home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Serial Mnet 'Produce' Dijatuhi Sanksi Tinggi Atas Manipulasi Suara

Selasa, 11 Agustus 2020 11:00 by muthiasp | 291 hits
Serial Mnet 'Produce' Dijatuhi Sanksi Tinggi Atas Manipulasi Suara
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tidak hanya diproses secara hukum, kasus manipulasi suara yang terjadi di rangkaian program survival Mnet Produce juga dikenai sanksi berdasarkan aturan penyiaran.

Pada 10 Agustus, Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) mengadakan rapat umum di kantor pusat siaran di Mokdong, Seoul. Guna membuat keputusan akhir untuk keempat musim Produce, yaitu Produce 101, Produce 101 Season 2, Produce 48, dan Produce X 101.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, KCSC menjatuhkan sanksi tingkat tertinggi terhadap seri Mnet Produce karena manipulasi suara, yaitu berupa denda untuk semua musimnya.

“Karena tingkat manipulasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam siaran, kami telah memberlakukan denda pada semua musim dari serial Produce. Untuk memanipulasi hasil suara penonton, keempat musim Produce akan menerima denda, yang merupakan tingkat sanksi tertinggi," jelas KCSC.

Baca juga: Mnet Selesaikan Kompensasi 11 dari 12 Korban Manipulasi Voting 'Produce 101'

Seri Mnet Produce dituduh memanipulasi suara di setiap episode, serta secara sewenang-wenang memanipulasi suara untuk mengubah siapa yang telah dieliminasi dan yang tidak, dan menyiarkan hasil seolah-olah mereka sah.

KCSC menyimpulkan bahwa musim pertama Produce juga memiliki bukti manipulasi suara pada putaran keempat serta putaran pertama.

KCSC menyatakan, “Poin utama dari program ini adalah menggunakan partisipasi penonton untuk membentuk grup berdasarkan suara penonton saja. Untuk melakukan ini, mereka mengumpulkan suara melalui teks berbayar. Mereka tidak hanya memanipulasi hasil, menipu penonton, dan menghalangi persepsi publik yang adil, tapi masalah yang paling serius adalah pengkhianatan atas kerja keras para peserta program audisi".

KCSC akan memutuskan jumlah denda nantinya berdasarkan konten, derajat, jangka waktu, dan frekuensi pelanggaran yang tepat berdasarkan Pasal 109 Undang-Undang Penyiaran.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    IU kembali membuat publik tersentuh dengan aksi sosialnya. Pada 18 September, ia merayakan ulang tahun debut ke 13 tahun dengan cara yang dermawan, yakni menyalurkan donasi lebih dari Rp 10 miliar....
  • HOT !
    ‘Sea of Hope’ merupakan program variety show JTBC di mana selebriti menampilkan musik dan menyiapkan hidangan buatan sendiri untuk para tamu di bar tepi pantai. Acara ini bertabur bintang seperti Kim Go Eun, Lee Ji Ah, Lee Dong Wook, Onew SHINee, Lee Suhyun AKMU, dan Yoon Jong Shin....
  • HOT !
    Pada Jumat (17/09), NCT 127 akhirnya resmi merilis full album ketiga mereka bertajuk ‘Sticker’ yang terdiri dari 11 lagu baru yaitu ‘Lemonade’, ‘Breakfast’, ‘Focus’, ‘Rainy Night’, ‘Far’, ‘Bring The Noize’, ‘Magic Carpet Ride’, ‘Road Trip’, ‘Dreamer’, ‘Promise You’, dan ‘Sticker’ sebagai title track....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)