home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Lagu 'Uptown Funk' Milik Bruno Mars dan Mark Ronson Kembali Dituduh Plagiat!

Senin, 31 Oktober 2016 13:12 by Dits | 832 hits
Duh, Lagu 'Uptown Funk' Milik Bruno Mars dan Mark Ronson Kembali Dituduh Plagiat!
Image source: miror.co.uk

DREAMERS.ID - Duo musisi handal Mark Ronson dan Bruno Mars kembali tersandung masalah plagiat. Lagu hits mereka yang berjudul ‘Uptown Funk’ lagi-lagi dianggap telah melanggar hak cipta. Keduanya dituduh telah menjiplak lagu sebuah band asal Amerika, Collage yang berjudul ‘Young Girls’.

Melansir Mirror, pihak Collage mengklaim kalau lagu ‘Uptown Funk’mirip dengan lagu yang mereka ciptakan pada tahun 1983 silam tersebut, menurut mereka ada beberapa bagian penting yang mirip mulai dari struktur irama, harmoni, hingga melodinya.

'Banyak instrumental yang mirip termasuk tema dari ‘Uptown Funk’ yang tampak sekali sengaja dan jelas menyalin lagu ‘Young Girls’. Lebih lanjut, pihak penggugat juga melihat ada kemiripan dalam permainan gitar di seluruh komposisi lagu,' demikian isi gugatan menurut Pitchfork.

Lebih lanjut, sebelumnya Mars dan Ronson pernah mengungkapkan kalau lagu ‘Uptown Funk’ terinspirasi oleh jiwa elektro-funk Minneapolis tahun delapan puluhan, yang mana pada saat itu ‘Young Girls’ merupakan salah satu lagu hits pada tahun tersebut.

Sementara itu, Larry White yang merupakan satu-satunya anggota Collage yang masih hidup, Grady Wilkins dan Lee Peters disebut-sebut sebagai pihak penggugat. Selain Mars dan Bruno, gugatan juga dilayangkan kepada Trinidad James, Jeff Bhasker, Devon Gallaspy, Phillip Lawrence, Sony Music Entertainment, Warner / Chappell Music, Atlantic Records, dan RCA Records.

Di bulan Mei 2015 lalu Mars dan Bruno harus berbagi hasil sebesar 17 persen untuk semua hasil publikasi ‘Uptown Funk’ pada The Gap Band setelah memenangkan gugatan atas pencurian  bagian dari lagu mereka yang berjudul ‘Opps Upside Your Head’.

Kemudian, di bulan Agustus 2015, musisi Serbia, Snezana Miskovic juga menyatakan bahwa lagu ‘Uptown Funk’ menjimplak 80 persen lagu yang dinyanyikan olehnya. Lagu tersebut berjudul ‘Ulice Mracne Nisu Za Devojke’ atau jika dialihkan dalam Bahasa Inggris berbunyi ‘English Dark Streets Are Not For Girls’

Gimana menurutmu, lagu ini dengan 'Uptown Funk' mirip gak Dreamers?

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Drama terbaru dari Channel A berjudul ‘Show Window: Queen’s House’ akan menghibur penonton pada 29 November. Drama ini akan tayang setiap hari Senin dan Selasa pada pukul 22:30 KST....
  • HOT !
    Sebelumnya, Song Ji Hyo membuat heboh dengan potongan rambut pendek melalui postingan Instagram nya. Rupanya itu berhubungan dengan tema episode terbaru Running Man yang bergaya tahun 90 an....
  • HOT !
    MONSTA X telah dinyatakan negatif COVID 19. Sebelumnya, seorang anggota staf baru baru ini didiagnosa positif untuk virus tersebut, yang mengharuskan para member menjalani tes....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)