SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Sindir Halus Praktik Ilegal di Industri Musik Saat Tampil di MGA 2018?

Rabu, 07 November 2018 16:00 by zia92 | 3825 hits
BTS Sindir Halus Praktik Ilegal di Industri Musik Saat Tampil di MGA 2018?
Image source: star.mk.co.kr

DREAMERS.ID - Ajang MBC Plus x Genie Music Awards (MGA) 2018 telah digelar meriah pada 6 November. Selain memberikan penghargaan untuk para artis atas prestasi dan pencapaian dalam setahun terakhir, penampilan pengisi acara di atas panggung juga sangat dinantikan, termasuk BTS yang berhasil memborong banyak piala.

BTS tampil membawakan beberapa lagu hitsnya, dan juga melakukan kolaborasi dengan Charlie Puth. Namun saat mereka tampil membawakan lagu ‘I’m Fine’ dan ‘IDOL’, fans khususnya menemukan sesuatu yang menarik dengan outfit yang dipakai Jin.

Jin terlihat edgy mengenakan white shirt dan tight black pants. Jika diperhatikan memang tidak ada yang aneh dengan penampilannya, namun huruf S besar yang tercetak di kemeja tersebut rupanya memiliki arti yang lain.

Pakaian seperti ini pernah dikenakan oleh band punk rock Amerika Dead Kennedys saat mereka diundang untuk tampil di Bay Area Awards tahun 1980 silam. Semua personel band mengenakan kemeja putih dengan huruf S hitam besar yang dicat di bagian depan ditambah dasi untuk membentuk simbol dolar.

Baca juga: Gaon Chart Rilis Daftar 10 Artis dengan Penjualan Album Fisik Terlaris Sejak 2010

Pada saat itu Dead Kennedys diminta tampil membawakan lagu underground  hits mereka yang berjudul ‘California Über Alles’. Namun baru 15 detik menyanyikan lagu tersebut, mereka menghentikan penampilan dan mengganti lagu dengan membawakan ‘Pull My Strings’, sebuah lagu sindiran keras terhadap etika industri musik mainstream.

Dead Kennedys memang dikenal sering mengangkat isu-isu politik, menyindir politikus, dan juga budaya populer bahkan gerakan punk itu sendiri, serta menyinggung payola di industri musik. Payola sendiri dalam industri musik merupakan praktik ilegal di mana perusahaan label atau pihak lain yang berkepentingan membayar stasiun radio untuk memutar lagu artis tertentu baik dengan uang maupun barang.

Bagaimana menurutmu Dreamers? Apa ini bentuk sindiran halus BTS untuk industri musik atau hanya kebetulan?

(fzh)

  • HOT !
    TWICE belum lama ini dikonfirmasi akan tampil di ‘KĊhaku Uta Gassen’, salah satu acara musik paling terkenal di Jepang. Namun hal tersebut ternyata mendapat tentangan dari seorang politikus ‘sayap kanan’ (gerakan anti Korea) bernama Onedera Masaru....
  • HOT !
    Chart terbaru dari Billboard yang menunjukkan daftar album terpopuler dari seluruh dunia telah dirilis. Dari 15 album yang ada dalam chart Billboard World Albums untuk pekan yang berakhir pada 17 November, 11 diantaranya merupakan album K Pop!...
  • HOT !
    Banyak drama bagus yang tayang di bulan November ini yang tentunya menjadi favorit para penikmat K Drama dan persaingan yang ketat untuk perolehan rating penonton pun tak bisa dihindari....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)