home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

HYBE Jabarkan 12 Poin Bantahan Atas Klaim Min Hee Jin

Senin, 29 April 2024 16:22 by fzhchyn | 490 hits
HYBE Jabarkan 12 Poin Bantahan Atas Klaim Min Hee Jin
Dreamers.id

DREAMERS.ID - HYBE telah merilis pernyataan baru pada 26 April sebagai tanggapan tindak lanjut dengan pernyataan yang lebih rinci dan mengomentari klaim spesifik yang dibuat CEO ADOR Min Hee Jin dalam konferensi pers yang diadakannya.

HYBE menyatakan, “Kami ingin mengklarifikasi beberapa poin sebagai tanggapan atas pernyataan yang dibuat oleh CEO ADOR Min Hee Jin pada konferensi pers yang diadakan pada tanggal 25 April untuk perlindungan nilai pemegang saham dan kekayaan intelektual (IP).”

1. Terkait klaim pengambilalihan hak pengelolaan hanya sekedar candaan atau omongan biasa saja

Catatan diskusi yang diadakan selama beberapa bulan untuk tujuan yang sama dicatat dalam transkrip percakapan dan catatan kerja. Obrolan santai yang terjadi berulang-ulang dalam kurun waktu yang lama, disertai dengan keterlibatan pihak ketiga, bukan lagi “bicara santai” melainkan menjadi rencana yang dilaksanakan [rencana].

Selain itu, wakil presiden yang diajak berbincang adalah seorang akuntan publik bersertifikat dengan pengetahuan profesional di bidang tata kelola perusahaan yang telah melakukan tugas IPO HYBE dan berbagai M&A.

Ia juga merupakan eksekutif inti ADOR, yang mempunyai posisi untuk mengakses semua informasi keuangan perusahaan. Wakil presiden bahkan mencatat pernyataan CEO tentang “akhirnya meninggalkan HYBE” di catatan kerja. Ini sama sekali tidak bisa dianggap sebagai lelucon.

Hal ini tidak dapat dianggap sebagai lelucon ketika beberapa dokumen yang menghitung jumlah yang dapat diperoleh dengan melaksanakan opsi put, secara spesifik menyebutkan waktu tindakan, dan menyebutkan istilah-istilah seperti tuntutan hukum pelanggaran, investor, dan pertarungan opini publik telah ditemukan. Bahkan ada catatan [Min Hee Jin] yang menginstruksikan wakil presiden, “Ini harus dianggap sebagai percakapan biasa.”

2. Mengenai tuntutan bahwa kompensasi uang tidak cukup

CEO Min mengklaim bahwa gajinya adalah 2 miliar won (sekitar 23 miliar rupiah). Lebih tepatnya, insentif untuk kinerjanya pada tahun 2023 adalah 2 miliar won, dan gaji serta insentif jangka panjangnya dihitung secara terpisah. Gaji ini adalah yang tertinggi sejauh ini di antara semua individu yang bekerja di kantor pusat HYBE dan anak perusahaan di Korea.

HYBE juga memberikan kompensasi saham yang besar selain gaji. Nilai sahamnya sangat besar hingga tidak bisa dibayangkan oleh orang normal. Namun demikian, CEO Min mengusulkan jumlah yang tidak mungkin diterima oleh perusahaan dan mengarahkan pembicaraan ke bencana. Kami melihat proses ini sebagai dalih untuk mendapatkan independensi hak pengelolaan.

3. Mengenai klaim bahwa audit segera dimulai tanpa tanggapan terhadap email whistleblowing

Kami mengirimkan tanggapan terperinci sepanjang 6 halaman dalam ukuran A4 pada tanggal 22 April pukul 10:01, dan dipastikan bahwa CEO Min membaca balasan tersebut sekitar tengah hari pada hari pengiriman email. Namun, CEO Min tetap bersikeras dalam pernyataannya dan pada konferensi pers bahwa dia “tidak menerima jawaban.”

Audit tersebut dilakukan setelah mengetahui adanya upaya perampasan hak pengelolaan selama beberapa bulan melalui informasi internal dan eksternal serta memastikan adanya kebocoran dokumen yang dianggap sebagai data bisnis rahasia. Tidaklah masuk akal untuk menyatakan bahwa jadwal audit untuk pelanggaran serius harus diberitahukan terlebih dahulu.

