SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Exclusive Interview Dreamers Radio with Geeks

Jumat, 13 Desember 2013 19:00 by syaifan | 2913 hits
Exclusive Interview Dreamers Radio with Geeks
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Buat sebagian orang, nama Geeks di ranah musik hip hop memang belum begitu dikenal. Jangankan di luar negeri, di Korea Selatan sendiri belum tentu warganya mengenal duo beranggotakan Lil Boi dan Louie ini.

Justru itu, grup yang memulai debutnya pada 2011 silam ini berusaha keras agar karya mereka berhasil diterima pecinta musik. ‘Officially Missing You’ yang mereka nyanyikan barulah awal dari langkah mereka ketika mendapatkan respon positif dari para penggemar musik.

Akhir November lalu, Dreamers Radio berkesempatan mendatangkan Geeks langsung dari Korea ke Jakarta yang ternyata memiliki basis penggemar yang tak terduga jumlahnya. Mereka berdua senang bukan kepalang ketika untuk pertama kalinya menggelar konser di luar negeri dan memiliki penggemar yang tahu banyak tentang mereka.

Tentu saja, kesempatan berbincang dengan Lil Boi yang memiliki nama asli Oh Seung Taek dan Hwang Moon Seop yang memilih Louie sebagai nama panggungnya berlangsung cukup lama karena kami menemani mereka selama tiga hari berturut-turut.

Wawancara pun kami lakukan mulai dari bandara, mobil, hotel, Dreamers Radio, hingga restoran. Keduanya sangat menikmati suasana Jakarta yang hangat saat itu. Ragam topik mulai dari musik, karir, cicak, hangover, hingga percintaan diceritakan dengan ramah oleh Geeks ekslusif untuk Dreamers.

Berikut petikannya! (Syf)

Dreamers Radio (DR) : Halo, Geeks! Apa kabar? Bagaimana rasanya setelah mendarat di Jakarta?

Louie (L) : Hai! Sangat menyenangkan! Kami sangat baik! Cuacanya sangat hangat di sini. Aku suka.

Lil Boi (LB) : Baik! Sangat menyenangkan akhirnya kami bisa datang ke Jakarta!

DR : Ini pertama kalinya kalian ke Jakarta, Indonesia, apa yang kalian tahu tentang negara kami?

L : Aku sebenarnya tidak tahu banyak, mungkin hanya Indonesia itu masih bagian dari Asia, dan Bali tentunya.

LB : Ya, Bali!

DR : By the way, penampilan kalian nanti akan jadi penampilan luar negeri pertama kalian bukan? Bagaimana perasaannya?

L : Jujur, aku tidak pernah membayangkan bahwa kami akan tur ke luar negeri. Ke Indonesia, ke negara yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya. Dan kami juga tidak tahu apakah akan ada yang menonton saat kami tampil nanti. Ha-ha.

LB : Yang aku tahu hanya membuat musik setiap hari, dan aku merasa sangat senang bisa tampil di luar negeri.

DR : Oh ya, ternyata masih banyak yang belum tahu tentang Geeks. Bisa kalian ceritakan awal mula terbentuknya Geeks?

L : Aku dan Lil Boi mulai membentuk grup ini sekitar tahun 2010. Saat itu kami hanya nge-rap biasa, belum ada keinginan untuk menjalaninya secara serius. Perlahan kami terus tampil di acara-acara kecil di daerah Hongdae, Seoul. Di sana adalah tempat nongkrongnya anak-anak muda Korea yang kreatif, di sana kami suka bikin acara-acara musik yang seru-seru. Di situ lah kami memulai karir Geeks ini, sampai akhirnya kami memutuskan untuk debut bersama Grandline Entertainment pada 2011.

LB : Ya, kami mulai dari situ, dari panggung hip hop jalanan, sampai akhirnya kami memutuskan untuk serius di karir musik kami.

DR : Apa yang kalian rasakan setelah mulai banyak dikenal orang, karena kalian mulai sering muncul di TV bersama penyanyi-penyanyi Korea lainnya?

