home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Cuma G-Dragon, Ternyata Sederet Artis K-Pop Ini Juga Rilis Album Format USB

Kamis, 15 Juni 2017 12:43 by tyassss | 1782 hits
Bukan Cuma G-Dragon, Ternyata Sederet Artis K-Pop Ini Juga Rilis Album Format USB
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Album baru G-Dragon kini tengah menjadi perbincangan di kalangan netizen karena keunikannya yang dirilis dalam format USB atau lebih dikenal dengan sebutan flashdisk. Bahkan sempat disebutkan juga bahwa pentolan Big Bang ini menjadi musisi Korea pertama  yang mengusung format ini.

Tetapi, ternyata G-Dragon bukan yang pertama. Melainkan, sudah ada beberapa artis K-pop lainnya yang juga merilis album dalam bentuk USB. Seperti yang dilansir dari Koreaboo, artis sebelumnya yang pernah merilis album dalam format USB adalah penyanyi rock senior, Kim Jang Hoon.

Format USB ini digunakan oleh sang rocker pada album penuhnya yang ke-10 bertajuk ‘Adieu’ di tahun 2012 lalu. Dengan begitu, Kim Jang Hoon lah yang menjadi artis K-pop pertama yang merilis album dengan format USB ini.

Baca juga: G-Dragon Konfirmasi Rencana Comeback Tahun Ini

Selanjutnya adalah grup asuhan JYP Entertainment, GOT7. Format USB mereka terapkan untuk album spesial dari album ‘Identify’ yang rilis pada tahun 2014. GOT7 juga mendesain album USB tersebut dengan sangat unik, yaitu dengan bentuk kartun dari karakter masing-masing member.

Last but not least, ternyata penyanyi sekaligus aktor Lee Seung Gi juga merilis album dalam format USB di tahun ini tepatnya pada bulan Februari lalu. Album yang berisi sejumlah lagu dan foto ini merupakan hadiah dari Lee Seung Gi yang masih menjalani wajib militer untuk mengobati kerinduan penggemarnya.

Mungkin karena sebelumnya tidak dirilis secara konvensional, maka perilisan album dalam bentuk USB tersebut tidak menjadi terlalu heboh. Dan kemudian, G-Dragon mengangkat tren tersebut meskipun kini album USB-nya tengah menjadi kontroversi karena tidak ‘diterima’ oleh Gaon Chart.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Acara NO.624 : NICHKHUN FAN MEETING IN JAKARTA pada Sabtu (27/4) malam di Balai Sarbini diisi dengan berbagai konten menarik yang menghidupkan interaksi Nichkhun 2PM dengan penggemar....
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    B.I sebelumnya telah dikonfirmasi akan menggelar konser B.I 2024 Tour “HYPE UP” in Jakarta pada 15 Juni mendatang di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)