home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ungkapan RM dan Suga BTS Soal Komentar Kebencian Kembali Jadi Sorotan

Rabu, 16 Oktober 2019 14:00 by zia92 | 25429 hits
Ungkapan RM dan Suga BTS Soal Komentar Kebencian Kembali Jadi Sorotan
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Di tengah rasa shock atas meninggalnya Sulli, para fans dan komunitas online membawa kembali kutupan-kutipan dari para idola K-Pop akan komentar jahat. Termasuk dua member BTS, RM dan Suga yang menghadapinya dengan cara berbeda.

Komentar RM empat tahun lalu kembali menjadi trending dengan kabar duka dari Sulli, yang menjadi korban berbagai komentar kebencian. Ia menulis, “Hanya butuh 5 detik bagi seseorang dengan perasaan kebencian terhadapku untuk mengetik komentar buruk. Tapi aku membaca komentar itu dan merenungkannya selama 5 jam, 5 hari.”

Dan dalam wawancara tahun 2015 dengan DongA Ilbo, RM mengakui bahwa pada tahun-tahun awal karirnya sebagai idola K-Pop, ia membaca dan mengingat setiap komentar kebencian yang ia temui. Namun, sekarang, ia tidak peduli.

Dalam sebuah siaran VLIVE, RM mengatakan, “Kau perlu mendengarkan kritik yang membangun. Tak ada seorangpun yang sempurna. Akan menjadi dogmatis kalau kau berpikir seperti itu. Tapi ada juga orang yang menyerangmu tanpa alasan yang jelas. Itu menyedihkan. Terlalu banyak yang baik di dunia ini dibandingkan fokus pada serangan yang tak masuk akal itu. Hidup ini terlalu singkat untuk itu.” Dan menambahkan, “Jadi hanya ‘mic drop’ untuk hal-hal seperti itu.”

Baca juga: Mix and Match Cardigan yang Nggak Bosenin Ala Idola K-Pop

Suga juga melakukan hal serupa, di mana dalam sebuah siaran VLIVE ia pernah mengatakan, “Kalian (fans) khawatir tentang komentar kebencian. Aku sebenarnya agak kasihan (pada mereka yang menulisnya) karena aku tidak benar-benar membacanya.”

“Jadi haters dapat membenci sebanyak yang mereka inginkan. Agensi kami mungkin akan menuntut mereka. Aku tidak membacanya, tapi mereka mungkin dituntut. Tidka ada cara yang tepat untuk menghadapinya. Semua orang senang dengan hal ini (haters dituntut), jadi silakan tulis lebih banyak,” imbuhnya.

Meskipun alasan pasti di balik keputusan Sulli untuk mengakhiri hidupnya masih belum jelas, namun ia telah secara terbuka berbicara tentang depresi dan rasa sakit yang disebabkan oleh komentar kebencian. Dalam episode perdana ‘Night of Hate Comments’ di mana dirinya menjadi host, Sulli mengungkapkan bahwa ada saat di mana ia hanya berjalan di jalan sempit tanpa orang karena takut melihat orang, takut kalau mereka akan mengganggunya dengan komentar negatif.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Emmy Awards sukses digelar pada Minggu (20/9/2020) secara virtual. Acara ini dipandu Jimmy Kimmel dari Steples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Usai penghelatan penghargan, umumnya para selebriti diundang dalam pesta perayaan atau yang biasa disebut After Party....
  • HOT !
    Penjualan album K Pop setiap tahunnya nampaknya selalu mengalami peningkatan dengan genre musik yang semakin populer dan basis penggemar yang lebih besar, khususnya di kalangan boy group. Di tahun ini, banyak album yang rilis mulai dari boy group rookie hingga senior....
  • HOT !
    Fanchant merupakan salah satu bagian penting untuk memberikan semangat pada idola K Pop saat sedang berada di atas panggung. Fanchant juga dapat memberikan suasana spesial antara idola dengan para penggemar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)