L : Sebenarnya tidak begitu banyak, kami menjalankan kehidupan kami seperti biasa. Hanya saja kali ini kami punya penggemar yang buat kami seperti teman sendiri.

LB : Kami juga dapat banyak pengalaman dengan bertemu banyak artis dan musisi favorit kami yang mungkin tidak akan kami dapatkan kalau kami tidak memilih jalan ini tahun lalu. Dan lagi, jadi banyak orang yang mendengarkan musik kami, itu sangat menyenangkan.

DR : Apakah kalian pernah merasa sebagai seorang artis atau idol setelah debut? Dan ternyata banyak cewek-cewek yang berteriak histeris ketika datang ke konser kalian atau melihat kalian di TV.

L : Aku tidak pernah merasa seperti itu, aku tidak pernah berpikir bahwa aku adalah seorang idol atau apa pun. Aku hanya rapper, dan aku menyikapinya biasa saja.

LB : Sama dengan Louie, kami tidak pernah merasa seperti idol atau bintang lainnya. Kami hanya merasa sebagai seorang rapper yang masih butuh banyak belajar.

DR : Meski baru dua tahun debut, kalian sudah menorehkan banyak prestasi, mulai dari kolaborasi dengan banyak penyanyi ternama, hingga akhirnya kalian memiliki penggemar di luar negeri seperti di Jakarta saat ini. Apa resep kalian hingga bisa seperti sekarang?

L : Kami hanya mencoba membuat musik sebaik mungkin, dan sejauh ini kami sangat bersyukur banyak yang menyukai musik kami. Dan memang, kesempatan berkolaborasi dengan musisi lain jadi salah satu keberuntungan kami.

DR : Kalian baru saja merilis album penuh terbaru kalian, ‘Backpack’. Bisa ceritakan?

LB : Ya, ini adalah album penuh kami yang rilis Februari lalu, dan kami sangat bangga karena respon dan kritik yang diberikan kepada kami sangat bagus. Kami juga akan mencoba menghsilkan album yang lebih baik lagi di waktu yang akan datang.

L : Ada banyak kolaborasi juga di album ini, dan kami sangat beruntung bisa tampil bersama penyanyi-penyanyi beken seperti IU, Ailee, Harim hingga rapper-rapper kenamaan Korea lainnya.

DR : Siapa inspirasi terbesar kalian di album ini? Atau mungkin rapper lain yang menginspirasi kalian?

L : Orang tua. Orang tua adalah salah satu inspirasi terbesarku disamping musisi seperti Eminem, Drake dan rapper-rapper Korea seperti Verbal Jint, Tiger JK, hingga yang paling aku suka, Swings. Aku juga mendengarkan Jinu Sean waktu kecil, dia adalah inspirasi terbesarku.

LB : Banyak sekali, aku suka mendengarkan lagu-lagu Eminem, Jay-Z dan juga rapper Korea favoritku seperti Dynamic Duo, dan juga E-Sens.

DR : Tema apa yang paling kalian andalkan ketika menulis lagu?

L : Mungkin cinta. Itu tema yang tidak akan pernah membosankan. Ha-ha.

LB : Ya, kami memang lebih sering menulis lagu tentang cinta. Atau juga tema-tema kehidupan kami di Seoul sehari-hari. Seperti itu.

DR : Itu berdasarkan pengalaman pribadi atau orang lain?

L : Sebagian dari pengalaman pribadi. Tapi lebih banyak dari orang lain. Ha-ha.

LB : Ya, memang lebih banyak pengalaman orang lain, teman-teman dekat kami, lalu kami tulis menjadi sebuah lagu. Ha-ha.

DR : Lalu, apa jadinya yang membedakan kalian dengan grup hip hop lainnya? Karena selain kalian, ada banyak juga grup hip hop dan rapper asal Korea Selatan yang mulai go international. Seperti Drunken Tiger dengan proyek MFBTY-nya mungkin.

L : Kami mencoba menyajikan musik seorisinil mungkin dengan gaya kami sendiri. Dan jika kalian mendengarkan lagu Geeks, ya itulah kami.

