home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Ko Ko Bop' EXO Dianggap Plagiat Lagu Milik David Guetta Karena Bagian Ini?

Rabu, 19 Juli 2017 17:30 by tyassss | 3141 hits
'Ko Ko Bop' EXO Dianggap Plagiat Lagu Milik David Guetta Karena Bagian Ini?
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Baru saja comeback setelah setahun lamanya dinantikan oleh para penggemar, lagu terbaru sekaligus menjadi lagu andalannya di album ‘The War’ EXO yang berjudul ‘Ko Ko Bop’ malah diterpa tuduhan plagiat dari netizen.

Menurut mereka, lagu tersebut memiliki kemiripan dengan salah satu lagu David Guetta yang berjudul ‘Light My Body Up’. Tidak semua, tetapi kemiripan itu terjadi di salah satu bagian yang memperdengarkan melodi elektrik yang ada di dalam kedua lagu.



Ko Ko Bo (atas), Light My Body (bawah)

Netizen mengatakan tempo serta melodi di bagian tersebut terdengar sama. Bahkan mereka juga mengunggah chord bagian tersebut sebagai perbandingan dan dijadikan bukti atas tuduhannya. Memang terlihat sama, hanya beberapa kunci nada saja yang berbeda.

Baca juga: Deretan Grup Pemenang Daesang Melon Music Awards, Siapa Paling Banyak?

Lalu para netizen tersebut juga membicarakan bahwa menurut pengadilan tentang plagiarisme, lagu ini akan dibawa ke meja hijau jika benar ada kesamaan yang signifikan dari kedua lagu tersebut. Tetapi, pengadilan juga tidak akan mengangkat kasus ini jika tuduhan plagiarisme ini hanya berdasarkan penilaian pendengar saja.

Sedangkan, tuduhan plagiarisme ini dibantah oleh para penggemar EXO. Mereka menyatakan bahwa lagu ‘Ko Ko Bop’ sudah terlebih dulu dibuat pada tahun 2016. Sedangkan, lagu  ‘Light My Body Up’ baru keluar di bulan Maret tahun 2017 ini.

Menurut fans, kesamaan nada yang hanya di satu bagian ini juga tidak bisa dibilang sebagai plagiat, bisa saja sebagai suatu kebetulan berhubung kunci nada yang sedikit. Sementara itu, bagian lagu yang memiliki kemiripan adalah di menit 1:00-1:12 untuk ‘Ko Ko Bop’ dan menit 1:25-1:39 di ‘Light My Body’.

(tys/image source: Allkpop)

Komentar
  • HOT !
    Festival musik EDM, Djakarta Warehouse Project akan kembali digelar pada akhir tahun ini. Ini akan jadi tahun kedua DWP digelar secara virtual, dikarenakan pandemi virus corona....
  • HOT !
    Pada 30 November, Moving Pictures Company, yang memproduksi web drama BL ‘Wish You: Your Melody From My Heart’, ‘Nobleman Ryu’s Wedding’ dan ‘The Tasty Florida’ mengungkapkan bahwa mereka akan merilis web drama BL terbaru berjudul ‘Tinted With You’....
  • HOT !
    Mendekati waktu penyelenggaraannya pada bulan Desember mendatang, ajang penghargaan tahunan SBS Entertainment Awards 2021 telah mengungkapkan susunan pembawa acaranya!...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)