home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Hingga Justin Bieber Disensor dari Tayangan 'Friends: The Reunion' di China

Jumat, 28 Mei 2021 13:30 by muthiasp | 948 hits
BTS Hingga Justin Bieber Disensor dari Tayangan 'Friends: The Reunion' di China
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Platform streaming top China menyensor sekitar enam menit materi dari serial spesial HBO Max Friends: The Reunion pada hari penayangannya Kamis (27/5), termasuk potongan video dari BTS hingga Justin Bieber.

Banyak penggemar asal Tiongkok yang sudah menantikan tayangan Friends: the Reunion pun dibuat bingung saat portal streaming iQiyi, Youku dari Alibaba, dan Tencent Video, telah sepenuhnya mengurangi penampilan BTS, Lady Gaga dan Justin Bieber, serta adegan lainnya.

Namun, banyak pula yang menyatakan dukungan untuk penyensoran, menyatakan bahwa mereka yang memfitnah China memang harus dilarang. BTS, Gaga, dan Justin Bieber diketahui pernah dianggap "menghina" China.

Pada Oktober lalu, nasionalis China mengecam BTS karena menghina China dengan tidak menyebutkan pengorbanan tentara China pada Perang Korea, dalam pidato penerimaan untuk hadiah yang merayakan kontribusi grup tersebut terhadap hubungan AS-Korea, yang tidak memiliki hubungan langsung dengan China.

Dalam tayangan Friends: the Reunion, BTS hanya tampil singkat di mana RM mengungkapkan kekagumannya terhadap serial yang telah membantunya belajar bahasa Inggris, serta mengajarinya nilai persahabatan.

Lady Gaga telah mendapat sentimen negatif di Tiongkok sejak dia bertemu pada tahun 2016 dengan Dalai Lama, dan mendiskusikan belas kasih. Beijing menuduh peraih Hadiah Nobel Perdamaian itu sebagai separatis yang berbahaya.

Baca juga: BTS Meluncurkan Inisiatif Kesehatan Mental #OnMyMind Bersama UNICEF

Sedangkan Justin Bieber pertama kali mendapat kecaman di China pada tahun 2014 karena memotret dirinya sendiri mengunjungi kuil perang Yasukuni yang kontroversial di Tokyo, sebuah situs yang menghormati penjahat Perang Dunia II Jepang bersama dengan korban perang lainnya.

Pada 2017, Biro Kebudayaan Kota Beijing secara resmi melarangnya tampil di negara itu, dengan alasan "serangkaian perilaku buruk" baik di dalam maupun di luar panggung.

Dalam versi HBO Max spesial yang belum dipotong, Lady Gaga muncul selama hampir tiga menit untuk menyanyikan lagu Smelly Catdengan Lisa Kudrow Phoebe. Dia berterima kasih kepada Kudrow karena telah menjadi "orang yang berbeda, orang yang benar-benar menjadi dirinya sendiri" di acara itu.

Kemudian, Justin Bieber tampil mengejutkan dengan memamerkan kostum kentang ikonik dari pertunjukan, "Spudnik".

Sementara itu, durasi tayang asli versi HBO Max adalah 1:43:50, tetapi versi iQiyi menjadi 1:37:54, Tencent Video berdurasi 1:39:23 dan Youku pada 1:40:16. Sekitar pukul 11:30 malam waktu setempat, Tencent Video dan Youku melakukan pemotongan lebih lanjut agar sesuai dengan runtime iQiyi.

Melansir Variety, alasan lainnya China memotong banyak durasi Friends: the Reunion lantaran adanya unsur LGBTQ. Serta tekanan sosial dan pemerintah untuk membersihkan dan "memurnikan" dari industri hiburan yang digambarkan tidak bermoral.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Park Eun Bin kemungkinan akan bekerja sama lagi dengan sutradara 'Extraordinary Attorney Woo'! Pada 23 April, STARNEWS mengabarkan bahwa sang aktris akan membintangi drama baru 'The B Team' (judul sementara)....
  • HOT !
    ILLIT kembali mencatat sejarah dengan lagu debutnya 'Magnetic'! Kurang dari satu bulan sejak dirilis pada 25 Maret lalu, lagu tersebut telah meraih predikat Perfect All Kill (PAK)....
  • HOT !
    CEO ADOR Min Hee Jin, yang saat ini hampir dipecat dari posisinya oleh HYBE, menyebut ILLIT sebagai “peniru NewJeans” dan menyebut girl group tersebut sebagai sumber perselisihannya dengan perusahaan induk....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)