home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Intip Biaya Fantastis yang Dihabiskan Para Agensi Korea untuk Debutkan Sebuah Grup Idola

Jumat, 20 September 2013 15:50 by citra09 | 7157 hits
Intip Biaya Fantastis yang Dihabiskan Para Agensi Korea untuk Debutkan Sebuah Grup Idola
tumblr.com

DREAMERSRADIO.COM - Korea Selatan kini memang menjadi sumbernya para grup idola. Bayangkan saja, dalam waktu satu tahun, kita bisa menyaksikan puluhan grup idola baru yang debut ke panggung musik. Meski terlihat mudah untuk mendebutkan sebuah grup, tapi tahukah kalian bahwa para agensi sebenarnya harus berusaha cukup keras untuk bisa membentuk sebuah grup idola k-pop?

Tak hanya mengenai konsep, para agensi pun harus menghabiskan biaya yang cukup fantastis ketika mereka akan mendebutkan sebuah grup idola baru. Di Industri musik Korea, untuk bisa mendebutkan sebuah grup, mereka harus menghabiskan dana sekitar 400 ribu dollar AS atau sekitar Rp 4,6 Miliar. Harga tersebut saja bahkan masih bisa dikatakan murah dan tak terlalu fantastis.

Di agensi besar, ongkos untuk membiayai para trainee setiap bulan saja bisa mencapai ratusan ribu dollar. Di agensi yang menaungi Wonder Girls, 2PM, dan miss A, JYP Entertainment harus menghabiskan sekitar 200 ribu dollar AS (sekitar Rp 2,3 Miliar) untuk melatih para trainee yang akan debut. JYP membayar untuk kelas bahasa Inggris, kelas latihan dance, kelas bernyanyi, asrama, dan lainnya untuk 40 trainee, dan setiap trainee menghabiskan biaya sekitar 5000 dollar AS atau sekitar Rp 60 juta.

Baca juga: Melihat Tren 'Silver Spoon' Terjun ke Dunia Hiburan, Sudah Kaya Mau Jadi Idola

Seorang perwakilan JYP Entertainment, Jung Wook mengungkapkan, “Masih banyak yang harus dilewati dalam kelas menyanyi, seperti nada dan kemampuan menyanyi mereka. Dan terdapat 70 kurikulum yang berisi detail pendidikan yang harus diterima oleh para trainee. Ini menghabiskan ongkos lebih dari 2 juta dollar AS (Rp 23 Miliar) setiap tahunnya.”

Hal yang sangat disayangkan adalah ketika sebuah agensi sudah menghabiskan angka yang fantastis untuk membiayai para trainee asuhannya untuk debut, namun sayangnya apa yang diusahakan tak sesuai dengan hasilnya. Contohnya adalah para rookie yang debut dengan biaya yang mahal, namun popularitas yang diterima tak sebanding dengan apa yang telah diperjuangkan. Bisa dikatakan, hampir semua agensi harus menerima resiko kerugian yang cukup besar, terutama bagi agensi yang tak terlalu besar. Gimana menurut kalian? (ctr)  

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)