LB : Kami mungkin punya beberapa hook yang mudah dikenali. Dan lagi, aku dan Louie mencoba sebaik mungkin untuk memberikan ciri khas dari musik-musik yang kami produksi.

DR : Kalian juga suka menyelipkan lirik berbahasa Inggris di lagu-lagu kalian. Yang sebenarnya itu wajar digunakan rapper dari negara manapun. Tapi lebih nyaman mana nge-rap menggunakan bahasa Korea dengan bahasa Inggris?

L : Aku suka bahasa Inggris, karena itu memang asal muasal rapper. Tapi aku sendiri lebih nyaman dan asyik menyanyikan lirik-lirik kami dengan bahasa kami sendiri. Itu lebih menyenangkan.

Baca juga: Terjun Jadi Penyanyi, Lee Hyun Woo Gaet Louie Geeks Untuk Single Debutnya

LB : Ya, betul. Aku juga lebih asyik menggunakan bahasa Korea di lagu-lagu kami. Untuk bahasa Inggris, itu hanya sisipan-sisipan saja agar kesan ‘swag’-nya tetap terjaga. Ha-ha.

DR : Sebuah majalah di Amerika menyebutkan bahwa G-Dragon (Big Bang) adalah rapper terbaik di Korea saat ini. Bahkan ia juga disebut sebagai salah satu alasan mengapa kami harus berkunjung ke Seoul oleh CNN. Dan oh ya, dia juga baru saja memborong banyak penghargaan di MAMA 2013. Bagaimana tanggapan kalian?

LB : Hmm.. menurutku, GD memang hebat. Dia bisa melakukan banyak hal, dan saat ini, dia memang kami akui sebagai salah satu produser terbaik di Korea.

L : Ya, dia hebat. (Menahan tawa) Ha-ha.

DR : Jadi, siapa rapper Korea terbaik saat ini menurut kalian?

L : Dynamic Duo dan Swings.

LB : E-Sens (Supreme Team).

L : Wow, apa itu?!

DR : Itu cicak. Di negara kami, ada mitos yang mengatakan jika orang yang baru datang ke Indonesia melihat cicak, maka itu adalah sebuah good luck.

L : Oh ya, serius? Wow!

DR : Omong-omong soal Indonesia lagi, apa yang ingin kalian coba dari makanan kami di sini?

LB : Kami dengar nasi gorengnya sangat enak, dan aku sudah coba semalam.

L : Iya, nasi goreng! Aku sangat suka nasi goreng! Nasi goreng Indonesia sangat enak! (Belakangan Louie mengunggah foto Nasi Goreng Kampung Dreamers Cafe di akun Instagramnya).

DR : Sejauh ini, bagaimana dengan Jakarta? Apa kalian suka?

L : Ya, kami suka dengan cuacanya. Beberapa fans juga ada yang datang pagi-pagi ke hotel memberikan hadiah, juga ikut menemani kami siaran di Dreamers Radio.

LB : Sama seperti Louie, aku juga suka. Tapi memang macetnya sedikit menyebalkan. Seperti tempat parkir. Ha-ha. Tapi kami santai saja.

DR : Apa kalian bisa nyanyikan sedikit freestyle sekarang? Tentang suasana Jakarta sore ini?

LB : Coba Louie, aku tidak biasa freestyle! Ha-ha.

L : Oke, aku akan melakukannya sedikit dalam bahasa Korea. (Kemudian menyanyikan sekitar dua bar rap tentang Jakarta)

DR : Itu keren! Kalian memang keren. Oh ya, untuk Lil Boi, kami dengar kamu baru saja berkolaborasi dengan Hyorin ‘SISTAR’. Bisa ceritakan?

L : Oh iya, itu sangat keren. Aku sangat senang diajak berpartisipasi di album solo perdananya. Dan dia sangat hebat sekali, dia seksi! Badass! Ha-ha!

DR : Bagaimana dengan proses kreatifnya sendiri?

