home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Rasis, Materi Konser Jonghyun SHINee Tuai Kritikan Penggemar

Senin, 05 Desember 2016 16:33 by muthiasp | 2248 hits
Dianggap Rasis, Materi Konser Jonghyun SHINee Tuai Kritikan Penggemar
Image source: Ilgan Sport

DREAMERS.ID - Akhir minggu kemarin tepatnya 3-4 Desember, Jonghyun SHINee memulai rangkaian konser solonya yang bertajuk ‘2016 Jonghyun Concert – X Inspiration’. Meski disambut riuh penggemar, namun ada materi di konser itu yang membuat Jonghyun dianggap rasis.

Seperti biasa di setiap konser pasti akan ada VCR yang diputarkan saat jeda lagu, sekaligus bertujuan untuk lucu-lucuan menghibur penggemar yang hadir. Diceritakan bahwa Jonghyun ingin mendapatkan hati wanita Indian, dan memperlihatkan ia berpakaian seperti tahanan, putri duyung, dan kostum lainnya.

Pada video itu, Jonghyun melakukan aksi konyol dan berbicara aneh. Video tersebut membuat sebagian penggemar melihat pelantun ‘She Is’ ini menunjukkan stereotipe negatif tentang budaya Indian. Dalam konser Sabtu malam lalu (3/12), ia juga diduga sempat menyinggung soal homoseksual.

Baca juga: 5 Idol Kpop yang Aktif Suarakan Tentang Kesehatan Mental

Mengetahui materi konsernya jadi kontroversi, Jonghyun lantas menuliskan penjelasan panjang yang diawali dengan permintaan maaf, “Ini salah ku, dan aku akan menghapus bagian itu dari video. Aku tundukkan kepalaku meminta maaf pada kalian yang kecewa”.

Lalu, ia mulai menjelaskan bahwa tidak ada maksud menyudutkan satu budaya, tetapi lebih kepada makna dari kepercayaan dirinya dengan semua genre dan konsep. Lebih lanjut, Jonghyun menjabarkan bahwa kalimat yang diucapkannya saat konser juga tidak bermaksud menyindir homoseksual.

“Itulah mengapa aku menggunakan kata ‘seperti itu’ karena aku tidak bermaksud mengarah kesana, bukan karena aku tidak bisa menggunakan kata ‘gay’, ‘homoseksual’, atau ‘sexual minority’. Namun, jika kata tersebut dianggap menghina, mungkin kesalahanku karena bodoh. Aku minta maaf”.

 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)