4. Mengenai tuntutan tidak adanya pedoman pengembalian aset informasi

Sebagai bagian dari prosedur audit, kami mengunjungi kediaman dan studio [Min Hee Jin] yang berlokasi di Distrik Mapo, Seoul, untuk mengambil aset informasi pada tanggal 22 April pukul 10:00. Meskipun ada beberapa upaya untuk menghubungi CEO Min melalui telepon rumah, email, dan pesan ponsel, dia tidak menjawab.

Setelah batas waktu pengembalian berakhir pada tanggal 23 April pukul 18.00, kami kembali meminta pengembalian aset informasi melalui Wakil Presiden ADOR Shin. Wakil Presiden Shin menjawab, “CEO Min terlalu sibuk untuk melakukannya.”

[Klaim Min Hee Jin] bahwa dia mengetahui tentang pengembalian aset informasi melalui media tanpa pemberitahuan apa pun dan menyimpulkan bahwa itu adalah media play adalah kebohongan yang tidak bertanggung jawab.

Klaim bahwa kami mengambil aset komputer sehingga dia tidak bisa bekerja menjelang comeback [NewJeans] juga merupakan kebohongan. Segera setelah kami menerima laptop yang dikembalikan, kami menyediakan laptop baru dan mengizinkan pengunduhan semua data sebelumnya agar pekerjaan tidak terganggu. Pihak yang diaudit lainnya juga sedang mengerjakan perangkat baru yang telah diberikan kepada mereka.

5. Mengenai klaim bahwa kami berjanji untuk mendebutkan [NewJeans] sebagai girl group pertama [HYBE].

Ini adalah bagian yang telah kami jawab secara rinci dalam email yang dikirim ke CEO Min pada tanggal 22 April. Kami menduga alasan mengapa CEO Min mengklaim bahwa dia tidak menerima email adalah karena dia tidak dapat membuat klaim yang provokatif tetapi tidak benar jika dia punya membaca emailnya. Kami mengirimkan jawaban terperinci seperti di bawah ini:

“CEO Min membuat klaim palsu berdasarkan cara interpretasi Anda yang menyimpang tentang proses pemisahan dari SOURCE MUSIC. Alasan NewJeans tidak bisa debut sebagai girl grup pertama HYBE bukan karena HYBE tidak menepati janji kami.

Pada saat itu, Anda sangat bersikeras bahwa Anda akan debut [NewJeans] di bawah label terpisah miliknya sambil meminta untuk membentuk tim yang semua tanggung jawabnya Anda pegang. HYBE menghormati pendapat Anda dan memindahkan anggotanya ke ADOR meskipun ada tentangan dari SOURCE MUSIC dan menyediakan sejumlah besar dana sebesar 16 miliar won (sekitar 188,8 miliar) agar NewJeans dapat debut sesuai keinginan Anda.

Dalam proses ini, jadwal debut NewJeans mau tidak mau harus tertunda terlepas dari niat HYBE karena pembagian perusahaan dan pengalihan kontrak.

Apalagi Anda sendiri sudah mengungkapkan proses ini sebelumnya. Dalam wawancara dengan outlet media yang dipublikasikan pada 24 Maret 2022, Anda secara langsung menyebutkan bahwa proyek girl group akan berjalan sesuai rencana Anda dan peluncurannya akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2022.

Anda bahkan berkomentar, ‘Debut yang terburu-buru hanya bisa menjadi beban besar bagi anggota muda. Saya tidak ingin membuat semua orang merasa terburu-buru, jadi saya menetapkan kuartal ketiga tahun 2022 sebagai waktu peluncurannya’.”

6. Mengenai klaim bahwa dia diberitahu untuk tidak mempromosikan NewJeans saat debut

Karena perselisihan R&R (peran dan tanggung jawab) antara SOURCE MUSIC dan CEO Min, jadwal debut NewJeans tertunda, dan LE SSERAFIM dari SOURCE MUSIC debut lebih dulu. Karena tidak ada cukup waktu untuk promosi kedua grup karena jadwal debut mereka berurutan, maka diputuskan bahwa periode promosi minimum akan ditetapkan.

Selain itu, dalam kasus Sakura anggota LE SSERAFIM, artikel tentang “pindah ke HYBE” telah tersebar bahkan sebelum dia menandatangani kontrak dengan HYBE. Di tengah situasi ini, jika kami mempromosikan grup debut ADOR sebagai “tim yang hanya terdiri dari pendatang baru”, ada kekhawatiran bahwa fakta bahwa Sakura bergabung dengan SOURCE MUSIC serta informasi tentang komposisi anggota NewJeans akan terungkap.

