home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Film 'HowardCantour.com' Garapan Shia Labeouf Ternyata Hasil Plagiat?

Kamis, 19 Desember 2013 14:21 by Dits | 1706 hits
Duh, Film 'HowardCantour.com' Garapan Shia Labeouf Ternyata Hasil Plagiat?
dreamersradio

DREAMERSRADIO.COM - Tokoh utama Transformers, Shia Labeouf mengakui jika ia telah melakukan plagiat untuk film pendek yang pernah digarapnya. Film yang berjudul 'HowardCantour.com' ini merupakan hasil plagiat dari komik 'Justin M Damiano' karangan Daniel Clowes.

Sebelumnya Shia ingin membuat sebuah karya yang original namun tiba-tiba ia pun kehabisan ide sehingga harus mengambil beberapa dialog dari komik tersebut.

Saat diputar pada ajang Cannes, tak ada satupun yang menyadari film ini sebagai hasil plagiat, hingga suatu hari ‘HowardCantour.com’ dirilis secara online dan untuk melihatnya dibutuhkan password.

Dilansir dari huffingtonpost, sang pengarang komik, Daniel Clowes merasa terkejut dengan apa yang ia temukan saat melihat link yang tiba – tiba dikirim seseorang. Clowes membuka link tersebut dan menyadari bahwa hampir keseluruhan dalam film yang digarap aktor 'Transformers' tersebut adalah hasil jiplakan karyanya yang ia buat sekitar enam atau tujuh tahun yang lalu.

Setelah berbagai kritik pedas dari penikmat film online yang tertuju ke Shia, ia pun menyesali perbuatannya, terlebih lagi ia tidak mencantumkan nama Daniel Clowes ke dalam film pendeknya.

Baca juga: Menonton Film Selama Masa Isolasi Jadi Sumber Inspirasi Lagu Taylor Swift

"Aku malu dengan kegagalan untuk tak mencantumkan nama Daniel Clowe sebagai inspirasiku. Dan karena itu, aku minta maaf ke semua pihak yang mengira jika naskah film ini ditulis olehku." ujar Shia lewat akun twitter pribadinya @thecampaignbook

Diakhir tweet ia pun mengungkapkan penyesalannya yang mendalam, "Aku benar-benar berantakan." tulisnya.

'HowardCantour.com' sendiri bercerita mengenai sisi lain seorang kritikus film. Film dengan durasi pendek ini merupakan film pertama Shia yang tayang pertama kali di Festival Film Cannes pada 16 - 27 mei 2012.

Wah, gimana menurut Dreamers mengenai tindakan plagiat Shia Labeouf?

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Sejak kisruh antara Min Hee Jin dan HYBE terekspos ke publik, banyak yang menduga bahwa Min Hee Jin adalah penyebab pembubaran GFriend yang mendadak dan pembatalan kontrak dengan Source Music....
  • HOT !
    Bulan lalu, NewJeans mengumumkan bahwa mereka akan melakukan comeback dengan single ganda yang terdiri dari lagu utama berjudul How Sweet dan b side Bubble Gum, serta versi instrumental dari kedua lagu tersebut. ...
  • HOT !
    HYBE telah membagikan tanggapannya terhadap konferensi pers yang diadakan oleh CEO ADOR Min Hee Jin pada 25 April untuk menyampaikan pandangannya mengenai konflik mereka....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)