home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stylist SNSD Sebut SM Entertainment Sebagai Agensi Pemberi Gaji Terkecil

Kamis, 19 Oktober 2017 11:00 by muthiasp | 2861 hits
Stylist SNSD Sebut SM Entertainment Sebagai Agensi Pemberi Gaji Terkecil
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak yang mengira bahwa bekerja di dunia hiburan akan memiliki bayaran atau pendapatan yang besar, tetapi tidak semuanya seperti itu. Baru-baru ini stylist dari SNSD mengungkapkan hal mengejutkan dari gaji kecil yang didapatnya.

Stylist bernama Seo Soo Kyung yang sudah bekerja bersama dengan SNSD sejak tahun 2011, menjalani sesi wawancara dengan outlet media Korea Herald (18/10). Seo Soo Kyung dikenal bisa menyulap penampilan idola K-Pop menjadi lebih memukau di atas maupun di luar panggung, hingga mendapat julukan ‘Soo’s Style’.


Seo Soo Kyung (topi putih) Bersama YoonA SNSD | Image source: Korea Herald

Selain itu, ia juga sempat bekerja sama dengan PSY dan SEVENTEEN. Dengan pengalaman yang mumpuni tentu banyak yang mengira perjalanan karirnya sangat mulus. Namun, Seo Soo Kyung mengungkapkan bahwa tidak semudah itu mendapatkan uang sebagai stylist. Pertama kali berkarir, ia butuh waktu tiga bulan hanya untuk mengumpulkan 3,4 juta rupiah.


SNSD TaeTiSeo | Image source: Korea Herald

Menurutnya, stasiun televisi menjadi masalah yang paling utama karena artis tidak mendapat bayaran yang besar dari mereka, “Ini adalah lingkaran setan. Idola K-Pop dan orang yang bekerja dengan mereka seperti stylist dan manajer biasanya dibayar rendah, untuk agensi K-Pop, termasuk SM Entertainment, tidak dibayar tinggi oleh stasiun televisi”.

Baca juga: Hyoyeon SNSD Bersiap untuk Comeback Musim Panas

Lebih lanjut Seo Soo Kyung menyebut SM Entertainment menjadi agensi yang memberikan gaji paling kecil untuk artis dan pegawainya, “Apakah kalian tahu SM memberikan gaji paling rendah di industri hiburan Korea untuk artis dan pegawai mereka? Mereka seperti punya pemikiran ‘Kau harusnya bersyukur bisa bekerja dengan superstar seperti SNSD’”.

Bahkan stylist biasanya hampir tidak mendapat bayaran setelah uang lebih dahulu diberikan ke artis, “Kami bekerja siang malam untuk artis, tapi kita tidak dapat apa yang menjadi hak kami dari dua sisi (artis dan agensi). Jadi kebanyakan pendapatan kita datang diluar dari itu, seperti syuting iklan. Dan orang dari periklanan akan komplain kalau stylist meminta bayaran terlalu tinggi. Lantas apa yang bisa kita lakukan? Kita tidak dapat banyak uang dari pekerjaan sebenarnya”.

Kini demi memperbaiki jalan karir stylist, Seo Soo Kyung tidak sungkan mengajarkan juniornya. Ia juga menjadi pengajar mahasiswa tata busana di Chungkang College of Cultural Industries sejak Februari 2017 kemarin.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Acara NO.624 : NICHKHUN FAN MEETING IN JAKARTA pada Sabtu (27/4) malam di Balai Sarbini diisi dengan berbagai konten menarik yang menghidupkan interaksi Nichkhun 2PM dengan penggemar....
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    B.I sebelumnya telah dikonfirmasi akan menggelar konser B.I 2024 Tour “HYPE UP” in Jakarta pada 15 Juni mendatang di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)