home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terutama Girl Group, Data Ungkap Artis K-Pop Semakin Banyak Pakai Lirik Bahasa Inggris

Rabu, 01 November 2023 17:30 by fzhchyn | 356 hits
Terutama Girl Group, Data Ungkap Artis K-Pop Semakin Banyak Pakai Lirik Bahasa Inggris
Image source: Flaunt

DREAMERS.ID - Artis K-Pop, khususnya girl group, semakin banyak yang menggunakan lirik berbahasa Inggris dalam lagu-lagu mereka, demikian hasil studi yang dilakukan oleh pelacak musik lokal Circle Chart pada 31 Oktober.

Menurut laporan kepala peneliti Circle Chart Kim Jin Woo, selama paruh pertama tahun ini, 41,3 persen lagu girl group menggunakan lirik bahasa Inggris, dan 24,3 persen untuk boy group. Angka-angka ini masing-masing naik 18,9 poin persentase dan 5,6 poin persentase dari tahun 2018.

Laporan tersebut mempelajari 38 lagu girl group dan 76 lagu boy group dari tahun 2018 dan 63 lagu girl group dan 24 lagu boy band dari tahun 2023 yang masuk dalam 400 teratas selama paruh pertama setiap tahun. Itu tidak termasuk lagu-lagu yang semuanya dalam bahasa Inggris.

Beberapa girl group memiliki hampir separuh lirik mereka dalam bahasa Inggris. Lirik bahasa Inggris mencakup 48,4 persen dari lagu-lagu NewJeans, LE SSERAFIM 50,6 persen, NMIXX 49,3 persen, (G)I-DLE 53,6 persen, dan BLACKPINK 50 persen.

Peningkatan signifikan dalam lirik bahasa Inggris disebabkan oleh upaya girl group untuk memperluas target audiens mereka ke pendengar luar negeri menyusul kesuksesan global BLACKPINK pada tahun 2020, menurut Kim Jin Woo.

Laporan tersebut menambahkan bahwa perbedaan antara boy group dan girl group berasal dari fakta bahwa boy group cenderung menyasar kelompok penggemar yang lebih kecil namun lebih setia, sedangkan girl group cenderung menargetkan masyarakat luas sebagai kelompok pendengarnya.

Kim Jin Woo mengatakan, “Sejak kesuksesan BLACKPINK pada tahun 2020, girl group telah memperluas pasar dari dalam negeri hingga luar negeri. Hal ini menyebabkan peningkatan penggunaan lirik berbahasa Inggris mulai dari tahap persiapan, yang merupakan pendekatan berbeda dari boy group, yang memiliki basis penggemar setia yang lebih kecil.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    SM Entertainment secara resmi mengkonfirmasi laporan bahwa Winter aespa telah menjalani operasi untuk pneumotoraks, suatu kondisi yang umumnya dikenal sebagai paru paru kolaps....
  • HOT !
    ILLIT menunjukkan kekuatan mereka sebagai monster rookie. Lagu utama mereka 'Magnetic' berhasil melejit ke Top 10 di dua chart Billboard Global....
  • HOT !
    Ma Dong Seok akhirnya akan menggelar pesta pernikahan dengan istrinya Ye Jung Hwa. Pada 8 April, Big Punch Entertainment mengumumkan bahwa acara akan berlangsung tertutup....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)