Kami membuat permintaan ini untuk melindungi nilai berita kedua tim, dan meskipun demikian, kami mempersingkat periode di tengah-tengah dan mulai mempromosikan NewJeans lebih awal.

Baca juga: Sudah Tanggapi Keluhan Orang Tua NewJeans, HYBE Sayangkan Cara Kuno Min Hee Jin

Sehubungan dengan hal tersebut, kami juga menyertakan tanggapan kami dalam email sebagai berikut:

“Selain itu, waktu wawancara CEO Min [dengan outlet media] berlangsung adalah dua bulan sebelum debut LE SSERAFIM (22 Mei 2022), jadi dapat diakui bahwa Anda sudah punya banyak waktu untuk mempromosikan girl group barunya.

Klaim Anda sangat berbeda dari persepsi anggota staf yang mengetahui seberapa besar dukungan penuh dan kompromi yang telah diberikan SOURCE MUSIC dan HYBE untuk kesuksesan ADOR.”

7. Mengenai klaim bahwa HYBE mengabaikan promosi NewJeans saja

Klaim ini sudah kami jawab secara detail dalam balasan email yang dikirimkannya.

“Organisasi Komunikasi HYBE berupaya penuh untuk mempromosikan NewJeans. Tahun lalu, 273 siaran pers ditulis dan didistribusikan untuk NewJeans saja. Dibandingkan dengan 659 siaran pers untuk BIGHIT MUSIC, yang mengoperasikan total delapan tim termasuk BTS sebagai grup dan individu, dan 365 siaran pers untuk PLEDIS Entertainment, yang mengoperasikan empat tim termasuk SEVENTEEN, sulit untuk mengklaim bahwa ‘kami telah mengabaikan promosi NewJeans saja’. PR kami mempromosikan semua label dan artis tanpa diskriminasi dan melakukan yang terbaik untuk mempromosikan mereka.”

8. Mengenai tuntutan kontrak budak

Klausul non-kompetisi dalam perjanjian pemegang saham memiliki kewajiban kerahasiaan tetapi disebutkan pada konferensi pers oleh CEO Min. Klausul non-kompetisi diminta oleh pemegang saham untuk mencegah persaingan tidak sehat dari pemegang saham mayoritas yang mendirikan usaha di industri yang sama setelah menjual sahamnya. Ini adalah klausul umum di industri mana pun.

Juga tidak benar untuk mengatakan bahwa dia terikat selamanya. CEO Min dapat menjual sahamnya mulai bulan November tahun ini, dan jika dia menjual saham tersebut, dia tidak akan tunduk pada klausul non-kompetisi mulai November 2026, ketika kontrak kerjanya dengan perusahaan kami berakhir.

Tidak mungkin untuk menyebutnya kontrak budak ketika CEO Min dijamin sejumlah besar uang sampai-sampai dia sendiri menyatakan bahwa, “Saya dapat menghasilkan 100 miliar won (sekitar 1,1 triliun rupiah) hanya dengan diam,” dan ketika ada syarat bahwa dia dapat memperoleh uang dan memulai bisnis pada tahun berikutnya. Ini adalah kondisi kompensasi yang tidak lazim yang bahkan tidak dapat dibayangkan oleh orang normal.

Bahkan dalam percakapan KakaoTalk yang dilakukan CEO Min dengan orang kepercayaannya, disebutkan bahwa dia dapat menggunakan opsi put pada 2 Januari 2025 dan “EXIT.”

Mengenai klausul tentang penjualan saham dalam kontrak yang diklaim oleh CEO Min sebagai kontrak budak, terdapat perbedaan dalam penafsiran urutan prioritas kedua klausul tersebut, dan kami telah mengirimkan balasan kepadanya pada bulan Desember tahun lalu, yang mengatakan, “Jika penafsirannya ambigu, kami dapat menyelesaikan ketentuan ambigu tersebut dengan memodifikasinya sehingga tidak ada masalah.” CEO Min berkata, “Saya tidak tertarik pada uang,” namun isu inti yang memicu diskusi adalah skala kompensasi.

9. Terkait klaim yang menyuruh kita melakukan pengelolaan ESG (Environmental, Social, and Governance)

Perusahaan kami memenuhi aktivitas pengelolaan ESG dalam lingkup yang dapat kami laksanakan. Mengenai album ramah lingkungan yang telah dikembangkan dengan kerja keras oleh perusahaan, CEO Min membantahnya dengan mengatakan, “mencairkan kartu foto adalah omong kosong.”

