SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BBC Sebut Kontroversi Tzuyu TWICE Jadi Bukti 'Sisi Gelap' Industri Musik di Asia

Jumat, 29 Januari 2016 15:38 by citra09 | 5990 hits
BBC Sebut Kontroversi Tzuyu TWICE Jadi Bukti 'Sisi Gelap' Industri Musik di Asia
Image source: Newsen

DREAMERS.ID - Kontroversi kewarganegaraan yang melibatkan member TWICE, Tzuyu hingga kini masih menjadi perbincangan hangat dan menjadi sorotan media internasional, termasuk BBC. Baru-baru ini, media asal Inggris tersebut pun membuat artikel yang cukup menarik perhatian terutama di Korea.

Dalam artikel tersebut, BBC menyebutkan bahwa kontroversi Tzuyu tersebut menjadi bukti dari sisi gelap industri musik di Asia, terutama di Korea dan Jepang. Artikel tersebut menjelaskan bagaimana kehidupan pribadi seorang idola di Jepang maupun Korea bisa dikontrol oleh agensinya, yang jauh berbeda dengan industri musik di negara Barat.

Penggemar K-Pop pasti mengetahui bahwa agensi para idola K-Pop sering melarang artis asuhannya berpacaran selama beberapa tahun pertama setelah mereka debut. Hal serupa bahkan yang lebih sadis ternyata juga terjadi di industri musik Jepang, di mana para artis bisa dituntut jika ketahuan berpacaran atau menikah karena merupakan bagian dari kontrak mereka.

Dikutip dari artikel BBC, Mark Rusell, yaitu seorang ahli di industri K-Pop memberikan alasannya mengapa warga Taiwan begitu marah melihat Tzuyu meminta maaf lewat sebuah video yang terkesan seperti dipaksa oleh pihak JYP Entertainment dan menganggap JYP telah melanggar hak kebebasan Tzuyu.


Tzuyu saat meminta maaf lewat video (Image: JYP Entertainment)

Ia menjelaskan bahwa Korea ‘memberikan penekanan kuat terhadap rasa kerendahan hati’ yang bisa menjadi suatu hal yang ‘terlalu ekstrim’ bagi negara lainnya. Ia menjelaskan bahwa dalam kasus ini, warga Taiwan mempertanyakan mengapa Tzuyu harus meminta maaf karena memegang bendera Taiwan, yaitu negara kelahirannya sendiri, serta menganggap bahwa permintaan maaf Tzuyu adalah hal yang memalukan dan tak seharusnya dilakukan.

Baca juga: Member TWICE dan 2PM Ini Beberkan Perlakuan Sangat Berbeda yang Didapat dari Bos JYP!

Artikel tersebut juga menyebutkan bukti bagaimana kerasnya industri musik di Jepang, seperti boy group SMAP yang baru-baru ini meminta maaf di hadapan publik dan agensinya karena mencoba untuk bubar dan meninggalkan agensinya.


Image source: BBC

Salah satu member AKB48, Minami Minegishi juga menjadi bukti lain ‘sisi gelap’ industri musik di Jepang, di mana ia sampai meminta maaf hingga menggunduli kepalanya demi bisa tetap bergabung bersama grupnya setelah ketahuan bermalam bersama sang kekasih.

Bagaimana menurutmu, Dreamers?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Kejadian insiden dalam aksi sulap berbahaya ‘Death Drop’ Demian Aditya memang masih membekas di ingatan masyarakat. Meski merupakan kedua kalinya aksi ini dilakukan, Demian justru harus merelakan stuntman nya, Edison Wardhana terluka dan harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Namun siapa sangka, Edison yang merupakan korban dari aksi ini berniat bermain Death Drop lagi....
  • HOT !
    Usai kurang lebih setahun hiatus dari kegiatan grup, pada Oktober lalu, girl group Oh My Girl resmi ditinggal oleh satu membernya, JinE karena masalah kesehatan. Kontrak eksklusifnya pun dibatalkan sehingga kini girl group tersebut hanya memiliki 7 member....
  • HOT !
    Sebagai seorang aktor, keberadaan Dwayne Johnson alias The Rock memang patut diperhitungkan. Pria berbadan kekar ini baru saja menerima ‘Hollywood Walk of Fame’ di Hollywood Boulevard, Los Angeles. Apresiasi tersebut diketahui hanya diberikan pada bintang bintang dengan pencapaian tinggi di ranah hiburan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)