home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konflik Hak Cipta, SM Entertainment Terancam Tak Bisa 'Jual' Video Lagu Hits EXO Hingga NCT?

Selasa, 14 Juli 2020 16:00 by muthiasp | 4176 hits
Konflik Hak Cipta, SM Entertainment Terancam Tak Bisa 'Jual' Video Lagu Hits EXO Hingga NCT?
Image source: SM Entertainment

DREAMERS.ID - SM Entertainment belakangan diterpa isu sengketa hak cipta dengan produser lagu artis-artisnya, yang mana berasal dari luar negeri. Isu terbaru menyebutkan jika sengketa dengan produser Marz (MZMC) akan mengancam kelangsungan konten penjualannya.

Konflik hak cipta antara SM Entertainment dan Marz sudah berlangsung sejak bulan Maret. Marz diketahui menciptakan lagu hits Taeyeon berjudul Fine dan Starlight, EXO Tempo, NCT 127 Cherry Bom, serta NCT Dream We Go Up dan Candlelight, dan masih banyak lagi.

Sementara masalah sempat mereda atas lagu-lagu EXO, Marz kembali membahasnya melalui siaran langsung di Instagram baru-baru ini. Ia mengklarifikasi perbedaan antara hak master dan hak sinkronisasi atas lagu.

SM Entertainment memiliki hak master untuk sebagian besar lagu yang mereka beli dari produser, sedangkan hak sinkronisasi adalah wilayah yang sama sekali berbeda. Menurut Marz, hak master memberikan izin agensi untuk membawakan lagu di konser dan penampilan langsung.

 

Baca juga: 21 Member, NCT 2020 Akan Rilis Album Bulan Depan

So EXO CAN sing MZNC songs, but SM CANT sell o present it in tv or in the media, sounds good for me...#EXO #mzmc #sm #Baekhyun #Chanyeol #Kai #Sehun #Suho #Chen #Xiumin #Kyungsoo #Lay pic.twitter.com/iTFmUjx94h

— 🍬캔디🍬 (@Erie_ss) June 19, 2020

 

Tetapi itu tidak termasuk hak untuk mendistribusikan lagu bersama representasi visual, yang berada di bawah kategori hak sinkronisasi. Contohnya adalah SM Entertainment tidak akan dapat merilis lagu-lagunya sebagai bagian dari DVD konser, video trek khusus, atau bahkan VOD atau konser online.

Hal ini memunculkan kekhawatiran bagi penggemar artis naungan SM Entertainment, khususnya fans NCT. Pasalnya, NCT dikabarkan akan segera merilis DVD VOD dari konser online Beyond Live. Jika hak sinkronisasi bermasalah, besar kemungkinan lagu-lagu ciptaan Marz tidak masuk dalam VOD-nya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Debut boy group rookie ENHYPEN menjadi salah satu yang paling dinantikan di penghujung tahun ini. Sehingga tak heran jika jumlah followers atau pengikut di akun media sosial mereka bertambah dengan cepat hanya dalam waktu hitungan hari....
  • HOT !
    Pihak keluarga diwakili sang adik Nunik mengonfirmasi bahwa Nunung positif Covid 19. Nunung juga dikatakan telah menjalani perawatan. Sempat mengaku tidak tahu, Nunik akhirnya mengetahui kabar tersebut langsung dari Nunung....
  • HOT !
    Penjualan album K Pop setiap tahunnya nampaknya selalu mengalami peningkatan dengan genre musik yang semakin populer dan basis penggemar yang lebih besar, khususnya di kalangan boy group. Di tahun ini, banyak album yang rilis mulai dari boy group rookie hingga senior....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)