L : Tidak terlalu rumit, aku mengerjakannya juga tidak begitu lama. Kami memang sudah kenal cukup lama. Dan itu sangat seru, kamu mau dengarkan lagunya? Ini belum rilis, lho. (Lagu mereka baru rilis beberapa hari setelah wawancara)

DR : Lalu, setelah album ‘Backpack’ ini, apa rencana kalian berikutnya? Apa kalian akan merilis album dalam waktu dekat?

LB : Untuk saat ini, kami mungkin akan fokus promo ke beberapa negara seperti Indonesia dan Jepang. Untuk album, belum ada. Tapi Louie, dia akan merilis album solonya dalam waktu dekat.

L : Ya, aku akan merilis album soloku pada Januari 2014 mendatang. Aku akan berkolaborasi dengan beberapa penyanyi Korea. Yang jelas, ini akan sangat keren. Kalian harus dengarkan.

DR : Berarti kamu juga harus kembali ke sini lagi untuk mempromosikan album solo itu!

L : Wah, betul juga! Mudah-mudahan ada kesempatan buat kembali ke sini lagi! He-he.

DR : Bagaimana dengan keseharian kalian berdua di Korea?

LB : Aku lebih sering berdiam diri di dalam studio sambil menulis lagu kalau sedang tidak ada jadwal manggung. Itu saja.

L : Sama, tapi mungkin aku lebih sering jalan-jalan keluar dibanding Lil Boi. Kalau sedang tidak ada rekaman atau manggung, aku biasanya lebih sering ke tempat-tempat nongkrong yang keren di Korea. Hongdae adalah favoritku. Ha-ha.

DR : Kalian hanya menulis lagu? Bagaimana dengan pacar-pacar kalian?

LB : Aku single. Aku tidak punya pacar, tidak ambil pusing. Jadi bisa terus bikin lagu. Ha-ha.

L : Sama, aku juga. Jadi lebih santai.

LB : Bohong! Louie itu sebenarnya sedang galau. Dia baru putus dengan pacarnya belum lama ini. Ha-ha!

DR : Kalian terlihat sangat akrab sekali. Sudah sejauh apa kalian saling mengenal? Apa yang kalian suka dan tidak kalian suka dari masing-masing member?

L : Yeah, kami memang sangat dekat. Hampir tidak ada yang jelek dari Lil Boi, dia adalah teman yang baik. Kami, Geeks! (melakukan high five dengan Lil Boi)

LB : Ha-ha. Iya kami dekat, aku suka dengan cara bernyanyinya Louie. Dia memang sangat cocok denganku di Geeks. Tapi aku tidak suka ketika dia sudah mabuk, itu menyebalkan. Ha-ha. Dia juga kadang suka tidak tepat waktu. Tapi, kami tetap sahabat. Ha-ha.

DR : Terakhir, ada yang ingin kalian sampaikan kepada penggemar kalian di Indonesia?

L : Kami sangat mencintai kalian! Kalian hebat, aku tidak menyangka akan punya penggemar di negara yang sangat jauh sekali dari rumahku. Terima kasih atas dukungan yang kalian berikan kepada kami. Terima kasih, Indonesia!

LB : Terima kasih penggemar Indonesia! Aku cinta kalian! Kalian sangat luar biasa! Terima kasih!

 

Komentar
  • HOT !
    Bukan pertama kalinya penyanyi wanita, Audy dikomentari mengenai bentuk tubuhnya yang gemuk. Audy memang dikenal sebagai salah satu wanita yang cuek dengan penampilan, bahkan setelah menikah dengan Iko Uwais dan melahirkan anak, Audy tetap percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang berisi....
  • HOT !
    Sekilas dalam sebuah video kalender tahunan yang dipublikasikan LOVETV by LOVE Magazine di YouTube, Senin (11/1/2/2017), penampilan Gigi Hadid tetap memukau seperti biasanya. Mengenakan pakaian sport seksi berwarna merah, netizen gagal fokus dengan bulu ketiak Gigi....
  • HOT !
    Saat ini tengah bermunculan banyak boy group K Pop dengan ciri khas masing masing. Tak hanya di negaranya, beberapa nama boy group K Pop diketahui juga telah ‘merajai’ negara lain dengan hasil karya mereka....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)