SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jalan Langka yang Ditempuh SM Entertainment di Balik Kesuksesan SuperM di Chart Billboard

Rabu, 16 Oktober 2019 08:08 by zia92 | 1321 hits
Jalan Langka yang Ditempuh SM Entertainment di Balik Kesuksesan SuperM di Chart Billboard
Image source: SM Entertainment

DREAMERS.ID - Harapan SM Entertainment untuk grup barunya, SuperM memuncaki chart Billboard berhasil terwujud. Pada 13 oktober waktu setempat, Billboard mengumumkan ‘SuperM – The 1st Mini Album’ menempati posisi No. 1 di chart Billboard 200.

Pencapaian tersebut menjadikannya sebagai album debut dari artis K-Pop pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang masuk dalam chart Billboard 200 di peringkat No. 1. Seperti yang diketahui, Billboard 200 merupakan salah satu chart utama Billboard kategori album yang menunjukkan album terlaris di Amerika Serikat.

Menurut data Nielsen Music, ‘SuperM – The 1st Mini Album’ debut di No. 1 dengan penjualan album yang tinggi mencapai 164.000, namun memiliki 4,9 juta streaming saja. Dari penjualan album itu, 113.000 adalah CD atau album fisik dan 51.000 merupakan digital download.

Baca juga: Bikin Histeris, Baekhyun Nyanyikan Lagu I Love You 3000 di Konser SuperM

Album fisiknya sendiri hadir dalam delapan versi, di mana ada tujuh versi untuk masing-masing member dan satu versi grup. Selain itu, album ini juga tersedia sebagai bagian dari lebih dari 60 bundle atau paket penjualan untuk merchandise dan tiket konser, yang memberikan barang-barang seperti t-shirt AR yang menampilkan member SuperM.

Jalan langka yang ditempuh SM Entertainment agar album debut SuperM mencapai target penjualan yang diharapkan ini memang tak bisa dikatakan ilegal, karena cukup banyak label atau artis yang melakukannya. Sebut saja Taylor Swift yang menjual 4 versi deluxe dari album ‘Lover’ di toko Target dan band metal Tool yang berhasil menjual 88.000 CD di minggu pertama karena albumnya masuk dalam paket seharga 45 dolar yang termasuk layar video HD empat inci.

Namun taktik seperti ini semakin menimbulkan kekhawatiran di industri karena bisa dianggap mendistorsi chart mingguan. Di era saat ini di mana format streaming lebih dominan, membuat kecenderungan membeli album fisik berkurang sehingga label melakukan ‘gimik’ seperti hal-hal di atas agar CD mereka tetap laku, yang akhirnya berpengaruh pada chart Billboard.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kabar baik bagi para penggemar Joo Won yang tengah menantikan kembalinya sang aktor ke layar kaca. Setelah menyelesaikan tugas wajib militer pada Februari lalu, Joo Won akhirnya dikonfirmasi comeback akting dalam sebuah proyek drama....
  • HOT !
    Setelah kasus perseteruan Melly Goeslaw dan beberapa artis, pelantun lagu ‘Gantung’ itu pun dikabarkan meng unfollow sejumlah artis dari akun Instagram pribadinya....
  • HOT !
    Setelah menjelajahi Eropa, Asia, serta Amerika Utara dan Selatan dengan 20 pertunjukan konser, BTS telah menyelesaikan tur stadium ‘Love Yourself: Speak Yourself’. Konsel finalnya berlangsung selama tiga hari di Seoul pada akhir Oktober lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)