home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Ingin Diakui Brand Lain, HYBE Ajukan Merek Dagang ‘Borahae’ Khas BTS

Selasa, 08 Juni 2021 17:00 by fzhchyn | 735 hits
Sempat Ingin Diakui Brand Lain, HYBE Ajukan Merek Dagang ‘Borahae’ Khas BTS
Image source: Big Hit

DREAMERS.ID - HYBE akhirnya memutuskan untuk mengajukan trademark atau merek dagang pada kata ‘Borahae’ yang berarti ‘I purple you’. Frasa ini awalnya diciptakan oleh member BTS, V secara spontan pada tahun 2016 lalu saat grup menggelar fanmeeting.

Sebelumnya, menurut Layanan Informasi Hak Kekayaan Intelektual Korea, sebuah brand cat kuku Korea LalaLee telah mengajukan merek dagang frasa ‘Borahae’ pada September 2020 untuk sabun, minyak, parfum, dan produk kosmetik mereka lainnya.

Setelah mendapat banyak protes dari fans BTS, brand cat kuku tersebut akhirnya membatalkan pengajuan hak cipta. Pada 31 Mei, LaLaLee Merilis sebuah pernyataan dengan mengatakan, “Kami meminta maaf karena menyebabkan kekhawatiran bagi banyak penggemar BTS dengan mengajukan merek dagang pada frasa 'Borahae' pada September 2020."

Pernyataan itu menyimpulkan, "Kami telah memutuskan untuk melepaskan pengajuan merek dagang untuk pengembangan K-pop dan akan mengikuti langkah-langkah untuk membatalkan sesegera mungkin. Kami berharap BTS yang terbaik dalam upaya masa depan untuk K-pop sebagai sesama Korea."

Baca juga: HYBE Jabarkan 12 Poin Bantahan Atas Klaim Min Hee Jin

Pada 8 Juni, outlet media Bloter melaporkan bahwa HYBE telah mengajukan trademark ‘Borahae’ ke Layanan Informasi Hak Kekayaan Intelektual Korea. Perwakilan agensi mengatakan, “Menggunakan merek dagang yang terkait dengan artis di bawah HYBE atau upaya untuk mendapatkan hak berekspresi terus terjadi dan itu diakui sebagai masalah serius.”

“Kami mencoba yang terbaik untuk mengamankan hak atas kata-kata atau lainnya yang terjait dengan artis sehingga perusahaan lain tidak dapat memiliki atau memonopolinya. Pendaftaran hak trademark untuk ‘Borahae’ juga dilakukan sebagai bagian dari hal ini,” imbuh perwakilan.

Sementara itu, kata ‘Borahae’ yang diciptakan oleh V memiliki makna bahwa BTS dan ARMY (sebutan fansnya) akan saling menyayangi sampai akhir seperti warna terakhir pelangi, ungu, yang dalam bahasa Korea disebut “bora”. Sejak saat itu, frasa dan warna tersebut telah identik dengan BTS dan ARMY.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BIGHIT MUSIC akan mengambil tindakan hukum tambahan terhadap pelanggaran hak BTS. Pada tanggal 28 April, BIGHIT MUSIC merilis pernyataan resminya melalui platform Weverse....
  • HOT !
    Menurut Dewan Film Korea, The Roundup: Punishment mengumpulkan lebih dari 4 juta penonton bioskop pada pukul 15:20 KST pada tanggal 28 April, yang mana hanya lima hari sejak dirilis....
  • HOT !
    Pada Sabtu (27/4), Source Music mengumumkan melalui situs resmi Jepang bahwa Sakura akan absen dalam acara video call bersama penggemar pada hari itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)