home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

New York Times Mengulik Lebih Dalam Koleksi dan Kecintaan RM BTS Terhadap Karya Seni

Kamis, 25 Agustus 2022 12:15 by fzhchyn | 619 hits
New York Times Mengulik Lebih Dalam Koleksi dan Kecintaan RM BTS Terhadap Karya Seni
Image source: New York Times

DREAMERS.ID - Surat kabar terkemuka AS New York Times (NYT) menyorot peran baru leader BTS RM sebagai "Pelindung Seni". NYT melaporkan bahwa bintang K-Pop itu memusatkan koleksinya pada seniman dalam negeri, Korea Selatan.

RM, yang telah mengumpulkan "koleksi seni" selama bertahun-tahun, sebelumnya pernah mengatakan kepada Art Basel, di podcast pameran tersebut, bahwa dia berpikir untuk membuka semacam ruang seni.

Surat kabar itu juga menyebutkan bahwa RM telah meminjamkan patung kuda terra cotta karya seniman Korea Kwon Jin Kyu ke Museum Seni Seoul, dan pada tahun 2020 menyumbangkan 100 juta won (sekitar 1,1 miliar rupiah) ke Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer serta dinobatkan sebagai Sponsor Seni Tahun Ini.

RM mengatakan hasratnya pada seni visual muncul melalui "kebetulan, lebih dari pertemuan yang tidak disengaja". Dia mengatakan bahwa dirinya tidak menikmati museum yang dia kunjungi saat kecil bersama keluarga.

Dia berkelana ke Institut Seni Chicago selama beberapa waktu tur BTS pada tahun 2018 dan lukisan oleh Seurat dan Monet menjadi titik balik baginya. RM berkata, “Itu hampir seperti sindrom Stendhal (kondisi di mana seni menyebabkan gejala fisik pada penonton, seperti pusing atau detak jantung yang meningkat.)”

Baca juga: RM BTS Perdana Masuk Top 10 Spotify Global dengan Kolaborasi Megan Thee Stallion 'Neva Play'

Ia yang berhenti belajar saat berusia 17 tahun karena menjadi trainee BTS juga mengatakan, “Aku mulai membaca buku lagi” setelah bertemu seni.

NYT mengatakan bahwa meja George Nakashima menampung workstation komputernya, yang memiliki lukisan abstrak cadangan oleh Yun Hyoun Keun, dan dinding dihias dengan lebih dari 20 karya, yang dibuat oleh seniman kunci Korea abad ke-20 seperti Park Soo Keum, Chang Ucchin dan Nam June Paik.

Tur ke luar negeri menggarisbawahi RM bahwa "akarku ada di Korea," katanya, dan dia memusatkan koleksinya pada seniman dari dalam negeri, terutama dari generasi yang hidup melalui Perang Korea, kediktatoran militer, dan kerawanan ekonomi yang luar biasa. Dia berkata, "Aku bisa merasakan jenis keringat dan darah mereka."

“Dikelilingi oleh karya orang-orang hebat yang telah meninggal, aku merasa seperti mereka mengawasiku,” menambahkan, “Aku termotivasi. Aku ingin menjadi orang yang lebih baik, orang dewasa yang lebih baik, karena ada aura yang berasal dari karya seni yang dipamerkan.”

RM mengaku bahwa ketika dia merasa lelah atau kecewa, dia terkadang berdiri di sana dan berbicara dengan karya seni itu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    SEVENTEEN dilaporkan telah menyelesaikan syuting video musik baru bersama dengan Jeonghan dan Jun. Grup ini dijadwalkan akan comeback pada bulan Oktober tanpa kedua member tersebut....
  • HOT !
    DAY6 sukses menjual habis tiket 10 pertunjukan konser tur dunia ketiga DAY6 3RD WORLD TOUR < FOREVER YOUNG > di enam negara, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    NEVAEVA! Festival memberikan kejutan dengan mengumumkan Crush sebagai musisi Korea Selatan selanjutnya yang akan tampil dalam acaranya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)