home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tulis Pesan Terbuka, JYP Entertainment Desak Pemerintah Selidiki Tuntas Kasus Manipulasi Chart

Rabu, 18 Juli 2018 16:29 by muthiasp | 2921 hits
Tulis Pesan Terbuka, JYP Entertainment Desak Pemerintah Selidiki Tuntas Kasus Manipulasi Chart
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Isu sajaegi atau manipulasi tangga musik Korea kembali memanas belakangan ini setelah dua solois pria diduga melakukannya. Hal ini tentunya meresahkan bagi para pelaku industri musik lainnya. JYP Entertainment pun akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi yang mendesak pemerintah.

Pada Rabu (18/07), Park Jin Young selaku pimpinan dari agensi raksasa itu mengunggah foto dari logo tiga portal musik terbesar di Korea, yaitu MelOn, Mnet, dan Genie. Ia menuliskan caption panjang yang berisi tentang keresahannnya atas isu sajaegi belakangan ini, apalagi TWICE sebagai grup termuda asuhannya paling terkena dampak.

“Persaingan dan evaluasi yang adil adalah landasan bagi industri apa pun. Baru-baru ini ada kecurigaan mengenai manipulasi grafik musik dan itu menyakiti semua pihak yang terkait dengannya. Kami mendengar sudah ada permintaan yang dibuat oleh perusahaan lain agar Kementerian budaya, Olahraga, dan Pariwisata menyelidikinya”.

“Kami sedang mendiskusikan masalah ini dengan agensi lain dan berencana untuk meminta penyelidikan kepada Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata, serta KFTC (Korea Fair Trade Commission). Berdasarkan hasilnya, kami berencana untuk membawa ini ke Kejaksaan”.

Baca juga: Park Kyung Didenda Atas Pencemaran Nama Baik Terkait Sajaegi

“Kami harap kecurigaan ini terhapuskan sehingga kita semua bisa kembali fokus ke pekerjaan utama kita,” tutupnya. Postingan JYP ini lantas mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Pasalnya, sudah dua kali TWICE terkena dampak langsung dari isu sajaegi ini.

Pertama ketika lagu Nilo ‘Pass By’ yang langsung berada di posisi satu mengalahkan TWICE ‘What is Love?’. Kemudian baru-baru ini, lagu Shaun ‘Way Back Home’ merangsek masuk ke puncak tangga lagu mengalahkan TWICE ‘Dance the Night Away’ hingga BLACKPINK ‘DDU-DU DDU-DU’.

Sebelumnya pada tahun 2013 silam, JYP Entertainment bersama dengan YG Entertainment, SM Entertainment, Cube Entertainment, FNC Entertainment, dan Star Empire Entertainment pernah bersatu meminta dilakukannya investigasi atas manipulasi tangga musik digital.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....
  • HOT !
    SM Entertainment mengumumkan bahwa Doyoung akan mengadakan konser solo pertamanya, 2024 Doyoung Concert Dear Youth, di Peace Hall Universitas Kyung Hee di Seoul pada tanggal 25 26 Mei....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)