home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konflik Hak Cipta, SM Entertainment Terancam Tak Bisa 'Jual' Video Lagu Hits EXO Hingga NCT?

Selasa, 14 Juli 2020 16:00 by muthiasp | 5255 hits
Konflik Hak Cipta, SM Entertainment Terancam Tak Bisa 'Jual' Video Lagu Hits EXO Hingga NCT?
Image source: SM Entertainment

DREAMERS.ID - SM Entertainment belakangan diterpa isu sengketa hak cipta dengan produser lagu artis-artisnya, yang mana berasal dari luar negeri. Isu terbaru menyebutkan jika sengketa dengan produser Marz (MZMC) akan mengancam kelangsungan konten penjualannya.

Konflik hak cipta antara SM Entertainment dan Marz sudah berlangsung sejak bulan Maret. Marz diketahui menciptakan lagu hits Taeyeon berjudul Fine dan Starlight, EXO Tempo, NCT 127 Cherry Bom, serta NCT Dream We Go Up dan Candlelight, dan masih banyak lagi.

Sementara masalah sempat mereda atas lagu-lagu EXO, Marz kembali membahasnya melalui siaran langsung di Instagram baru-baru ini. Ia mengklarifikasi perbedaan antara hak master dan hak sinkronisasi atas lagu.

SM Entertainment memiliki hak master untuk sebagian besar lagu yang mereka beli dari produser, sedangkan hak sinkronisasi adalah wilayah yang sama sekali berbeda. Menurut Marz, hak master memberikan izin agensi untuk membawakan lagu di konser dan penampilan langsung.

 

Baca juga: Taemin SHINee Secara Pribadi Ungkap Rencana Pindah Agensi

So EXO CAN sing MZNC songs, but SM CANT sell o present it in tv or in the media, sounds good for me...#EXO #mzmc #sm #Baekhyun #Chanyeol #Kai #Sehun #Suho #Chen #Xiumin #Kyungsoo #Lay pic.twitter.com/iTFmUjx94h

— 🍬캔디🍬 (@Erie_ss) June 19, 2020

 

Tetapi itu tidak termasuk hak untuk mendistribusikan lagu bersama representasi visual, yang berada di bawah kategori hak sinkronisasi. Contohnya adalah SM Entertainment tidak akan dapat merilis lagu-lagunya sebagai bagian dari DVD konser, video trek khusus, atau bahkan VOD atau konser online.

Hal ini memunculkan kekhawatiran bagi penggemar artis naungan SM Entertainment, khususnya fans NCT. Pasalnya, NCT dikabarkan akan segera merilis DVD VOD dari konser online Beyond Live. Jika hak sinkronisasi bermasalah, besar kemungkinan lagu-lagu ciptaan Marz tidak masuk dalam VOD-nya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)