home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sampai di Medan, Kahiyang Ayu Ikuti Tradisi Haroan Baru

Senin, 20 November 2017 18:30 by bellaevania | 871 hits
Sampai di Medan, Kahiyang Ayu Ikuti Tradisi Haroan Baru
Image source: Instagram/@Ayanggkahiyang

DREAMERS.ID - Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tiba di Kota Medan, Sumatera Utara pada Minggu (19/11/2017). Kedatangan pasangan pengantin baru ini untuk melakukan sederet prosesi ngunduh mantu dari adat Mandailing.

Prosesi adat pertama yang dilakukan Kahiyang dan Bobby adalah Haroan Boru. Tradisi yang dilakukan di kediaman Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara ini bertujuan untuk menerima kadatangan pengantin wanita.


Image Source: JPNN

Kehadiran keduanya pun disambut iringan musik tradisional Mandailing. Bobby dan Kahiyang tampak serasi dengan pakaian bernuansa biru. Keduanya memasuki rumah diawali dengan menginjak batang pisang.

Menginjak batang pisang memiliki makna agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Sesudah itu keduanya didudukkan di atas Amak Lapisan. Amak Lampisan merupakan tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis.

Baca juga: Panembahan Al Nahyan, Anak Kedua Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Rangkaian prosesi haroan boru pun dilanjutkan dengan sambutan dari keluarga kedua belah pihak. Sayangnya, pada kesempatan itu kedua rang tua Kahiyang yaitu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi tak bisa hadir.

Acara Haroan Boru ini sebagai wujud syukur dan gembira atas pernikahan Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu. Prosesi adat Mandailing yang pertama ini dijalani sekitar tiga jam dimulai saat Magrib pukul 18.00 WIB.

Sementara untuk acara Ngunduh Mantu sendiri akan dilakukan selama dua hari pada tanggal 24 dan 25 November mendatang dan masih dilaksanakan di kediaman Bobby di Medan.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    The Weeknd telah menggoda musik baru yang terkait dengan soundtrack untuk sekuel yang sangat dinantikan daei sutradara James Cameron 'Avatar: The Way of Water'....
  • HOT !
    Drama teater 'Shakespeare in Love' membagikan poster dan teaser baru yang menakjubkan menjelang penampilan pertama para pemain utama. Mulai dari Kim Yoo Jung, Jung So Min Hingga Kim Sung Cheol....
  • HOT !
    Big Hit Music telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai tugas militer Jin BTS. Pada 6 Desember, agensi mengumumkan bahwa artis tersebut tidak akan mengadakan acara khusus dan meminta penggemar tidak mengunjungi lokasi pendaftarannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)