home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

‘Dynamite’ vs ‘Life Goes On’, Perbedaan Besar dalam Kesuksesan 2 Lagu BTS

Rabu, 02 Desember 2020 19:30 by fzhchyn | 914 hits
‘Dynamite’ vs ‘Life Goes On’, Perbedaan Besar dalam Kesuksesan 2 Lagu BTS
Image source: GQ Japan

DREAMERS.ID - Dua lagu BTS ‘Dynamite’ dan ‘Life Goes On’ sama-sama menuai kesuksesan dengan menempati posisi No. 1 di chart musik paling bergengsi, Billboard Hot 100. Ini merupakan momen bersejarah mengingat mereka adalah artis Korea pertama yang melakukannya. Namun, ada perbedaan besar dalam kesuksesan kedua lagu ini.

‘Life Goes On’ merupakan lagu utama dari album teranyar BTS ‘BE’ yang rilis pada 20 November lalu. Lagu ini berhasil meruntuhkan tembok chart Hot 100 dengan menjadi lagu berbahasa Korea pertama yang menempati posisi No. 1 dalam 62 tahun.

Pada awal September lalu, BTS juga merayakan pencapaian serupa dengan ‘Dynamite’. Meski dinyanyikan mereka para artis Korea, namun tak sedikit yang menyangsikan apakah itu benar-benar dapat dianggap sebagai bagian dari genre K-Pop.

Kepada Korea Herald, Lee Gyu Tak, seorang studi budaya di George Mason University Korea mengatakan, “Banyak orang yang waspada bahkan sampai sekarang, mengatakan bahwa ‘Dynamite’ menjadi No. 1 karena itu adalah lagu berbahasa Inggris, merendahkan nilai BTS sebagai musisi.”

Dan menambahkan, “‘Life Goes On’ telah membuktikan bahwa BTS dapat berhasil tanpa strategi yang luar bisa yang menargetkan pasar musik AS.” Billboard menyatakan bahwa dalam satu minggu tracking, lagu tersebut berhasil meraih 14,9 juta streaming di Amerika Serikat dan terjual sebanyak 150.000 unit.

Baca juga: Pop-up Store BTS 'MONOCHROME' Akan Hadir di Jakarta pada Mei-Juni

Lee menjelaskan bahwa prestasi ‘Life Goes On’ lebih signifikan, karena dapat mengisyaratkan diversifikasi di industri global. “Ini adalah lagu soft ballad yang menyanyikan kata-kata pelipur lara untuk orang-orang yang lelah akibat pandemi virus.”

“Meskipun tidak jelas apakah lagu dan pesannya dapat berhasil secara komersial, para member mendorong dengan menyuarakan pemikiran jujur mereka dengan cara mereka sendiri, dan ini tampaknya telah memenangkan hati banyak penggemar,” ujarnya.

Kritikus budaya pop Jung Min Jae juga mengatakan bahwa prestasi yang diraih ‘Life Goes On’ menunjukkan bahwa fandom BTS telah mencapai tonggak sejarah baru di AS. “Saat ‘Dynamite’ menikmati pemutaran radio AS yang eksplosif sebagai lagu bahsa Inggris, ‘Life Goes On’ menunjukkan angka yang mengecewakan dalam hal pemutaran radio,” ungkapnya menyatakan ironi radio AS yang masih enggan memutarkan lagu non-Inggris.

Jung menambahkan, “Dan ini membuktikan bahwa BTS sekarang memiliki fandom yang cukup besar untuk menjamin mereka menjadi No. 1 di minggu perilisan hanya dengan streaming dan download digital, serta reputasi yang meningkat di antara masyarakat umum (GP) di AS.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Acara NO.624 : NICHKHUN FAN MEETING IN JAKARTA pada Sabtu (27/4) malam di Balai Sarbini diisi dengan berbagai konten menarik yang menghidupkan interaksi Nichkhun 2PM dengan penggemar....
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    B.I sebelumnya telah dikonfirmasi akan menggelar konser B.I 2024 Tour “HYPE UP” in Jakarta pada 15 Juni mendatang di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)