home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gunakan Huruf Mandarin, Tim Produksi River Where The Moon Rises Minta Maaf

Kamis, 08 April 2021 09:39 by bellaevania | 464 hits
Gunakan Huruf Mandarin, Tim Produksi River Where The Moon Rises Minta Maaf
Image Source: Koreaboo

DREAMERS.ID - Drama sageuk KBS River Where The Moon Rises kembali menghadapi kontroversi baru. Kali ini karena penggunaan huruf mandarin yang disederhanakan dalam salah satu adegannya.

Netizen Korea menunjukkan kekecewaan tentang adegan yang menampilkan sebuah gulungan. Huruf-huruf pada gulungan itu adalah huruf China sederhana. Karakter China yang disederhanakan tidak dipromosikan dan digunakan secara luas hingga tahun 1950-an oleh China.

Plot River Where The Moon Rises sendiri terjadi selama periode waktu Goguryeo di Korea Selatan, yang memiliki makna sejarah bagi bangsa. Karena itu netizen mengungkapkan keprihatinan atas ketidakakuratan historis huruf-huruf Mandarin.

Tak lama setelah menerima kritik dari publik, KBS dan tim produksi drama tersebut langsung bertindak cepat. Mereka menghapus adegan tersebut dan menyampaikan permintaan maaf. Seorang pejabat KBS menyatakan bahwa “ada kesalahan dalam hanja (karakter Cina Tradisional). Tim produksi tidak mengetahui kesalahan ini. Kami meminta maaf kepada pemirsa."

Baca juga: Racket Boys 'Sindir' Indonesia, Inilah 10 Drama Korea Kontroversial Tahun 2021

Masyarakat Korea makin sensitif terkait hal berbau China dalam konten di media. Hal ini menyusul klaim China atas budaya Korea Selatan seperti kimchi, hanbok hingga taekwondo. Sebelumnya penggunaan properti bergaya China membuat drama SBS Joseon Exorcist dibatalkan usai menayangkan hanya dua episode saja.

Ini bukan kontroversi pertama yang dilalui drama River Where The Moon Rises. Pemeran utama pria sebelumnya, Ji Soo telibat skandal bullying dan dikeluarkan dari drama. Syuting yang telah mencapai 90 persen pun diulang dari awal dengan aktor baru, Na In Woo.

Karena pergantian aktor utama, KBS juga melayangkan gugatan ganti rugi pada Ji Soo dan agensinya KeyEast Entertainment senilai 3 miliar won atau sekitar Rp 39 miliar.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BIGHIT MUSIC akan mengambil tindakan hukum tambahan terhadap pelanggaran hak BTS. Pada tanggal 28 April, BIGHIT MUSIC merilis pernyataan resminya melalui platform Weverse....
  • HOT !
    Menurut Dewan Film Korea, The Roundup: Punishment mengumpulkan lebih dari 4 juta penonton bioskop pada pukul 15:20 KST pada tanggal 28 April, yang mana hanya lima hari sejak dirilis....
  • HOT !
    Pada Sabtu (27/4), Source Music mengumumkan melalui situs resmi Jepang bahwa Sakura akan absen dalam acara video call bersama penggemar pada hari itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)