home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Disney Kembali Dituntut Terkait Pelanggaran Hak Cipta Film 'Frozen'

Kamis, 16 April 2015 19:59 by citra09 | 3525 hits
Duh, Disney Kembali Dituntut Terkait Pelanggaran Hak Cipta Film 'Frozen'
Image source: Disney Offi

DREAMERSRADIO.COM - Disney kembali dihadapkan dengan gugatan hukum terkait film fenomenalnya, yaitu ‘Frozen’ yang dirilis tahun 2013. Berdasarkan The Wrap, seorang penulis asal Kuwait bernama Muneefa Abdullah telah mengajukan gugatan hukum di Pengadilan Michingan, Amerika Serikat pada 13 April lalu.

Dalam tuntutannya tersebut, Muneefa memasukkan nama screenwriter film ‘Frozen’, yaitu Jennifer Lee sebagai terdakwa. Ia mengklaim bahwa jalan cerita film yang dibintangi oleh Idina Menzell dan Kristen Bell tersebut diangkat dari ‘The Snow Princess’, sebuah cerita dari buku karangannya ‘New Fairy Tales’.

Muneefa mengetakan dalam gugatannya bahwa elemen kunci jalan ceritanya, karakter, kejadian, latar tempat, dan bahkan dialog antar tokoh dalam film ‘Frozen’ memiliki kemiripan yang penting dengan ‘The Snow Princess’.

Berdasarkan gugatan tersebut, ‘The Snow Princess’ bercerita tentang kisah seorang puteri yang memiliki kekuatan es yang bisa mengubah objek atau manusia menjadi es. Puteri tersebut pun bersembunyi dan membutanya seperti menjadi seorang yang kejam karena kekuatannya tersebut.

Baca juga: Bob Iger Kembali Jadi CEO Disney

Kisah tersebut ternyata sama dengan kisah yang dialami oleh tokoh Elsa dalam film ‘Frozen’, di mana ia mengisolasi dirinya setelah tak sengaja menyakiti sang adik, Anna dengan kekuatannya. Namun hingga kini, Disney belum memberikan komentar apapun terkait hal ini.

Sebelumnya, Disney juga digugat  250 juta dollar karena gugatan yang diajukan oleh Isabella Tanikumi, seorang penulis asal New jersey yang menuduh Disney telah meniru buku karangannya. Menanggapi hal tersebut, Disney menyatakan bahwa hal tersebut tak masuk akal.

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    IU berhasil memukau para penggemarnya, UAENA, selama konser ‘2024 IU HEREH WORLD TOUR CONCERT IN JAKARTA’ yang berlangsung di ICE BSD CITY pada tanggal 27 dan 28 April 2024....
  • HOT !
    ZEROBASEONE menjadi boy grup selanjutnya yang dikonfirmasi akan menggelar konser di Indonesia. Ini akan menjadi kedatangan kedua mereka ke tanah air sejak Golden Disc Awards 2023 lalu....
  • HOT !
    Sohee ALICE akan menikah dan pensiun dari industri hiburan. Pada 26 April, sebuah outlet media melaporkan bahwa Sohee akan menikahi pacarnya, seorang pengusaha yang 15 tahun lebih tua darinya yang telah ia kencani selama setahun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)