home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Langgar Kode Etik Jurnalistik dengan Rilis Rekaman Ilegal, Big Hit Tuntut Permintaan Maaf dari JTBC

Selasa, 10 Desember 2019 18:20 by fzhchyn | 901 hits
Langgar Kode Etik Jurnalistik dengan Rilis Rekaman Ilegal, Big Hit Tuntut Permintaan Maaf dari JTBC
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Big Hit Entertainment segera merilis pernyataan resmi terkait laporan JTBC ‘Newsroom’ yang mengklaim bahwa BTS akan mengambil tindakan hukum terhadap agensi terkait pembagian keuntungan dan kontrak eksklusif mereka.

Selain menjabarkan posisi dan pendirian mereka terhadap masalah ini dengan bantahan bahwa laporan yang dibuat JTBC sama sekali tidak benar, Big Hit juga menyatakan bahwa JTBC telah melanggar kode etik jurnalistik.

Dalam pernyataannya, agensi menulis, “Sesaat setelah laporan dirilis, ada laporan tentang agensi hiburan lain yang tidak terkait dengan (Big Hit). Kami sangat menyesal bahwa mereka mencoba menghubungkan agensi dengan masalah yang tidak ada hubungannya dengan kami.”

“JTBC membuat klaim berlebihan tanpa memeriksa fakta dengan benar. Mereka tidak hanya mencoba menghubungkan agensi dengan masalah yang sama sekali tidak terkait, tetapi mereka juga menunjukkan perilaku yang membuat kita mempertanyakan apakah mereka memang outlet media yang secara ketat mengikuti kode etik jurnalistik.

Baca juga: Mengintip Menu-menu Kantin HYBE yang Jadi Perbincangan, Ada Nasi Kuning

“Dengan datang ke kantor agensi tanpa konsultasi sebelumnya dan mengajukan pertanyaan tanpa penjelasan yang cukup, mereka memasuki gedung tanpa kartu akses dan menggunakan rekaman yang diambil di dalam (agensi) tanpa izin untuk siaran mereka. Sepertinya mereka tahu itu akan bermasalah, karena mereka memutuskan untuk menghapus rekaman yang diambil tanpa izin sebelum mempostingnya secara online.”

“Kami memiliki rekaman keamanan yang memperlihatkan intrusi reporter JTBC serta video yang digunakan dalam laporan mereka. Kami percaya bahwa sebanyak apapun pers memiliki hak kebebasan berbicara, mereka juga harus mengikuti prosedur dan kebijakan yang tepat ketika meliput berita. Dalam hal ini, kami berencana untuk mengajukan keluhan terkait pelanggaran JTBC.”

“Tidak peduli apa niat JTBC saat melaporkan klaim tersebut, laporan itu tidak benar. JTBC membesar-besarkan sebagian konten dan melaporkannya seolah-olah itu benar, dan agensi serta BTS telah dirugikan oleh laporan yang menghubungkan kami dengan masalah yang tidak terkait. Kami percaya bahwa JTBC merilis laporan itu tanpa mengikuti prosedur yang paling mendasar dan menuntut permintaan maaf dan tanggapan tulus dari JTBC. Terima kasih,” tutup pernyataan Big Hit.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kakak perempuan Danielle NewJeans, Mo Gyuna, memulai debutnya sebagai penyanyi. Sebelumnya pada 16 April, komentar di video OST drama 'HIDE' berjudul 'LAVA' yang dinyanyikan oleh penyanyi GYUNA menarik perhatian online....
  • HOT !
    Park Bo Ram dinyatakan meninggal dunia pada 12 April lalu, setelah ditemukan tidak sadarkan diri di rumah seorang teman saat acara minum bersama. Dia akan dimakamkan pada Rabu, 17 April....
  • HOT !
    Jungkook BTS yang sedang menjalani wajib militer, menjadi topik hangat saat ia membuka akun Instagram untuk anjing peliharaannya yang bernama Jeon Bam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)