SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Soegija Persembahan Garin Nugroho Untuk Indonesia

Jumat, 25 Mei 2012 12:00 by wahyu | 1603 hits
Soegija Persembahan Garin Nugroho Untuk Indonesia
wiryanto.wordpress.com

Sosok sutradara terkenal Indonesia yang idealis, Garin Nugroho terus menelurkan karyanya. Setelah film Mata Tertutup, kini ia telah kembali meluncurkan karya terbarunya yang berjudul Soegija. Film yang menceritakan uskup pribumi pertama, film ini dipersembahkan Garin untuk Indonesia.

Soegija dikemas dengan kelas yang  tinggi. Dalam pemutaran terbatasnya, film ini mampu membuat penonton larut ke dalam cerita. Mengambil setting pada tahun 1940-1950, Soegija mengikuti perjalanan Romo Soegijapranata yang diangkat Vatikan menjadi uskup pribumi pertama di Indonesia.

Pengakatan tersebut terjadi di  tengah situasi gejolak perang Asia Pasific. Romo Soegija ini dilukiskan sebagai tokoh yang tidak memikirkan dirinya sendiri, tetapi lebih mengutamakan keselamatan seluruh rakyat Indonesia, terutama yang berada di Semarang, Muntilan, Yogyakarta, dan Magelang.

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

Soegija diperankan oleh penyair dan kritikus sastra Nirwan Dewanto yang bermain bagus menghidupkan pemimpin umat Katholik yang kemudian ditetapkan sebagai pahlawan nasional itu. Selain Nirwan, Soegija menampilkan Butet Kartaradjasa dan Olga Lidya.

Film berdurasi 115 menit ini melibatkan sekitar 2000 orang.  Garin pun mengak kalau awalmnya sangat kewalahan mengarahkan pemain sebanyak itu, beriktu mengatur perpindahan lokasi secara bergantian. Tetapi ia mampu mengatasi tantangan tersebut dengan baik.

Rencananya film yang memakan biaya Rp 12 Miliar itu akan tayang 7 Juni mendatang. (way)

  • HOT !
    Salah satu member girl group Red Velvet, Joy terpaksa harus meninggalkan pertunjukkan konser ’Red Mare’ di Singapura lebih awal dari jadwal. Hal ini lantaran dirinya dilaporkan mengalami cedera di tengah tengah pertunjukkan....
  • HOT !
    Untuk kesekian kalinya, acara Korea Indonesia Film Festival kembali digelar lagi untuk tahun ini. Sederet film berkualitas dari negeri ginseng maupun tanah air pun akan ditayangkan dalam jangka waktu tiga hari. Simak jadwalnya berikut....
  • HOT !
    Arctic Monkeys mengeluarkan dua pengumuman sekaligus. Masing masing adalah rilisnya sebuah lagu yang belum pernah diperdengarkan bertajuk Anyways, serta sebuah mini dokumentasi bertitel 'Warp Speed Chic'. Kelak, direncanakan Anyways akan turut mengisi koleksi AM yang diwujudkan dalam bentuk piringan hitam 7 inci....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)