?
Image source: KBS

DREAMERS.ID - Meski kini tengah menjadi populer dan fenomenal, drama ‘Descendants of the Sun’ ternyata tak terlepas dari kontroversi. Kini giliran salah satu original soundtrack (OST)nya yang terkena tuduhan plagiarisme.

Belum lama ini di sebuah komunitas online, netizen menemukan kesamaan antara OST drama KBS tersebut berjudul ‘Everytime’ yang dinyanyikan Chen EXO dan Punch dengan lagu debut milik Eric Nam yang berjudul ‘Heaven’s Door’.

OST drama tersebut dirilis pada Februari 2015, sementara lagu debut Eric Nam tersebut dirilis pada Januari 2013 sehingga tuduhan plagiarisme pun tak dapat dihindari. Penulis asli dari lagu ‘Heaven’s Door’, Han Jae Ho pun angkat bicara soal kemiripan tersebut.

“Aku mendengar keributan soal kemiripan itu. Dan saat aku mendengarnya, ternyata memang terdapat kemiripan. Khususnya mengenai nada lagu dan bagian reffnya yang terdengar mirip. Flow lagunya pun juga terdengar mirip,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Mereka seakan mencoba mengubahnya untuk menghindari plagiarisme. Daripada mengambil langkah hukum, aku akan mencoba bermediasi dengan mereka lewat sebuah pertemuan.”

Baca juga: Bikin Song Hye Kyo Jatuh Cinta, Intip Lagi Pesona Ketampanan Song Joong Ki di Balik Layar 'Descendants of the Sun'

Terkait tuduhan plagiarisme tersebut, tim produksi musik yang menciptakan lagu ‘Everytime’, yaitu Music&New pun akhirnya merilis pernyataan resmi dengan menuturkan, “Kami berkonsultasi dengan penulis asli dari lagu Davichi dan Bic berjudul ‘A Night Like This’, yaitu Jo Young Soo. Dan kami mendapat izin untuk menggunakan sampel lagu tersebut untuk menulis lagu ‘Everytime’.”

Namun pihak Music&New seperti tak menggubris pernyataan dari penulis asli ‘Heaven’s Door’ dan menuturkan bahwa tuduhan plagiarisme tidak masuk akal, mengingat lagu ‘Everytime’ justru menggunakan sampel lagu Davichi dan Bic tersebut.

Bagaimana menurutmu, Dreamers? Simak perbandingan lagu ‘Everytime’ dan ‘Heaven Door’ berikut ini:

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Kabar baik untuk para Harmonizers (fans Fifth Harmony). Girlband jebolan ajang pencari bakat ‘The X Factor’ ini akan menyapa penggemar Tanah Air melalui konser perdananya yang dipastikan di gelar tahun depan....
  • HOT !
    Banyak hal yang bisa menyebabkan suatu hubungan asmara kandas ditengah jalan, mulai dari ketidakcocokan hingga masalah besar lainnya. Namun bagaimana jadinya jika putusnya hubungan disebabkan oleh hal yang seharusnya bernuansa romantis, seperti idola K Pop satu ini?...
  • HOT !
    Pasangan muda Chelsea Islan dan Daffa Wardhana tengah di mabuk asmara. Keduanya sering membagikan momen hangat keduanya melalui foto yang diunggah di Instagram....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)