home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seluruh Member IZ*ONE, X1, dan Satu dari Wanna One Dilaporkan Hasil Manipulasi, Ini Penjelasannya

Kamis, 05 Desember 2019 23:00 by muthiasp | 3077 hits
Seluruh Member IZ*ONE, X1, dan Satu dari Wanna One Dilaporkan Hasil Manipulasi, Ini Penjelasannya
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Informasi terbaru mengejutkan dari kasus manipulasi voting program survival Produce 101 tersebar. Outlet berita Hankook Ilbo telah menjabarkan tuduhan lebih lanjut tentang manipulasi Produce 101, berdasarkan surat dakwaan tertulis yang diterima oleh anggota dewan Ha Tae Kyung dari Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Pada 5 Desember malam waktu setempat, laporan yang mengejutkan itu menyatakan bahwa peringkat semua anggota IZ*ONE dan X1 dicurangi. Selain itu, salah satu anggota Wanna One dikabarkan debut karena peringkatnya juga hasil manipulasi.

Menurut dakwaan tertulis, mereka termasuk ketua produser Kim Yong Bum dan PD Ahn Joon Young dicurigai telah memutuskan jajaran member IZ*ONE dan X1, terlepas dari suara penonton. Ahn Joon Young juga dicurigai memanipulasi jumlah suara dari satu member Wanna One sehingga berhasil debut.

Dilaporkan dalam dakwaan tertulis bahwa pada 17 Juli 2019 (dua hari sebelum final Produce X 101), tiga orang termasuk Kim Yong Bum dan Ahn Joon Young bertemu di ruang pertemuan CJ ENM untuk memutuskan 11 peserta pelatihan yang mereka pilih untuk debut dan menentukan peringkat mereka.

Dijelaskan oleh laporan Hankook Ilbo bahwa hal itu dilakukan karena mereka telah melihat bahwa pada hasil setengah dari pemungutan suara online pra-final, ada trainee yang sudah memulai debutnya di grup idola lain duduk di peringkat 11 besar, dan ingin mengecualikannya.

Kemudian disebutkan juga bahwa investigasi mengungkapkan suara online Mei dan suara di tempat dimanipulasi sehingga satu kontestan yang akan masuk ke ronde pertama upacara benar-benar dihilangkan, dan digantikan oleh kontestan lain. Di babak ketiga yang menentukan Top 20, dikatakan bahwa mereka menggunakan metode yang sama untuk menukar dua orang.

Baca juga: Tak Ditemukan Bukti Manipulasi Voting pada 'Produce 101 Season 2'

Jajaran member IZ*ONE juga dilaporkan telah diputuskan sebelum pemirsa memilih. Kim Yong Bum dan Ahn Joon Young memutuskan ke-12 anggota dan peringkat mereka sebelum pemungutan suara pada siaran langsung babak final di Agustus 2018.

Begitu pula dengan Produce X 101, mereka melihat bahwa suara online pra-final termasuk kontestan yang tidak mereka inginkan di Top 12, sehingga mereka menentukan daftar member sementara tidak termasuk kontestan tersebut.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa salah satu member Wanna One juga dipilih karena manipulasi jumlah suara. Dijelaskan bahwa Ahn Joon Young mengganti peringkat dua kontestan pada episode final Produce 101 Season di Juni 2017. Satu orang yang tidak ada di Top 11 debut menggantikan satu kontestan yang seharusnya debut bersama Wanna One.

Selain itu, Ahn Joon Young dilaporkan mengubah rangking dua kontestan di putaran pertama Produce 101 Season 2 pada Mei 2017 yang menentukan Top 60, dengan demikian menghilangkan trainee yang seharusnya melanjutkan kompetisi dan meningkatkan kesempatan orang lain.

Dia juga dilaporkan melakukan hal yang sama pada putaran pertama Produce 101 di Februari 2016, dengan menghilangkan dua kontestan yang seharusnya lanjut, dan meningkatkan peringkat dua kontestan lainnya.

Di sisi lain, PD Ahn Joon Young juga diduga menerima suap dari pihak agensi hiburan. Suap itu sebagai imbalan untuk mengatur posisi kontestan Produce 48 dan Produce X 101, serta mengedit dengan baik. Hankook Ilbo menyebutkan jika CJ ENM menghasilkan untung 124,65 juta won (Rp 1,5M) dari voting melalui SMS dari Produce 48 dan Produce X 101.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Pada Rabu (08/07), Irene dan Seulgi menjadi bintang tamu dalam program ‘Cultwo Show’ di radio SBS Power FM untuk membicarakan mengenai pengalaman mereka sebagai sub unit pertama di Red Velvet....
  • HOT !
    Pada Rabu (08/07) dilansir dari Soompi, Ji Jin Hee dan Kim Hyun Joo telah dikonfirmasi akan membintangi drama terbaru berjudul ‘Undercover’ sebagai pemeran utama pria dan wanita....
  • HOT !
    Selain siap membintangi film indie, mantan member PRISTIN, Xiyeon juga menunjukkan kemampuan aktingnya dalam proyek web drama. Baru baru ini, diketahui bahwa Xiyeon akan bergabung dalam web drama tvN D ‘Trap’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)