home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Drama Adaptasi Cerita Klasik Tiongkok 'Hwayugi' Justru Dituding Jiplak Novel Korea

Rabu, 07 Maret 2018 16:04 by muthiasp | 2336 hits
Drama Adaptasi Cerita Klasik Tiongkok 'Hwayugi' Justru Dituding Jiplak Novel Korea
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Drama tvN ‘Hwayugi’ baru saja menyelesaikan jalan ceritanya di akhir pekan kemarin. Cerita drama ini merupakan adaptasi novel klasik Tiongkok yang berjudul ‘Journey to the West’ namun justru diklaim merupakan hasil jiplakan novel asal Korea.

Seorang penulis novel bernama Jung Eun Sook yang memiliki nama lain Ttangbyeol mengunggah persamaan yang ada diantara novel miliknya ‘Aeyugi’ dengan drama ‘Hwayugi’. Ia menyebutkan bahwa ada kesamaan di karakter Sam Jang yang sama-sama diperankan oleh wanita tidak seperti cerita asli ‘Journey to the West’ yang diperankan oleh pria.

Kemudian Son Oh Gong juga mengendarai mobil dibanding awan-awan, serta kesamaan karakter lain yang ada di dalam cerita. Ttaengbyeol lantas mengatakan, “Perbandingan ini aku bagikan bukan untuk membawa ‘Hwayugi’ dan ‘Aeyugi’ ke skandal plagiarisme. Aku tahu hukum hak cipta di Korea membuat sesuatu sulit dikatakan sebagai plagiarisme kecuali ada kesamaan jalur cerita”.

Namun, ia merasa tidak seharusnya juga karyanya dipergunakan seperti ini, “Aku ingin meminta pendapat dari pembaca dan penonton ‘Hwayugi’ tentang perbandingan ini". Isu itu pun langsung mendapat respon dari duo penulis naskahnya.

Baca juga: 6 Kesalahan Kocak Dalam Drama Korea Bikin Ngakak (Part 1)

Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran mengatakan bahwa rencana untuk memproduksi ‘Hwayugi’ bahkan sudah ada sebelum novel ‘Aeyugi’ dipublikasikan pada tahun 2015. Mereka mempersiapkan drama yang dibintangi Lee Seung Gi dan Oh Yeon Seo itu tepat setelah selesai produksi drama ‘Master’s Sun’ di tahun 2014.

“Ada wawancara yang membahas tentang ini. Kami sudah mengadakan pertemuan dengan rumah produksi dan sutradara untuk membuat sesuatu yang diadaptasi dari ‘Journey to the West’,” ujar Hong Sisters. Mereka juga menyatakan bahwa ada saksinya jika dibutuhkan sebagai bukti.

Hong Sisters mempertanyakan apakah saat ‘Aeyugi’ pertama kali dipublikasikan pada musim gugur 2015, adalah pembacanya yang berkaitan dengan tim produksi, “Kami tidak pernah melihat ada web drama berjudul ‘Aeyugi’ saat itu, dan kami masih belum membacanya”.

Lebih lanjut, Hong Sisters menanggapi bahwa karakter Sam Jang juga diubah menjadi wanita di karya lain yang terinspirasi ‘Journey to the West’. Karakter pria hingga cerita yang berlatarbelakang agensi hiburan juga sudah sering digunakan drama lain. Dan unsur kesamaan kendaraan yang digunakan, drama Hong Sisters yang tayang tahun 2009 berjudul ‘You’re Beautiful’ pun karakternya sudah menggunakan sports car

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Para member BTS secara personal memilih lagu lagu apa saja yang masuk dalam album antologi mereka yang bertajuk ‘Proof’. Album tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada 10 Juni mendatang, yang menandai dan merayakan sembilan tahun berkarir di industri musik....
  • HOT !
    ASTRO resmi comeback pada 16 Mei dengan merilis full album kegita ‘Drive to the Starry Road’ bersamaan dengan musik video untuk lagu utama ‘Candy Sugar Pop’. Selama showcase media online, para member berbicara tentang hal baru yang mereka coba dalam album tersebut....
  • HOT !
    Vokalis band The Rose, Woosung resmi melakukan comeback solonya. Ini menjadi comeback pertamanya di tahun 2022, setelah merilis album ‘Genre’ pada akhir 2021 lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)