home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ajukan Banding, 'Dark Horse' Katy Perry Dinyatakan Bukan Plagiat

Kamis, 19 Maret 2020 17:20 by bellaevania | 611 hits
Ajukan Banding, 'Dark Horse' Katy Perry Dinyatakan Bukan Plagiat
Image Source: BreatheHeavy

DREAMERS.ID - Pada tahun lalu, lagu ‘Dark Horse’ yang dipopulerkan oleh Katy Perry divonis terbukti menjiplak lagu rap rohani milik rapper Flame alias Marcus Gray yang berjudul ‘Joyful Noise’.

Pada Senin (29/7/19), pengadilan Amerika Serikat menetapkan bahwa Katy Perry melanggar hak cipta karena meniru 8 not yang diyakini diambil dari lagu rap rohani Marcus Gray. Akibatnya saat itu Katy Perry dituntut untuk membayar ganti rugi sebesar USD$2,8 juta atau sekitar Rp 44 Miliar.

Namun pada Selasa (17/2/2020) kemarin, hakim membatalkan vonis pelanggaran hak cipta tersebut. Hasilnya bahwa potongan musik yang dipermasalahkan tidak cukup asli untuk menjamin perlindungan hak cipta.

Baca juga: Totalitas, Katy Perry Berkostum Pohon Natal di Disney Holiday Singalong

"Dalam kasus ini tidak perlu dipersoalkan, bahwa elemen khas dari 8-not ostinato di 'Joyful Noise' ... bukan kombinasi yang unik atau autentik," ujar hakim Christina A. Snyder. Pernyataan hakim mengacu pada kesaksian saksi ahli, ahli musik Todd Decker.

Decker menyebut bahwa juri sebelumnya salah menanggapi nada yang diperdebatkan tersebut. "Kombinasi 8-nada yang relatif umum dari elemen-elemen yang tidak terlindungi yang kebetulan dimainkan dalam timbre yang umum untuk genre musik tertentu, tidak dapat menjadi orisinal untuk menjamin perlindungan hak cipta," tulisnya.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Keseruan cerita drama Korea dengan alur yang menarik kadang membuat penonton tak rela untuk berhenti menyaksikannya. Dengan episode singkat yang hanya belasan saja, penonton dibuat penasaran dengan kisah yang seharusnya masih bisa berlanjut....
  • HOT !
    Drama Korea tentang polisi atau detektif bisa menjadi alternatif hiburan di kala waktu senggang. Drama tentang polisi biasanya menggabungkan genre misteri, thriller dan action. Ada pula yang digabungkan dengan komedi. Berikut 5 rekomendasi drama Korea Bertema polisi yang tak boleh dilewatkan:...
  • HOT !
    MBC akhirnya merilis foto teaser untuk Nana dalam drama ‘Oh! Master’ yang akan memulai penayangan perdananya pada 24 Maret mendatang, pukul 21:00 KST....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)