home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyiar Radio Jerman Tuai Kecaman Usai Buat Komentar Rasis Terhadap BTS

Jumat, 26 Februari 2021 15:50 by fzhchyn | 1968 hits
Penyiar Radio Jerman Tuai Kecaman Usai Buat Komentar Rasis Terhadap BTS
Image source: MTV

DREAMERS.ID - Sebuah stasiun radio asal Jerman, Bayern3 menjadi pusat badai internet setelah salah satu penyiarnya membuat marah fans BTS. Penyiar bernama Matthias Matuschik itu dianggap rasis setelah membandingkan grup dengan virus COVID-19.

Dalam siarannya, Matthias Matuschik mengungkapkan ketidaksukaanya pada cover BTS yang menyanyikan lagu ‘Fix You’ milik Coldplay di MTV Unplugged Presents beberapa waktu yang lalu. Fans tidak mempermasalahkan hal ini karena setiap orang memiliki selera masing-masing.

Namun, Matuschik membandingkan grup dengan virus COVID-19, menggambarkan mereka sebagai "virus buruk yang mudah-mudahan akan segera ada vaksinnya juga." Ia juga mengatakan, "Anak-anak sialan ini menyombong tentang fakta bahwa mereka meng-cover 'Fix You' dari Coldplay, ini penistaan. Untuk ini, kalian akan berlibur di Korea Utara selama 20 tahun ke depan!"

Merasa komentarnya itu bisa menyulut kemarahan, Matuschik mengatakan bahwa apa yang dikatakannya tidak ditujukan ke Korea Selatan. "Kau tidak bisa menuduhku xenofobia," katanya. "Aku punya mobil dari Korea Selatan. Aku punya mobil paling keren."

Baca juga: Stasiun TV Chili Minta Maaf Atas Sketsa Komedi Tentang BTS

Komentar Matuschik yang memicu tuduhan rasisme secara khusus adalah yang terkait dengan virus corona. Seperti yang diketahui, sejak pandemi muncul dari Tiongkok, telah terjadi peningkatan dalam laporan rasisme atau xenofobia terhadap Tiongkok dan orang Asia lainnya.

Setelah berbagai hashtag seperti #Bayern3Apologize dan #Bayern3Racist trending di platform Twiter, pihak stasiun radio kemudian memberikan tanggapan. Bayern3 membela penyiar mereka dan, meski stasiun itu mengakui bahwa Matuschik mungkin bertindak terlalu jauh, dikatakan bahwa itu bukan niatnya.

"Ini adalah karakter dari program ini dan juga dari penyiar untuk mengungkapkan pendapatnya dengan jelas, terbuka dan tanpa cela," kata stasiun radio dalam sebuah pernyataan. "Dalam hal ini, dia melewati batas dalam pilihan kata-katanya dalam upaya untuk menyampaikan pendapatnya dengan cara yang secara ironis dilebih-lebihkan dan dengan kegembiraan yang berlebihan, dan dengan demikian melukai perasaan para fans BTS.”

“Tapi, saat dia meyakinkan kami, ini sama sekali bukan niatnya. Dia hanya ingin mengungkapkan ketidaksenangannya tentang versi cover yang disebutkan di atas."

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Nama Seohyun SNSD kini menjadi topik hangat setelah apa yang terjadi di balik sikap dingin Kim Jung Hyun terungkap. Dukungan terus mengalir untuknya yang sempat mengalami tekanan berat ketika membintangi drama Time....
  • HOT !
    Jelang penayangan drama terbarunya, Jang Nara dan Jung Yonghwa hadir sebagai bintang tamu di program talkshow KBS Problematic Child in House. Mereka juga membahas tentang pandangannya terhadap pernikahan....
  • HOT !
    Drama ‘Navillera’ telah merilis foto teaser untuk episode selanjutnya yang akan tayang pada Selasa (13/04) yang memperlihatkan kedua karakter utama yang diperankan oleh Song Kang dan Park In Hwan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)