home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Soegija Persembahan Garin Nugroho Untuk Indonesia

Jumat, 25 Mei 2012 12:00 by wahyu | 2290 hits
Soegija Persembahan Garin Nugroho Untuk Indonesia
wiryanto.wordpress.com

Sosok sutradara terkenal Indonesia yang idealis, Garin Nugroho terus menelurkan karyanya. Setelah film Mata Tertutup, kini ia telah kembali meluncurkan karya terbarunya yang berjudul Soegija. Film yang menceritakan uskup pribumi pertama, film ini dipersembahkan Garin untuk Indonesia.

Soegija dikemas dengan kelas yang  tinggi. Dalam pemutaran terbatasnya, film ini mampu membuat penonton larut ke dalam cerita. Mengambil setting pada tahun 1940-1950, Soegija mengikuti perjalanan Romo Soegijapranata yang diangkat Vatikan menjadi uskup pribumi pertama di Indonesia.

Pengakatan tersebut terjadi di  tengah situasi gejolak perang Asia Pasific. Romo Soegija ini dilukiskan sebagai tokoh yang tidak memikirkan dirinya sendiri, tetapi lebih mengutamakan keselamatan seluruh rakyat Indonesia, terutama yang berada di Semarang, Muntilan, Yogyakarta, dan Magelang.

Baca juga: akmu

Soegija diperankan oleh penyair dan kritikus sastra Nirwan Dewanto yang bermain bagus menghidupkan pemimpin umat Katholik yang kemudian ditetapkan sebagai pahlawan nasional itu. Selain Nirwan, Soegija menampilkan Butet Kartaradjasa dan Olga Lidya.

Film berdurasi 115 menit ini melibatkan sekitar 2000 orang.  Garin pun mengak kalau awalmnya sangat kewalahan mengarahkan pemain sebanyak itu, beriktu mengatur perpindahan lokasi secara bergantian. Tetapi ia mampu mengatasi tantangan tersebut dengan baik.

Rencananya film yang memakan biaya Rp 12 Miliar itu akan tayang 7 Juni mendatang. (way)

Komentar
  • HOT !
    HYBE memberikan pernyataan yang mengejutkan mengenai Min Hee Jin. Perusahaan mengklaim bahwa CEO ADOR itu telah dibimbing oleh seorang dukun wanita untuk memutuskan masalah manajemen perusahaan besar termasuk dinas militer member BTS....
  • HOT !
    Film ‘The Roundup: Punishment’ emulai awal yang mengesankan di box office Korea! Setelah tayang perdana di bioskop mulai 24 April kemarin, film keempat dari hit Ma Dong Seok ‘The Outlaws’ ini telah mencapai 1 juta penonton....
  • HOT !
    Kep1er akan dibubarkan sesuai jadwal pada bulan Juli mendatang setelah diskusi perpanjangan kontrak masing masing anggota tidak menemui titik tengah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)