home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jalan Langka yang Ditempuh SM Entertainment di Balik Kesuksesan SuperM di Chart Billboard

Rabu, 16 Oktober 2019 08:08 by fzhchyn | 1586 hits
Jalan Langka yang Ditempuh SM Entertainment di Balik Kesuksesan SuperM di Chart Billboard
Image source: SM Entertainment

DREAMERS.ID - Harapan SM Entertainment untuk grup barunya, SuperM memuncaki chart Billboard berhasil terwujud. Pada 13 oktober waktu setempat, Billboard mengumumkan ‘SuperM – The 1st Mini Album’ menempati posisi No. 1 di chart Billboard 200.

Pencapaian tersebut menjadikannya sebagai album debut dari artis K-Pop pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang masuk dalam chart Billboard 200 di peringkat No. 1. Seperti yang diketahui, Billboard 200 merupakan salah satu chart utama Billboard kategori album yang menunjukkan album terlaris di Amerika Serikat.

Menurut data Nielsen Music, ‘SuperM – The 1st Mini Album’ debut di No. 1 dengan penjualan album yang tinggi mencapai 164.000, namun memiliki 4,9 juta streaming saja. Dari penjualan album itu, 113.000 adalah CD atau album fisik dan 51.000 merupakan digital download.

Baca juga: SuperM Akan Comeback Tahun Ini, Dengan Baekhyun dan Lucas?

Album fisiknya sendiri hadir dalam delapan versi, di mana ada tujuh versi untuk masing-masing member dan satu versi grup. Selain itu, album ini juga tersedia sebagai bagian dari lebih dari 60 bundle atau paket penjualan untuk merchandise dan tiket konser, yang memberikan barang-barang seperti t-shirt AR yang menampilkan member SuperM.

Jalan langka yang ditempuh SM Entertainment agar album debut SuperM mencapai target penjualan yang diharapkan ini memang tak bisa dikatakan ilegal, karena cukup banyak label atau artis yang melakukannya. Sebut saja Taylor Swift yang menjual 4 versi deluxe dari album ‘Lover’ di toko Target dan band metal Tool yang berhasil menjual 88.000 CD di minggu pertama karena albumnya masuk dalam paket seharga 45 dolar yang termasuk layar video HD empat inci.

Namun taktik seperti ini semakin menimbulkan kekhawatiran di industri karena bisa dianggap mendistorsi chart mingguan. Di era saat ini di mana format streaming lebih dominan, membuat kecenderungan membeli album fisik berkurang sehingga label melakukan ‘gimik’ seperti hal-hal di atas agar CD mereka tetap laku, yang akhirnya berpengaruh pada chart Billboard.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kakak perempuan Danielle NewJeans, Mo Gyuna, memulai debutnya sebagai penyanyi. Sebelumnya pada 16 April, komentar di video OST drama 'HIDE' berjudul 'LAVA' yang dinyanyikan oleh penyanyi GYUNA menarik perhatian online....
  • HOT !
    Park Bo Ram dinyatakan meninggal dunia pada 12 April lalu, setelah ditemukan tidak sadarkan diri di rumah seorang teman saat acara minum bersama. Dia akan dimakamkan pada Rabu, 17 April....
  • HOT !
    Jungkook BTS yang sedang menjalani wajib militer, menjadi topik hangat saat ia membuka akun Instagram untuk anjing peliharaannya yang bernama Jeon Bam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)