SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Spotify Bakal Tersedia di Korea, Apa Dampaknya Bagi Pasar Musik K-Pop?

Jumat, 14 Februari 2020 12:00 by zia92 | 1103 hits
Spotify Bakal Tersedia di Korea, Apa Dampaknya Bagi Pasar Musik K-Pop?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Layanan streaming musik Spotify dikabarkan bakal secara resmi tersedia di Korea Selatan pada tahun 2020 ini. Selama ini, Spotify memang memiliki playlist untuk musik K-Pop terbaru, namun layanan streaming ini belum secara resmi tersedia di Korea.

Spotify sendiri dibuat di Swedia pada tahun 2008 dan telah memiliki lebih dari 200 juta pengguna dan dikenal sebagai layanan streaming musik terbesar di dunia. Pada 2015, layanna ini memulai ekspansi global dan diluncurkan di 79 negara.

Selain kemampuan untuk mendengarkan musik yang sebelumnya tersedia di layanan streaming musik Korea, penggemar musik Korea juga antusias dengan fakta bahwa Spotify menawarkan biaya gratis bagi pengguna. Dulu, jika orang ingin menggunakan Spotiy di Korea, mereka harus mengguna metode seperti mengaksesnya melalui VPN.

Sports Chosun melaporkan bahwa mungkin ada perubahan besar pada pasar musik di Korea setelah peluncuran Spotify. Pasar saat ini menunjukkan Melon, Genie Music, FLO, Bugs, Naver Music, dan Soribada bersaing untuk 1 triliun won (sekitar 11,5 triliun rupiah). Dengan bertambahnya Spotify, persaingan pun akan semakin sengit.

Pada Maret lalu, ada rumor tentang rencana Sptify masuk Korea, namun perusahaan membantah kabar tersebut karena kendala yang mereka hadapi terkait distribusi hal cipta. Dilaporkan bahwa masalah tersebut baru-baru ini diselesaikan hingga tingkat tertentu, dan persiapan untuk peluncuran di Korea saat ini sedang berlangsung.

Sports Chosun juga mencatat bahwa dengan hadirnya Spotify di Korea, akan memungkinkan artis Korea untuk lebih mudah memperkenalkan musik mereka kepada fans luar. Diharapkan juga bahwa kategori K-Pop dalam layanan streaming ini akan tumbuh karena lebih banyak artis Korea menggunakannya untuk masuk ke pasar luar negeri.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Katy Perry bersama Luke Bryan dan Lionel Richie menjadi juri dalam ajang pencarian bakat menyanyi, American Idol. Sebuah kejadian mengejutkan terjadi dalam proses syuting audisi tersebut....
  • HOT !
    Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengkritik kemenangan film asal Korea Selatan Parasite ketika ia sedang melakukan pidato. Hal ini diketahui dari sebuah video yang diunggah di akun...
  • HOT !
    Hari ini, Jumat (21/02) ZB Label Zanybros secara resmi mengumumkan bahwa Alexa sedang dalam persiapan comeback untuk merilis album solo terbarunya. Comeback dari salah satu mantan peserta produce 48 tersebut akan dijadwalkan pada bulan Maret mendatang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)