Perusahaan harus menginvestasikan banyak tenaga kerja dan biaya untuk mengubah bahan plastik album digital menjadi kertas dan mengubah kotak album dan kartu foto menjadi bahan ramah lingkungan yang dapat terurai secara hayati.

Menerima hal ini dengan sukarela dan berinvestasi dalam hal ini adalah pengelolaan ESG. Kami mempromosikan perluasan penerapan album ramah lingkungan ke semua label di bawah HYBE, tetapi label yang paling tidak kooperatif adalah ADOR, yang sangat disadari oleh anggota staf internal.

10. Mengenai klaim tidak ada upaya diskusi

HYBE terus berdiskusi dengan CEO Min mengenai perubahan perjanjian pemegang saham, namun diskusi tersebut terhenti ketika pertanyaan CEO Min yang diklaim sebagai “whistleblowing” sampai ke HYBE. Meski demikian, HYBE dengan tulus menanggapi masalah yang diklaim oleh CEO Min sebagai “whistleblowing.”

Namun, melalui audit dipastikan bahwa CEO Min, pada saat negosiasi perjanjian pemegang saham sedang berlangsung, malah diam-diam mengajak pengacara dan akuntan internal HYBE untuk diajak berkonsultasi mengenai perubahan perjanjian pemegang saham dan mengangkat permasalahan dalam bentuk whistleblowing, dan dia menghubungi firma hukum dan investor institusi, dll. untuk membahas pengambilalihan hak pengelolaan.

11. Sehubungan dengan klaim bahwa dukun hanyalah seorang teman

Orang luar yang terlibat secara rumit dalam keseluruhan manajemen tidak dapat dipandang sebagai teman belaka.

Selama percakapan [antara Min Hee Jin dan dukun], jumlah opsi saham eksekutif yang dirahasiakan beserta struktur pengambilalihan manajemen termasuk nama calon investor dan persentase kepemilikan saham masing-masing investor sedang dipertukarkan. Keputusan tentang berbagai masalah pengelolaan diambil berdasarkan usulan dukun.

Kita tidak bisa menganggap teman bicara seperti itu sebagai kenalan belaka. Perusahaan menganggap serius fakta bahwa informasi penting perusahaan diekspos tanpa pandang bulu kepada pihak luar, yang ikut campur dalam pengambilan keputusan, dan bahwa perusahaan juga telah menerima permintaan perekrutan.

12. Kenapa saat periode comeback…? Mengenai klaim bahwa HYBE tidak menghargai NewJeans

Pihak yang mulai menyerang perusahaan melalui email sekitar waktu comeback NewJeans adalah pihak CEO Min. Catatan yang diperoleh melalui forensik termasuk instruksi dari CEO Min sejak bulan April untuk mempersiapkan pertarungan opini publik serta catatan menciptakan kebisingan untuk menyiksa perusahaan. Kami mempertanyakan apakah mereka berpikir perusahaan akan menerima permintaan kompensasi yang tidak masuk akal jika mereka menekan perusahaan saat ini.

Pihak CEO Min lah yang sebenarnya mengancam perusahaan dengan menggunakan artis sebagai sandera. Jika permintaan kompensasi diterima, itu bagus, dan jika tidak, mereka berniat menggunakannya sebagai dalih untuk mengakhiri hubungan.

Selama bertahun-tahun, perusahaan kami telah mengakomodasi dan berkompromi dengan permintaan berulang kali dari CEO Min. Namun, saat ini kami menyadari bahwa permintaan tersebut adalah bagian dari apa yang disebut sebagai proses “pembangunan” untuk mengambil alih manajemen, dan kami tidak punya pilihan selain melakukan audit untuk melindungi nilai multi-label, kapan pun waktunya.

Alasan kami juga meminta agar dia tidak menyebut artis tersebut dalam konferensi pers dan wawancara adalah karena kami menghargai nilai artis tersebut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    SEVENTEEN dan UNESCO membuka dua Community Learning Center (CLC) atau Pusat Pembelajaran Komunitas di Timor Leste yang berlokasi di Oecusse dan Manatuto....
  • HOT !
    Suara NewJeans disertakan dalam panduan audio resmi Korea di British Museum, yang merupakan salah satu dari tiga museum terbesar di dunia....
  • HOT !
    (G)I DLE siap memulai tur dunia ketiga mereka! Pada 13 Mei, Cube Entertainment mengumumkan tanggal dan lokasi tur dunia (G)I DLE di tahun 2024 bertajuk ‘i DOL’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)