home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Hingga Justin Bieber Disensor dari Tayangan 'Friends: The Reunion' di China

Jumat, 28 Mei 2021 13:30 by muthiasp | 911 hits
BTS Hingga Justin Bieber Disensor dari Tayangan 'Friends: The Reunion' di China
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Platform streaming top China menyensor sekitar enam menit materi dari serial spesial HBO Max Friends: The Reunion pada hari penayangannya Kamis (27/5), termasuk potongan video dari BTS hingga Justin Bieber.

Banyak penggemar asal Tiongkok yang sudah menantikan tayangan Friends: the Reunion pun dibuat bingung saat portal streaming iQiyi, Youku dari Alibaba, dan Tencent Video, telah sepenuhnya mengurangi penampilan BTS, Lady Gaga dan Justin Bieber, serta adegan lainnya.

Namun, banyak pula yang menyatakan dukungan untuk penyensoran, menyatakan bahwa mereka yang memfitnah China memang harus dilarang. BTS, Gaga, dan Justin Bieber diketahui pernah dianggap "menghina" China.

Pada Oktober lalu, nasionalis China mengecam BTS karena menghina China dengan tidak menyebutkan pengorbanan tentara China pada Perang Korea, dalam pidato penerimaan untuk hadiah yang merayakan kontribusi grup tersebut terhadap hubungan AS-Korea, yang tidak memiliki hubungan langsung dengan China.

Dalam tayangan Friends: the Reunion, BTS hanya tampil singkat di mana RM mengungkapkan kekagumannya terhadap serial yang telah membantunya belajar bahasa Inggris, serta mengajarinya nilai persahabatan.

Lady Gaga telah mendapat sentimen negatif di Tiongkok sejak dia bertemu pada tahun 2016 dengan Dalai Lama, dan mendiskusikan belas kasih. Beijing menuduh peraih Hadiah Nobel Perdamaian itu sebagai separatis yang berbahaya.

Baca juga: Bikin Nangis! RM BTS Sukses Sentuh Hati Penggemar Lewat Lagu Wild Flower

Sedangkan Justin Bieber pertama kali mendapat kecaman di China pada tahun 2014 karena memotret dirinya sendiri mengunjungi kuil perang Yasukuni yang kontroversial di Tokyo, sebuah situs yang menghormati penjahat Perang Dunia II Jepang bersama dengan korban perang lainnya.

Pada 2017, Biro Kebudayaan Kota Beijing secara resmi melarangnya tampil di negara itu, dengan alasan "serangkaian perilaku buruk" baik di dalam maupun di luar panggung.

Dalam versi HBO Max spesial yang belum dipotong, Lady Gaga muncul selama hampir tiga menit untuk menyanyikan lagu Smelly Catdengan Lisa Kudrow Phoebe. Dia berterima kasih kepada Kudrow karena telah menjadi "orang yang berbeda, orang yang benar-benar menjadi dirinya sendiri" di acara itu.

Kemudian, Justin Bieber tampil mengejutkan dengan memamerkan kostum kentang ikonik dari pertunjukan, "Spudnik".

Sementara itu, durasi tayang asli versi HBO Max adalah 1:43:50, tetapi versi iQiyi menjadi 1:37:54, Tencent Video berdurasi 1:39:23 dan Youku pada 1:40:16. Sekitar pukul 11:30 malam waktu setempat, Tencent Video dan Youku melakukan pemotongan lebih lanjut agar sesuai dengan runtime iQiyi.

Melansir Variety, alasan lainnya China memotong banyak durasi Friends: the Reunion lantaran adanya unsur LGBTQ. Serta tekanan sosial dan pemerintah untuk membersihkan dan "memurnikan" dari industri hiburan yang digambarkan tidak bermoral.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Sekuel film box office Korea 'Veteran' telah mengumumkan jajaran pemain film pertama akan kembali bermain. Seperti Hwang Jung Min, Oh Dal Soo, Jang Yoon Joo, Oh Dae Hwan, dan Jung Hae In bergabung sebagai pemeran utama baru....
  • HOT !
    RM BTS telah tampil di seri konser Tiny Desk! Pada 2 Desember pukul 19:00 KST, hanya beberapa jam setelah merilis album solonya ‘Indigo’, RM tampil di NPR Tiny Desk (Home) Concert untuk membawakan beberapa lagu solonya....
  • HOT !
    Dalam teaser pertama untuk Netflix Harry & Meghan, Pangeran Harry dan Meghan Markle berbagi foto pribadi dari kehidupan keluarga mereka, termasuk foto intim pasangan dan Duchess yang sedang hamil....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)