SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inikah Alasan K-Pop Sangat Laku di Negara-negara Asia Tenggara?

Jumat, 12 Juli 2019 08:21 by zia92 | 1135 hits
Inikah Alasan K-Pop Sangat Laku di Negara-negara Asia Tenggara?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Bagi setiap grup K-Pop, selain pasar Korea, agensi hiburan selalu merambah ke pasar di luar negeri untuk memperluas pengaruh grup tersebut. Dapat dengan mudah dilihat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, grup K-Pop papan atas dari generasi baru seperti BTS, BLACKPINK, TWICE, GOT7, dan semuanya menekankan serta fokus pada negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Lantas apa alasan di balik tren ini?

Berdasarkan pada jumlah views YouTube dari grup K-Pop generasi ketiga, negara-negara Asia tenggara tampaknya sangat peduli dengan produk K-Pop. Jumlah views dari negara-negara seperti Indonesia, Filipina, atau Thailand dan Vietnam semuanya berada di negara kontributor teratas dari grup-grup tersebut.


Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam adalah empat negara teratas yang menyumbang views untuk BLACKPINK. Begitu pula dengan BTS. Thailand, yang merupakan negara asal BamBam GOT7, menjadi kontributor teratas untuk grup.


Sementara MOMOLAND yang hits dengan lagu ‘Bboom Bboom’ nampak sangat terkenal di Filipina dan Vietnam. Untuk TWICE, negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, atau Malaysia juga selalu muncul di daftar teratas.

Selain itu, negara-negara Asia Tenggara juga menjanjikan tempat untuk para bintang K-Pop melakukan pertunjukkan seperti konser maupun fanmeeting. Negara-negara dengan populasi besar seperti Indonesia dan Malaysia sudah menjadi tujuan yang sangat akrab untuk para grup K-Pop tersebut.

Baca juga: Deretan Komentar Kocak Netizen yang Salfok di Postingan Terbaru Susi Pudjiastuti

Meski begitu, netizen Korea berdebat akan hal ini dan memberikan banyak alasan berbeda. “Aku rasa tidak. Fans Asia Tenggara lebih banyak menonton YouTube daripada televisi karena itulah views mereka tinggi,” tulis seorang netizen.

Netizen lain menulis, “Dibandingkan mendengarkan dan membeli musik atau album, fans dari negara-negara itu mendengarkan di YouTube secara gratis.” Dan “Statistik ini tidak salah, populasi wilayah mereka adalah 650 juta orang lho!”

Komentar lainnya seperti, “Thailand adalah negara dengan rasio pengguna smartphone tertinggi di dunia!”, “MOMOLAND sangat terkenal di Filipina, mereka bahkan dapat dibandingkan dengan sensasi ‘Gangnam Style’ di sana!”, “Cerdas bagi grup untuk mendapatkan akses ke pasar Asia Tenggara melalui YouTube terlebih dahulu.”, “Tapi memang benar bahwa K-Pop sangat populer di Asia Tenggara. Meskipun artis kami dalam bahasa asing bagi mereka.” Dan “Itu juga karena harga untuk promosi dan barang-barang lebih murah di Asia Tenggara.”

Kalau menurutmu bagaimana, Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hannah Brown, bintang reality show ‘Bachelorette’ mengundang sorot perhatian saat tampil di red carpet CMA Awards 2019. Tampil cantik dengan gaun menawan, Hannah Brown malah harus menanggung malu....
  • HOT !
    Pada 3 November kemarin, Yonghwa resmi menyelesaikan masa wajib militernya sebagai tentara aktif. Sambil mempersiapkan tur jumpa fansnya, ia terlebih dahulu menyegarkan pikiran dengan berlibur ke Hawaii....
  • HOT !
    Jisoo BLACKPINK akan menghiasi sampul majalah Elle Korea edisi Desember. Dalam wawancaranya, member tertua di grupnya ini menceritakan pengalaman hidupnya dan berbagi pesan inspiratif untuk gadis gadis muda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)