home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Dituding Singgung LGBT, 'Kucumbu Tubuh Indahku' Wakili Indonesia di Oscar 2020

Rabu, 18 September 2019 13:47 by bellaevania | 2553 hits
Sempat Dituding Singgung LGBT, 'Kucumbu Tubuh Indahku' Wakili Indonesia di Oscar 2020
Image Source: Bookmyshow

DREAMERS.ID - Indonesia kembali mengirimkan perwakilan ke ajang Academy Awards atau Oscar 2020. Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ dipilih untuk mewakili Indonesia untuk kategori International Feature Film.

Film ini sempat menuai kontroversi dan menerima penolakan karena dianggap menampilkan LGBT. Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ akan bersaing dengan ‘Parasite’ dari Korea Selatan dan ‘Weathering with You’ dari Jepang untuk menjadi nominasi kategori tersebut.

"Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film," kata Sheila Timothy, selaku Sekretaris Komite Film Indonesia, Selasa (17/9), melansir CNN Indonesia.

Baca juga: Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Kembali Tayang di Bioskop, Catat Tanggalnya!

Sang sutradara, Garin Nugroho mengungkap keputusan ersebut merupakan langkah berani dari tim juri. "[Ini] merupakan keputusan yang berani karena menyangkut tema yang sensitif, dan juga menunjukkan juri melihat era kultural diversity, yakni manusia berhak hidup damai tanpa kekerasan, diskriminasi dan persekusi serta kekerasan dalam keberagaman berbangsa," kata Garin melalui pesan singkat.

Ini menjadi film kedua Garin yang dipilih untuk mewakili Indonesia ke Oscar. Sebelumnya, karyanya ‘Daun di Atas Bantal’ pada tahun 1998 pernah dikirim ke Oscar namun belum berhasil tembus sebagai nominasi.

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ berkisah tentang penari Lengger bernama Juno. Sejak ditinggal ayahnya, Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger. Tak diduga tarian itu membuatnya menapaki perjalanan hidup yang berliku. Sampai pada akhirnya, Juno bisa memahami dan menerima keindahan hidup sebagai seorang penari Lengger.

Tari Lengger sendiri merupakan budaya asli Indonesia, tepatnya berasal dari Banyumas. Tarian itu mengharuskan penarinya menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh. Biasanya tarian itu dipentaskan lelaki, yang di keseharian mengubah diri jadi perempuan.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....
  • HOT !
    Suho EXO telah menambahkan Jakarta sebagai salah satu kota tujuan untuk tur solo pertamanya! Pada 18 April, SM Entertainment mengumumkan bahwa ‘2024 SUHO CONCERT ASIA TOUR’ akan digelar di Jakarta pada 10 Agustus di Tennis Indoor Senayan....
  • HOT !
    V BTS, yang saat ini bertugas di Unit Ssangyong Korps ke 2 Angkatan Darat, menunjukkan penampilannya sebagai prajurit yang gagah melalui video promosi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)