SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Grup Idola Ini Diduga Lipsync Saat SBS Gayo Daejun 2018, Fans Kecewa Tapi Maklum?

Kamis, 27 Desember 2018 13:50 by zia92 | 4272 hits
Dua Grup Idola Ini Diduga Lipsync Saat SBS Gayo Daejun 2018, Fans Kecewa Tapi Maklum?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - “Bernyanyi secara live atau Lipsync” selalu menjadi topik yang kontroversial di musim festival musik seperti saat ini. Dan yap, kontroversi ini sekali lagi menyeruak saat SBS Gayo Daejun 2018 digelar pada 25 Desember lalu.

Festival musik akhir tahun dari SBS tersebut secara resmi berakhir dengan menampilkan banyak pertunjukkan yang mengesankan di Hari Natal. Meski bukan ajang penghargaan, acara tersebut masih menjadi topik hangat bagi fans untuk berbedat soal audio, pencahayaan, hingga camerawork pada para artis.

Dan seperti semua acara musik akhir tahun yang terjadi sebelumnya (dan yang akan diadakan nanti), artis yang live dan lipsync pasti akan menjadi pembicaraan oleh banyak fans karena orang percaya bahwa penampilan panggung yang live membuktikan kekuatan serta sikap dari sang artis.

Bahkan sebelum acara dimulai, foto setlist dari program tersebut sudah tersebar luas di media sosial dan memicu kontroversi tentang urutan penampil. Dan saat program berakhir, netizen menyelidiki siapa saja artis yang tampil live dan yang tampil lipsync dengan melihat kembali setlist tersebut.

Foto di atas merupakan setlist untuk penampilan di SBS Gayo Daejun 2018 bagian kedua. Yang berwarna hijau adalah penampilan yang sudah direkam sebelumnya alias pre-recording. Sementara kolom keempat dari kanan menunjukkan musik latar apa yang akan dipakai oleh masing-masing artis saat penampilan mereka.

Rupanya, sebagian besar artis yang tampil di bagian kedua menggunakan MR (Music Record). Sebagai informasi, MR hanya menyertakan musik latar dan adlib, sehingga sebagian besar artis atau musisi yang bernyanyi secara live menggunakan musik latar ini.

Baca juga: Stylist Ungkap Fakta dari Kontroversi Outfit Panggung Hwasa MAMAMOO dan Kai EXO di SBS Gayo 2018

Dari sekian banyak pengisi acara yang menggunakan MR, banyak orang yang menyadari bahwa ada 3 penampilan yang menggunakan Live AR (All Record). AR adalah jenis rekaman yang mencakup musik latar belakang dan vokal (sebagian maupun keseluruhan). Penggunaa Live AR cukup umum di festival musik saat ini, dan biasanya para artis akan menyanyikan bagian yang sudah direkam sebelumnya, tidak semuanya.

Dalam setlist di atas, kita dapat melihat bahwa Wanna One, TWICE, dan special stage kolaborasi JB GOT7, Seungyoon WINNER, DK Seventeen, Doyoung NCT, dan Jaehwan Wanna One menggunakan Live AR. Namun jika dibandingkan dengan penampilan kolaborasi ‘Don’t Stop Me Now’, penampilan Wanna One dan TWICE dianggap lebih mengecewakan.

Jika diperhatikan, ada catatan kecil di bawah teks Live AR. Seperti yang bisa dilihat, pada penampilan ‘Don’t Stop Me Now’ ada catatan ‘MIC ON’ sementara pada penampilan Wanna One dan TWICE ada catatan ‘MIC OFF’. Banyak yang percaya bahwa catatan ini menunjukan bahwa JB, Seungyoon, DK, Doyoung, dan Jaehwan bernyanyi langsung dengan latar musik yang sudah direkam sedangkan Wanna One dan TWICE melakukan lipsync dari awal hingga akhir.

Mengingat foto tersebut hanya menunjukkan penampilan di bagian kedua, tidak diketahui apakah ada artis lain di bagian pertama yang menggunakan Live AR/MIC OFF seperti dua grup itu. Namun yang jelas, hal tersebut membuat banyak orang kecewa, apalagi saat artis lainnya bernyanyi live untuk menunjukkan rasa hormat pada penonton.

Namun masih banyak yang memaklumi hal tersebut dan membela TWICE dan Wanna One. Mereka menganggap bahwa dua grup ini terpaksa lipsync karena masalah kesehatan member. Faktanya, tepa sebelum acara dimulai, JYP Entertainment mengumumkan absennya Mina dari penampilan karena kondisi kesehatannya. Selain itu, banyak juga fans yang mengatakan bahwa lipsync tidak cukup bagi penonton untuk menyangkal kemampuan para member.

(fzh)

  • HOT !
    Margot Robbie berhasil mendapatkan peran sebagai Sharon Tate yang beradu akting dengan Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt dalam film ‘Once Upon a Time in Hollywood’. Robbie ternyata tak pernah mengikuti audisi film untuk peran tersebut....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, kabar bahagia datang dari aktor So Ji Sub yang akhirnya diumumkan menjalin hubungan asmara dengan seorang reporter cantik, Jo Eun Jung. Kabar terbaru mengatakan bahwa So Ji Sub sudah membeli rumah untuk menikah....
  • HOT !
    Konser Super Show 7S in Jakarta berlangsung sukses pada Sabtu (15/6) malam tadi. Tidak hanya dipenuhi oleh ribuan penggemar, tetapi beberapa selebriti Indonesia juga hadir. Salah satunya Dira Sugandi yang memang sudah dikenal dekat dengan member Super Junior....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)