home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fotografer Perancis Tuduh BTS Lakukan Plagiat, Begini Tanggapan Big Hit

Senin, 25 Februari 2019 11:57 by fzhchyn | 1114 hits
Fotografer Perancis Tuduh BTS Lakukan Plagiat, Begini Tanggapan Big Hit
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Tuduhan plagiat menghampiri BTS, di mana boy group pelantun hits ‘IDOL’ tersebut diduga melakukan pelanggaran hak cipta terhadap beberapa karya dari seorang fotografer asal Prancis, Bernard Faucon.

Menurut laporan dari outlet media, Bernard Faucon mengklaim bahwa beberapa foto dari album foto grup BTS ‘The Most Beautiful Moment in Life’ yang dirilis pada tahun 2016 dan beberapa klip dari video musik lagu ‘Blood, Sweat & Tears’ menjiplak latar belakang dan struktur produksi proyek-proyek Faucon dari seri 1978 ‘Summer Camp’, termasuk karya seni ‘The Banquet’.

Fotografer tersebut menyatakan bahwa pakaian yang ditampilkan pada boneka manekin, gambar latar belakang, dan elemen lainnya itu mirip atau nyaris seperti replika dari karya-karyanya. Ia juga mengklaim bahwa judul album BTS terinspirasi dari judul proyek pembuatan filmnya ‘The Most Beautiful Day of My Youth’ yang berlangsung di 25 negara dari tahun 1997 hingga 2003.

Pada 25 Februari, Big Hit Entertainment mengeluarkan pernyataan resmi sebagai tanggapan atas tuduhan plagiarisme tersebut dengan menyatakan, “Setelah memeriksa laporan yang dibuat hari ini, kami telah menyampaikan, pendapat kami bahwa klaim kesamaan yang diajukan oleh galeri pada bulan September tahun lalu itu tidak valid.”

Baca juga: Melihat Sejarah Artis dengan Kemenangan Terbanyak di Melon Music Awards

Pada bulan Agustus dan September 2018, Bernard Faucon mengeluarkan dua pernyataan kepada Big Hit Entertainment dan menuntut permintaan maaf seta kompensasi sesuai dengan negosiasi, namun pihak Big Hit menolak untuk menerima klaim tersebut.

Dalam sebuah bantahan, Big Hit menyatakan bahwa foto dan klip dari album itu tidak mirip dengan karya Faucon, dan karena poin yang diklaim Faucon itu juga serupa biaasanya digunakan dalam pembuatan film, mereka tidak tunduk pada perlindungan hukum. Namun, Faucon mengirim surat tulisan tangan pada Oktober 2018 yang meminta agensi untuk menunjukkan bahwa mereka telah terinspirasi atau bahwa itu tersebut adalah penghormatan terhadap karyanya.

Sementara itu, Bernard Faucon berencana untuk menggelar konferensi pers pada April mendatang untuk mengeluarkan pernyataan tentang BTS.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada 21 Oktober, acara penghargaan Seoul Drama Awards 2021, yang dipandu oleh Park Eun Bin dan Cha Eun Woo ASTRO, berlangsung di MBC Public Hall. Tidak hanya dari Korea Selatan saja, para pemenang merupakan sineas pertelevisian dunia, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    Album baru CL mendapatkan popularitas di seluruh dunia dengan menduduki puncak chart iTunes di beberapa negara. Pada 20 Oktober, mantan leader 2NE1 itu merilis full album pertamanya ‘ALPHA’, yang berisi total 11 lagu....
  • HOT !
    Meskipun sudah 1 bulan sejak penayangan perdananya, drama ‘Squid Game’ masih saja menjadi perbicangan masyarakat tidak hanya dikalangan penggemar drama Korea saja. Apalagi masih ada beberapa misteri yang belum terpecahkan di drama yang dibintangi oleh Lee Jung Jae tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)