home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

EXO-CBX Mengadukan SM Entertainment ke Korea Fair Trade Commission

Senin, 05 Juni 2023 13:09 by muthiasp | 286 hits
EXO-CBX Mengadukan SM Entertainment ke Korea Fair Trade Commission
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Pengacara Lee Jae Hak dari firma hukum LIN yang mewakili Baekhyun, Xiumin, dan Chen mengumumkan bahwa mereka mengajukan pengaduan ke Korea Fair Trade Commission (KFTC) atau Komisi Perdagangan Adil Korea melawan SM Entertainment pada 4 Juni atas dasar "penyalahgunaan daya tawar yang tidak adil".

Lee Jae Hak menyatakan, "KFTC telah mengeluarkan dua perintah korektif untuk memperbaiki perilaku kontrak yang tidak adil tersebut pada bulan Oktober 2007 dan Januari 2011 terhadap SM. Kami melaporkan bahwa SM telah terlibat dalam perilaku kontrak yang tidak adil dan mengabaikan perintah ini."

"Kami meminta penyelidikan atas pelanggaran SM dan tindakan korektif segera untuk memperbaikinya, serta penyelidikan penuh atas kontrak eksklusif semua artis SM," tegasnya.

Pokok-pokok pengaduan EXO-CBX melalui pengacaranya adalah sebagai berikut:

1. Meskipun resolusi KFTC melarang [kontrak yang tidak adil] SM dua kali pada tahun 2007 dan 2011, SM tidak meralat [kontrak].

Mereka mengklaim meskipun menerima perintah korektif KFTC pada tahun 2007, SM mengajukan klausul yang tidak adil dalam kontrak eksklusif Baekhyun, Xiumin, dan Chen pada tahun 2010 dan 2011. 

2. Menghitung periode kontrak eksklusif dari "tanggal debut industri hiburan" (bukan dari tanggal kontrak eksklusif ditandatangani) menyebabkan periode kontrak yang terlalu panjang, periode yang ditentukan oleh kebijaksanaan agensi, dan telah dikonfirmasi tidak adil, tetapi SM masih belum mengikuti langkah-langkah korektif KFTC.

Baca juga: SM Entertainment Rilis Pernyataan Terkait Label Independen Baekhyun dan EXO-CBX

“Karena masa kontrak mulai berjalan sejak tanggal debut, masa trainee mereka ditambahkan ke masa kontrak agensi mereka, yang kemudian diperpanjang tiga tahun dalam perjanjian tambahan. Menambahkan masa wajib militer menghasilkan sebuah hubungan keagenan lebih dari 12 atau 13 tahun,” paparnya.

3. Melalui resolusi KFTC tahun 2007, SM telah menerima penilaian bahwa periode kontrak “5 tahun dari tanggal debut (bukan tanggal penandatanganan kontrak)” terlalu berjangka panjang, tetapi SM sebenarnya menandatangani kontrak yang lebih tidak adil dengan menentukan jangka waktu tujuh tahun dalam kontrak eksklusif dan tiga tahun dalam perjanjian lampiran.

4. SM melanggar perintah koreksi KFTC dengan terus menggunakan kebijaksanaan periode kontrak yang diperpanjang tanpa pandang bulu untuk alasan seperti kegiatan di luar negeri yang bahkan tidak dikonfirmasi pada saat penandatanganan kontrak.

5. Kontrak eksklusif berikutnya yang diperpanjang secara otomatis hingga jumlah rilis album terpenuhi sangatlah tidak adil karena periode waktu minimum belum ditetapkan.

"SM meminta artis menandatangani kontrak eksklusif berikutnya, masing-masing mengklaim jangka waktu minimal 17 atau 18 tahun. SM mengikat mereka ke kontrak lagi setahun sebelum kontrak berakhir," klaim perwakilan hukum tersebut.

Pengacara EXO-CBX kemudian menyimpulkan, "Kami berharap upaya dan keberanian kami akan berkontribusi pada perlindungan hak dan kepentingan junior kami dan untuk pengembangan industri yang adil dan sehat."

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    G Dragon telah dikonfirmasi sedang mempersiapkan album baru untuk dirilis tahun ini. Kabarnya, album tersebut akan dilepas pada bulan Agustus....
  • HOT !
    Suho EXO telah menambahkan Jakarta sebagai salah satu kota tujuan untuk tur solo pertamanya! Pada 18 April, SM Entertainment mengumumkan bahwa ‘2024 SUHO CONCERT ASIA TOUR’ akan digelar di Jakarta pada 10 Agustus di Tennis Indoor Senayan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)