home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

SM Entertainment Sewa Perusahaan Luar untuk Memanipulasi Opini Publik tentang HYBE

Selasa, 23 Juli 2024 16:30 by fzhchyn | 240 hits
SM Entertainment Sewa Perusahaan Luar untuk Memanipulasi Opini Publik tentang HYBE
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Menyusul penangkapan pendiri Kakao Kim Bum Soo pada 23 Juli atas tuduhan memanipulasi harga saham untuk memblokir akuisisi HYBE atas SM Entertainment, telah dipastikan bahwa ada intervensi buatan tidak hanya di saham tetapi juga di opini publik.

Dalam laporan eksklusifnya, Ten Asia mengungkapkan bahwa SM Entertainment berusaha memanipulasi opini publik di forum komunitas online dengan menyewa perusahaan luar selama perselisihan manajemennya dengan HYBE awal tahun lalu.

Ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan hiburan terungkap memerintahkan manipulasi opini publik untuk menciptakan opini publik yang tidak menguntungkan pihak lain yang berselisih dan membayarnya.

Menurut percakapan Telegram yang diperoleh secara eksklusif oleh outlet media tersebut, diketahui bahwa pada tanggal 27 Februari tahun lalu, agensi public relations (PR) 'Astrape' membuat room chat bernama 'Str' yang mencakup karyawan perusahaan viral yang mereka pekerjakan serta eksekutif dan karyawan SM.

Mereka adalah organisasi yang menciptakan opini publik yang mendukung SM selama insiden SM-HYBE di mana perselisihan manajemen dimulai pada awal bulan itu.

Tujuannya adalah menyebarkan informasi viral yang menguntungkan mereka, sekaligus membalikkan berita viral yang menyebarkan berita negatif kepada pihak lain yang berkonflik. Totalnya ada enam orang. Dua karyawan SM, manajer kantor pusat Astrape, dan tiga perwakilan perusahaan viral.

Kontrak nyata antara SM dan agensi PR Astrape adalah bisnis periklanan untuk mempromosikan 'SM 3.0' di situs portal seperti Naver. Jumlah total kontrak adalah 1.388.145.000 won (sekitar 16,2 miliar rupiah).

Selain mempromosikan SM 3.0, Astrape menyarankan kepada SM agar mereka melakukan 'media mix' selain, yang merupakan konsep 'layanan komprehensif' yang tidak hanya mencakup promosi umum tetapi juga pemasaran viral.

Meski seolah-olah untuk promosi SM 3.0, namun sebenarnya konten spesifiknya lebih mendekati manipulasi atau mempengaruhi opini publik, seperti terlihat dalam transkrip percakapan. Pasalnya, sering kali disebutkan menyebarkan konten yang menguntungkan SM dan merugikan HYBE.

SM kemudian menjelaskan secara rinci maksud seperti apa yang harus dimiliki perusahaan viral dalam artikelnya, yang mereka fokuskan pada tiga angle berita.

1. Menciptakan ketakutan grup akan bubar

Baca juga: SM Entertainment Bantah Tuduhan Menutupi Kasus Pelecehan Seksual Taeil

Salah satu angle ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan kekhawatiran bahwa artis bisa saja bubar jika HYBE mengakuisisi SM.

“Sejauh ini, grup yang diakuisisi HYBE bubar hanyalah GFRIEND, NU'EST, dan PRISTIN. HYBE melakukan penawaran umum dan semacamnya karena mereka bisa makan dan melakukan apa pun yang mereka mau. Namun, pada akhirnya, mereka berpikir itu akan terjadi."

"Lebih baik manajemen SM saat ini yang memimpin dewan direksi daripada HYBE yang memimpin, jadi mereka tidak menjual saham ke HYBE," dll.

2. Menyoroti masalah multi-label

SM juga menyampaikan angle terkait masalah label (anak perusahaan agensi). Hal ini dimaksudkan untuk melawan promosi HYBE terhadap sistem multi-label mereka sebagai sesuatu yang sistematis.

SM menyatakan, "HYBE sudah mempunyai sistem multi-label, jadi mereka bilang mereka bisa mendorong SM, tapi nyatanya, hal itu benar-benar mustahil. Jika Hybe menjadi multi-label, artis SM juga tidak punya pilihan selain mengakhiri kontrak mereka atau membubarkan diri atas kebijakan HYBE," membuat klaim yang hampir tidak berdasar.

3. Masalah perpanjangan kontrak

Mereka juga menyajikan angle berita yang dimaksudkan untuk meningkatkan kecemasan terhadap isu perpanjangan kontrak.

Mereka menjelaskan bahwa artis akan pindah ke agensi lain dan berpisah, dan karyawan SM dan bahkan penggemar HYBE saat ini menentang hal ini untuk mencegah hal tersebut.

Hal ini dapat dilihat sebagai pertukaran instruksi khusus tentang cara menciptakan opini publik yang negatif tentang HYBE.

Source: TenAsia

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada 6 September waktu setempat, MTV secara resmi mengumumkan bahwa LE SSERAFIM akan tampil di VMA Pre Show 2024, yang akan berlangsung sebelum upacara penghargaan utama....
  • HOT !
    Super Junior memamerkan perjalanan mereka ke Hong Kong menggunakan private jet atau jet pribadi melalui media sosial anggotanya....
  • HOT !
    'MUSE' milik Jimin BTS telah menjadi album K pop pertama yang mencapai 1 miliar streaming di Spotify pada tahun 2024....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)